Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelas Alkitab Malam GPIB IMMANUEL, BEKASI PDT. ALEX LETLORA ‘ZIELPONI DAN MESULEMET’

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelas Alkitab Malam GPIB IMMANUEL, BEKASI PDT. ALEX LETLORA ‘ZIELPONI DAN MESULEMET’"— Transcript presentasi:

1 Kelas Alkitab Malam GPIB IMMANUEL, BEKASI PDT. ALEX LETLORA ‘ZIELPONI DAN MESULEMET’

2 pendahuluan  Allah membuat sesuatu yang mengejutkan dalam keluarga Manoah, dengan menampakkan malaikat Tuhan kepada isteri Manoah. Didalam ayat 22, Manoah sendiri mengakui, bahwa dia sudah melihat Allah. Jadi yang menampakkan diri ialah Allah sendiri.

3  Nyonya Manoah tidak disebutkan namanya dalam Alkitab, hanya disebut sebagai isteri Manoah, tetapi dia mempunyai karakter yang patut d contoh.  Isteri Manoah seorang wanita yang mandul, seperti Ribka dan Hanna, Alkitab tidak menulis bahwa isteri Manoah suka berdoa, tetapi yang jelas malaikat Tuhan mengunjunginya dan mengabulkan keinginannya untuk mempunyai anak.  Walaupun ada rasa takut dalam menghadapi kunjungan Malaikat, isteri Manoah mendengarkan perintahNya dengan baik dan melaporkannya kepada suaminya.

4  Sikap Manoah terhadap isterinya (ayat 8 -14).  Mendengarkan perkataan isterinya, Manoah lalu berdoa dan memohon supaya malaikat Tuhan datang sekali lagi dan mengajarkan kepada mereka bagaimana cara membesarkan anak itu. Manoah tidak percaya dengan perkataan isterinya, karena itu ia berdoa supaya Tuhan berbicara padanya. Manoah seorang laki-laki yang merasa benar sendiri, dia memandang isterinya kurang mampu, tidak bisa diandalkan, bahkan meremehkan isterinya. Dia berdoa, dengan sikap seolah-olah perkara ini cukup penting, karena itu perlu untuk Tuhan berbicara langsung kepadanya.

5 Menurut aggadah dan midrash  Nama ibu Samson adalah zlelponi.  Ketika suaminya ketakutan karena telah melihat Allah, isterinya menenangkannya Dengan berkata bahwa ‘…seandainya Tuhan hendak membunuh mereka, tentu Tuhan tidak menerima korban bakaran mereka…’. Perkataan ini adalah perkataan seorang yang sungguh mengenal Allah. Isteri Manoah seorang wanita yang dewasa rohani. Dia menghadapi kejutan dengan reaksi emosi yang tenang.  Contoh:  Iman timotius yang tulus diturunkan dari iman neneknya dan ibunya (2 Tim.1:5).  Abraham Lincoln berkata:’ tidak seorangpun miskin, bila memiliki ibu yang yang baik’.

6  Tuhan sangat memperhatikan penundukan diri (submission) terhadap otoritas:  Anak mengormati orang tuanya (Efesus 6:1- 3).  Isteri mentaati suami (Efesus 5: 22).  Rakyat mentaati pemerintah (Roma 13: 4, 6).  Jemaat mentaati pemimpin rohani (Ibrani 13: 17).  Pekerja mentaati majikan atau atasan (Kolose 3: ).

7  Pendahuluan.  Mesulemet. Amon berumur dua puluh dua tahun pada waktu ia menjadi raja dan dua tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Mesulemet binti Harus, dari Yotba. II Raja 21:19  Arti nama Mesulemet adalah ‘sahabat’.

8  YOTBA  Negeri asal istri Manasye (2 Raj 21:19). Ditaklukkan oleh Tiglat-Pileser III (ANET, hlm 283). Pada zaman Romawi disebut Yotapata (Jos., BJ ). Mungkin sama dengan Khirbet Jefat (W. F Albright, 1939, hlm 184 dst), kr 20 km ke arah timur Laut Galilea.

9  Apa yang dilakukan Raja Amon tidak beda jauh dengan ayahnya (ayat 21).21). Amon berani mengambil keputusan meninggalkan Tuhan. Amon tegas dan konsisten memilih melawan kehendak Tuhan (ayat 22). Apa sebabnya Amon memilih jalan yang jahat? Karena ia tidak mengenal Taurat Tuhan (2Raj. 22:8); juga ia mencontoh teladan ayahnya yang jahat (ayat 21:20-21). Akibat dosa-dosa mereka, umat Allah juga ikut disesatkan (ayat Amon berani mengambil keputusan meninggalkan Tuhan. Amon tegas dan konsisten memilih melawan kehendak Tuhan (ayat 22). Apa sebabnya Amon memilih jalan yang jahat? Karena ia tidak mengenal Taurat Tuhan (2Raj. 22:8); juga ia mencontoh teladan ayahnya yang jahat (ayat 21:20-21). Akibat dosa-dosa mereka, umat Allah juga ikut disesatkan (ayat 11)

10 Refleksi  Jika mesulemet tidak punya pengaruh, kenapa?  Adakah hubungan takut akan firman dengan ketaatan anak, sebutkan contoh ?


Download ppt "Kelas Alkitab Malam GPIB IMMANUEL, BEKASI PDT. ALEX LETLORA ‘ZIELPONI DAN MESULEMET’"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google