Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BERKAT TUHAN DIBALIK ROTI DAN TEMBOK IBADAH KELUARGA GABUNGAN GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI 5 DESEMBER 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BERKAT TUHAN DIBALIK ROTI DAN TEMBOK IBADAH KELUARGA GABUNGAN GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI 5 DESEMBER 2012."— Transcript presentasi:

1 BERKAT TUHAN DIBALIK ROTI DAN TEMBOK IBADAH KELUARGA GABUNGAN GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI 5 DESEMBER 2012.

2 MAZMUR 127: :1  Nyanyian ziarah Salomo. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia- sialah pengawal berjaga-jaga. 127:2  Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah-- sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur. 127:3  Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN, dan buah kandungan adalah suatu upah.

3   Sebagai mazmur ziarah, mazmur 127 disebut sebagai mazmur keluarga.  Hidup keluarga adalah sebuah Ziarah menuju ketingkat yang lebih tinggi  Pemazmur mengarahkan pencarian manusia kepada sumber yang sebenarnya. Pokok teologis yang didendangkan pemazmur adalah: Allah adalah sumber segala sesuatu yang diperlukan manusia. Rahasia kesuksesan keluarga terdapat pada Allah.

4  Jean Meslier yang hidup tahun selama 40 tahun dalam hidupnya dia menjadi seorang gembala Katolik, lalu kemudian dia keluar dari biara dan menjadi seorang ateis.  Orang ini begitu populer di kalangan orang ateis karena dia menulis satu buku berjudul “The Vanity of Religion.

5  kontras dengan Mzm.127 yang berbicara mengenai “The Vanity of Life without God.” Meslier bilang, sia-sia percaya Tuhan. Ada dua hal yang diangkat di dalam bukunya.  Yang pertama dia mengatakan bahwa agama itu sudah membuat kita menerima segala sesuatu yang kita tidak pahami.  Yang kedua kita tidak mau mencari penjelasan yang logis terhadap apa yang tidak kita pahami di dalam hidup ini.

6  Jika demikian maka sia-sia seperti apakah yang dimaksud oleh pemazmur ?  Sia-sia – kosong, tidak bermakna. Maka pemazmur hendak memperlihatkan bahwa:

7 Ayat 1  Rumah – house vs home  House lebih merujuk kepada properti, kongkrit, dapat diperjualbelikan.  Home lebih berhubungan hati dan kebersamaan –  Willian Bennet – home is a shelter from storms.

8  Kata Ibrani “rumah” (bayit) bisa merujuk pada istana (rumah raja), bait Allah (rumah Tuhan), gedung (rumah secara fisik) maupun rumah tangga/keturunan.  Dalam konteks Mazmur 127, arti yang terakhir ini yang paling tepat.

9  Maka berkat Tuhan hadir sehingga keluarga sebagai persekutuan dalam kebersamaan mengalami PENINGKATAN karena bayith – rumah yang di bangun oleh Allah.  TEMBOK rumah terjaga oleh Allah sehingga tidak mengalami kesia-siaan.

10  Tuhan memberi damai dan keamanan yang bersifat internal dan eksternal:  Yesaya 28 : 16.  Mazmur 90:1-2.

11 Ayat 2.  Bangsa Israel sangat paham bahwa keberhasilan pekerjaan mereka (pertanian) sangat ditentukan oleh ketaatan mereka kepada Tuhan.  Maka ROTI yang mereka perlukan hanya terwujud dalam ketaatan kepada Tuhan.

12  “Tuhan memberikan tidur pada yang dikasihi-Nya” (NRSV),  “Tuhan memberikan pada orang yang dikasihi-Nya pada waktu tidur” (NIV/NASB/LAI:TB).  #1. maka yang dimaksud adalah Tuhan memberikan ketenangan (“tidur”) pada orang dikasihi sehingga mereka tidak terlalu kuatir dengan hidup mereka.  #2. maka itu berarti Tuhan memberikan apa yang diusahakan orang fasik kepada orang yang dikasihi-Nya (Ams 10:22 “berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya; Yak 4:13-16).

13 Maka ROTI dan TEMBOK  Adalah BERKAT Tuhan karena :  Tidak sia-sia oleh keterlibatan Tuhan.  Tidak sia-sia karena dalam kebersamaan Tuhan meninggikan  Ziarah iman ini tetap berujung kemenangan.

14 Ayat 3  Salomo menggunakan permainan kata yang bagus, ayat 1 memakai kata “bonim” (builders), ayat 3 memakai kata “banim” (sons). Di sini baru kita temukan keindahannya.  Tidak ada gunanya “bonim” sukses kita kerjakan dan lakukan tetapi kita mengabaikan membangun “banim” di dalam rumah kita.  Apa gunanya segala sesuatu yang dikerjakan dan diusahakan orang tetapi semua kesuksesan di luar, begitu pulang ke rumah dia menjadi sedih dan kecewa karena anak-anaknya tidak menjadi orang yang dibentuk dengan baik dan memiliki karakter yang indah.

15 Dalam konteks inilah :  Pemazmur nyatakan betapa penting orang tua menjadi teladan.  Pemazmur nyatakan, betapa penting orangtua yang jujur dan berwibawa.  Pemazmur nyatakan bahwa anak-anak adalah anugerah yang harus dipertanggungjawabkan

16  MAJU TERUS BERSAMA YESUS MAKA ROTI DAN TEMBOKMU TIDAK PERNAH SIA-SIA.


Download ppt "BERKAT TUHAN DIBALIK ROTI DAN TEMBOK IBADAH KELUARGA GABUNGAN GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI 5 DESEMBER 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google