Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum.. Tujuan Instruksional Umum dan Khusus Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang estetika naskah dengan menerapkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum.. Tujuan Instruksional Umum dan Khusus Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang estetika naskah dengan menerapkan."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum.

2 Tujuan Instruksional Umum dan Khusus Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang estetika naskah dengan menerapkan konvensi penulisan karangan ilmiah yang dilazimkan pada preliminaries karangan ilmiah Mahasiswa dapat membuat halaman judul karangan ilmiah Mahasiswa dapat membuat halaman pengesahan karangan ilmiah Mahasiswa dapat membuat halaman persembahan karangan ilmiah Mahasiswa dapat membuat halaman kata pengantar karangan ilmiah Mahasiswa dapat membuat halaman aneka daftar isi karangan ilmiah Mahasiswa dapat membuat halaman abstrak karangan ilmiah

3 Bagian Awal Karya Ilmiah Bagian awal karangan atau preliminaries berupa halaman judul, halaman persetujuan, halaman pengesahan, halaman persembahan, halaman kata pengantar, halaman abstrak, dan halaman aneka daftar.

4 Fungsi Pengetahuan tentang konvensi penulisan karangan ilmiah ini berguna agar karangan ilmiah yang akan ditampilkan tampak rapi dan menarik.

5 1. Halaman Judul J JJ UUDDUULJJ UUDDUULDU

6 Unsur-unsur Halaman Judul Judul/subjudul, logo, bentuk karangan, tujuan penyusunan, nama penyusun/identitas, nama lembaga pendidikan tinggi, nama kota tempat lembaga pendidikan tinggi berada, tahun penyusunan.

7 Cara Penulisan Judul Judul dicantumkan pada bagian atas sampul atau 4 cm dari margin atas. Penulisan judul dengan menggunakan huruf kapital tipe Times New Roman atau Arial ukuran 18.

8 Judul diketik dengan huruf kapital dengan satu spasi, jika lebih dari satu baris, judul disusun seperti piramida terbalik. Contoh: ANALISIS RASIO DALAM MENILAI KEMAJUAN PERUSAHAAN PETI KEMAS PT ARMADA SURABAYA TAHUN Atau KAITAN GAYA KEPEMIMPINAN DENGAN MOTIVASI KERJA PADA KELURAHAN CIBUBUR PERIODE 2003 –2007: SEBUAH KAJIAN SOSIOLOGI BUDAYA

9 Jika terdapat subjudul, gunakan tanda titik dua seperti pada contoh berikut ini. LUPUS KARYA HILMAN HARIWIJAYA SEBAGAI CERMINAN GAYA HIDUP REMAJA DI PERKOTAAN: SEBUAH KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

10 Logo Pencantuman logo lembaga atau perguruan tinggi biasanya diletakkan sebelum judul atau sesudah judul. Contoh: LUPUS KARYA HILMAN HARIWIJAYA SEBAGAI CERMINAN GAYA HIDUP REMAJA DI PERKOTAAN: SEBUAH KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

11 Logo Pencantuman logo lembaga atau perguruan tinggi biasanya diletakkan sebelum judul atau sesudah judul. Contoh: LUPUS KARYA HILMAN HARIWIJAYA SEBAGAI CERMINAN GAYA HIDUP REMAJA DI PERKOTAAN: SEBUAH KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

12 Bentuk Cantumkan bentuk karangan yang Anda buat. Jika judul yang Anda ajukan berupa judul skripsi, tulislah dengan huruf kapital: SKRIPSI, jika judul karangan Anda berupa tesis, tulislah TESIS. LUPUS KARYA HILMAN HARIWIJAYA SEBAGAI CERMINAN GAYA HIDUP REMAJA DI PERKOTAAN: SEBUAH KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA SKRIPSI

13 Bentuk LUPUS KARYA HILMAN HARIWIJAYA SEBAGAI CERMINAN GAYA HIDUP REMAJA DI PERKOTAAN: SEBUAH KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA TESIS

14 Tujuan Pencantuman tujuan penulisan berupa kalimat ditulis seperti sebuah judul, semua diawali huruf kapital kecuali kata tugas menggunakan tipe Times New Roman atau Arial ukuran 10. Berikut adalah contoh tujuan penulisan. Diajukan guna Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan kepada Program Studi Manajemen Pemerintahan Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Andromeda Skripsi Ini Disampaikan kepada Sekolah Tinggi Manajemen Transpor Andromeda Program Studi Manajemen Transpor Udara Sebagai Bagian dari Persyaratan untuk Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi (S1)

15 Nama dan Nomor Identitas Isilah dengan nama Anda secara lengkap Penulisan nama menggunakan huruf kapital pada huruf pertama nama diri Contoh: Romeo Andromeda Kusumanegara Gladys Renata Indrapasti Ruby Aurora Primapuspita

16 Contoh Penulisan Nama dan Gelar Salah Romeo. A Primakusuma Renata KP. DR. Ruby Aurora IR. Kanigoro PROF. DR. Totok Widya Kuntarto Sri Kania Pramatani SE., MM.

