Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KISAH PENCIPTAAN. MITOLOGI Pengertian: Mitos/ Myths adalah kumpulan cerita yang telah disampaikan turun temurun. Kaum moderen membaginya menjadi 3: 1.Mitos.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KISAH PENCIPTAAN. MITOLOGI Pengertian: Mitos/ Myths adalah kumpulan cerita yang telah disampaikan turun temurun. Kaum moderen membaginya menjadi 3: 1.Mitos."— Transcript presentasi:

1 KISAH PENCIPTAAN

2 MITOLOGI Pengertian: Mitos/ Myths adalah kumpulan cerita yang telah disampaikan turun temurun. Kaum moderen membaginya menjadi 3: 1.Mitos murni 2.Kisah kepahlawanan 3.Cerita rakyat (folk tale)

3 Mitos Murni / Pure Myth Disini dijelaskan siklus-siklus alam dari sudut pandang dewa-dewi (God dan Godess) Mengapa matahari bergerak di langit? –karena ada kekuasaan Dewa/Dewi (deity) yang sedang mendorongnya di langit atau mengendarainya setiap hari.

4 Mengapa rasi bintang Ursa Major dan Ursa Minor tidak pernah tenggelam? Karena keduanya adalah bekas kekasih Zeus dan anaknya. Keduanya dikutuk Hera menjadi rasi bintang dan tidak pernah tenggelam sementara yang lain tenggelam dan beristirahat.

5 Kisah Kepahlawanan Kisah kepahlawanan Seringkali berupa versi primitif dari sejarah. Acapkali ditemukan bukti- bukti peninggalan sejarah dari kisah- kisah yang ada. Cth: Schliemann menemukan situs bekas perang Troya pada tahun 1870 Untuk Apa? Melalui kisah2 ini umat manusia bisa mengambil teladan serta mencari makna hidup serta kehidupan.

6 Folk Tales Folk Tale yang seringkali diartikan sebagai cerita rakyat,seringkali disebut juga sebagai Fairy Tale. Ini adalah cerita yang murni disampaikan sebagai hiburan, tanpa pretensi untuk dianggap sebagai kenyataan Meskipun demikian, bukan berarti mereka tidak memiliki makna. Dianggap sebagai bentuk primitif dari fiksi

7 Mitologi Yunani Mitologi Yunani membentuk cerita dan legenda yang paling kaya di peradaban Barat (tentunya tanpa menghitung Injil). Kisah-kisah Mitologi Yunani memuja kehidupan dan menganggap kematian sebagai fakta yang tak terhindarkan. Dengan demikian, untuk memaknai kehidupan dan kematian, setiap manusia harus mengukir sebuah sejarah yang hebat agar dapat dikenang.

8 Representasi Pahlawan Suka petualangan Pemberani Pejuang Berpengalaman Kuat (terkadang) Pintar/ cerdas Mempunyai harga diri yang terlalu tinggi Kejam Ambisius Semua ini mendukung segala cerita dalam mitologi Yunani yang didasari keinginan untuk terkenal

9 ASAL MULA Pada awalnya hanya ada Chaos yang diartikan sebagai kehampaan. Dari kehampaan ini lahirlah : 1. Gaea (bumi), 2.Tartarus (under world), 3.Eros (cinta dan ketertarikan) 4.Erebus (kegelapan under world) 5.Night (kegelapan bumi)

10 ASAL MULA Erebus tidur dengan Night dan lahirlah Ether (cahaya surga) dan Day (cahaya bumi) Night sendiri bereproduksi dan melahirkan Doom, Fate, Death, Sleep, Dreams, Nemesis dan makhluk- makhluk lainnya yang mengunjungi manusia di kegelapan.

11 Gaea Gaea juga bereproduksi sendiri dan melahirkan Uranus (the starry sky), Mountains dan Pontus (laut yang steril) Gaea bersuamikan anaknya sendiri,Uranus. Dan mereka berdua-langit dan bumi-melahirkan 12 titan, Cyclopes dan Hecatoncheires (memiliki 50 kepala dan 100 tangan)

12 Para Titan Yang tertua bernama Cronus. Nama latinnya adalah saturn. Rhea Oceanus (arus tak berakhir yang mengelilingi bumi). Bersama istrinya, Tethys melahirkan sungai-sungai dan 3000 bidadari. Hyperion (Cahaya). Ia adalah ayah dari Matahari, Bulan, dan Fajar. Mnemosyne (memori), ibu dari Perenungan (muse)

13 Titan Themis (keadilan dan keteraturan), melahirkan Fates dan Seasons. Iapetus, ayah dari Prometheus, Epimetheus dan Atlas Prometheus : Titan yang paling bijaksana. Namanya berarti pemikiran ke masa depan Epimetheus : Titan yang bodoh dan nantinya beristrikan Pandora. Atlas, nantinya dikutuk Zeus untuk membopong kubah surga di ujung bumi.