17 Nama Lembaga Isilah dengan nama lembaga tempat Anda berkuliah diawali dengan Program Studi, Fakukltas, Universitas, Tempat, dan Tahun. Contoh: PROGRAM STUDI KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA TANGERANG 2012

18 2. Halaman Penyetujuan Halaman penyetujuan berisi pernyataan dari pembimbing skripsi bahwa karangan Anda telah disetujui dan layak untuk diujikan pada sidang skripsi. Skripsi yang berjudul “Pengaruh Motif Berafiliasi, Keterbukaan Berkomunikasi, Persepsi dan Status Sosial Ekonomi terhadap Perilaku Modern Petani: Studi terhadap Warga Kelompok Tani Peserta Penyuluhan Pertanian sebagai Bentuk Pendidikan Luar Sekolah di Pedesaan Jawa Barat “ oleh Romeo Andromeda telah disetujui untuk diajukan dalam Sidang Skripsi Universitas Multimedia Nusantara. Oleh: Pembimbing I. Pembimbing II, Ambang Priyonggo, S.S., M.A. Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum.

19 3.Halaman Pengesahan Skripsi yang berjudul “Pengaruh Motif Berafiliasi, Keterbukaan Berkomunikasi, Persepsi dan Status Sosial Ekonomi terhadap Perilaku Modern Petani: Studi terhadap Warga Kelompok Tani Peserta Penyuluhan Pertanian sebagai Bentuk Pendidikan Luar Sekolah di Pedesaan Jawa Barat “ oleh Romeo Andromeda telah diujikan pada hari Senin, 19 Oktober 2012 di Ruang Sidang Skripsi Universitas Multimedia Nusantara dan dinyatakan LULUS dengan susunan penguji sebagai berikut. Nama Tanda Tangan 1.Ambang Priyonggo, S.S., M.A./ Pembimbing 2.Drs. Masri Sareb Putra/ Penguji 3.Dra. Joice Carrol Siagian, M.Si./ Penguji Disahkan oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Ketua Program Studi Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara Dra. Berta Sri Eko, M.Si. Prof. Dr. Belum Terisi

20 4. Halaman Persembahan Bila kulihat awan, hanyalah putih Bila kulihat laut, hanyalah air Bila kulihat bunga, hanyalah kembang Namun, bila kulihat kau, mahasiswaku Semuanya menjadi indah Karena engkau adalah sumber inspirasiku Kupersembahkan karya untukmu, mahasiswaku....

21 5. Halaman Kata Pengantar Kata Pengantar adalah kata-kata yang terangkai menjadi kalimat sebagai pengantar karangan. Isi kata pengantar ucapan puji dan syukur; tujuan penulisan; penyebutan pihak-pihak yang telah turut membantu; ucapan terima kasih; harapan; tempat dan tanggal; nama penulis.

22 Kalimat Pertama Kata Pengantar BANDINGKAN!!!!!! Pertama-tama penulis ucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan tugas akhir yang yang diajukan kepada Jurusan Manajemen Akuntansi Akademi Bina Sarana Andromeda dengan judul “Kajian Frekuensi Penyeberangan dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Cabang Bakauheni”.

23 Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga penulis dapat merampungkan tulisan ini yang berupa skripsi dengan judul “Analisis Hubungan Stres dengan Prestasi Kerja Karyawan pada Divisi Penjualan tiket PT Panen Tour dan Travel” yang ditujukan kepada Program Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Multumedia Nusantara.

24 Bandingkan....! Keanugrahan inspirasi dari Tuhan Yang Mahaagung menjadi kekuatan kepada penulis untuk segera menyelesaikan skripsi ini. Oleh karena itu, tiada kata yang terindah selain ucapan syukur tak terhingga karena penulis dapat menyelesaikan skripsi ini yang berjudul “Kajian Frekuensi Penyeberangan dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Cabang Bakauheni”. Skripsi ini diajukan kepada Fakultas Ekonomi, Universitas Multimedia Nusantara.

25 Bandingkan...! Di setiap desiran aliran darah kita, di setiap tarikan nafas kita, dan di setiap langkah kaki kita, sudah seharusnya kita selalu mengucapkan syukur atas kemudahan dan kenikmatan dalam mencapai tujuan hidup. Begitu pula dengan penulis yang saat ini telah menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Analisis Hubungan Stres dengan Prestasi Kerja Karyawan pada Divisi Penjualan tiket PT Panen Tour dan Travel” yang ditujukan kepada Program Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, rasa syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Memiliki Mahadaya Ilmu Pengetahuan karena telah mampu menyelesaikan karya ilmiah ini.

26 Abstrak ikhtisar, sinopsis, kependekan, dan pernyataan padat, sebagai pernyataan ulang, ide-ide penting yang berasal dari tulisan panjang atau suatu laporan.

27 Abstrak memuat tema, maksud, dan simpulan.

28 Fungsi Abstrak Sebagai petunjuk ke depan bagi pembaca tentang isi karangan; pembaca dapat menentukan secara cepat apakah ia perlu atau harus membaca seluruh artikel; memudahkan bagi pengumpul abstrak dalam menerbitkan indeks petunjuk.

29 Langkah Membuat Abstrak membaca naskah, mencatat fakta-fakta, membuat garis-garis rancangan, menulis konsep abstrak, dan meluas atau meringkaskan konsep.

30 Aneka Daftar Isi Gambar Tabel

31 Sistematika Penomoran Gabungan angka dan huruf Angka desimal

32 Gabungan Angka dan Huruf I. A. 1. a. 1) a) (1) (a) ((1)) ((a)) - *

33 Angka Desimal I ll

34 Dilarang... A. - II


Download ppt "Oleh: Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum.. Tujuan Instruksional Umum dan Khusus Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang estetika naskah dengan menerapkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google