14 Cronus (Saturn) Ia adalah pemimpin para Titan. Ia menikahi saudaranya, Rhea. Mereka berdualah yang melahirkan Dewa-Dewi Olympus. Cronus berani bersekutu dengan ibunya (gaea) demi menyelamatkan sang ibu dari ulah Ayahnya (uranus) yang memasukkan kembali Hecatoncheires ke rahim Gaea.

15 Pada saat Gaea dan Uranus berbaring tidur, ia mengambil pisau dan memotong alat kelamin Uranus. Saat darah Uranus menetes ke Bumi, terciptalah Furies (penumpas kejahatan), Bidadari pohon dan Raksasa. Cronus menggiring semuanya ke lautan dan dari buih-buih lautan terciptalah Aphrodite

16 Cronus dan Rhea Cronus takut anaknya kelak akan merebut kekuasaannya. Ia kemudian menelan anak- anaknya. Ia menelan Hestia,Demeter,Hera, Hades dan Poseidon. Rhea sangat marah dan menyelamatkan anak ke-6 nya, Zeus. Ia memberikan Cronus batu yang dibungkus kain untuk ditelan.

17 Zeus dibesarkan di Kreta oleh para bidadari. Sementara itu Cronus menjadi semakin tua dan Zeus mencari cara untuk mengalahkan Cronus. Ia diberi ramuan oleh Metis (salah seorang Titan) untuk diberikan kepada Cronus. Setelah minum ramuan itu Cronus memuntahkan semua saudara2 Zeus dan memasukkan cronus ke Tartarus.

18 Perbuatan Zeus mengundang protes para Titan kecuali Prometheus dan oceanus. Mereka berperang besar selama 10 tahun dan menjadi perang kosmik yang besar. Zeus membebaskan cyclopes dan Hecatoncheires dari Tartarus. Cyclopess memberikan kilat untuk Zeus dan Hecantocheires melempari Titan dengan batu. Kaum Titan kalah begitupula dengan Atlas

19 Gaea – Typhoeus (naga berkepala seratus) Versi ini diambil dari Hesiod, seorang penyair Yunani tahun 7 SM. Versi-versi lain? Menurut versi ini, apa yang menggerakkan kejadian-kejadian besar di bumi ini?

20 PROMETHEUS Prometheus selamat dari Tartarus Ia membuat manusia dari tanah liat Athena menghembuskan nyawa Epimetheus diperbolehkan memberikan kekuatan pada tanah liat-tanah liat bernyawa ini untuk membedakannya dengan hewan. Ia memberikan yang terbaik untuk hewan. Prometheus memberikan kemampuan berdiri tegak.

21 PROMETHEUS Ia sangat mencintai manusia. Manusia diminta mengorbankan hewan untuk Zeus dan ia menipunya. Prometheus pergi ke surga untuk menyalakan obor dan memberi api bagi manusia. Zeus memerintahkan Hephaestus untuk menciptakan makhluk dengan kecantikan luar biasa

22 Setiap dewa memberinya hadiah dan Hermes memberikannya hati yang penuh tipu daya dan lidah penipu. Zeus memberinya nama Pandora dan memberikan perempuan ini kepada Epimetheus. Pandora dibekali sebuah kotak yang tidak boleh dibuka. Ia penasaran dan apa yang terjadi? Namun ada satu yang tersisa: Harapan

23 PROMETHEUS Zeus mengikat Prometheus pada batu di Caucassus dan setiap hari seekor elang akan mengambil liver-nya. Kutukan dapat terpecahkan jika ada seorang imortal yang mau mati untuknya dan seorang mortal yang membunuh sang elang dan membebaskannya. Centaur chiron dan Heracles

24 KEHIDUPAN MANUSIA - Golden Age (Era keemasan) Manusia hidup dalam kebahagiaan dan Kecukupan. Mati adalah sama dengan tertidur. -Silver Age Di masa ini manusia menjadi anak- anak selama ratusan tahun di bawah kuasa ibunya dan setelah dewasa mereka mati cepat karena ke-bodohannya. Di masa ini ada pembagian musim dan Kejahatan mulai muncul

25 Bronze Age Manusia bertubuh besar, kuat dan senang berperang. Pada akhirnya mereka menghancurkan diri mereka sendiri. Heroic Age Disinilah hidup para pahalwan:Jason, Theseus, dan terjadilan perang Troya. Iron age Pada zaman ini kerja keras, kesulitan, kesakitan menguasai dan para dewa meninggalkan semuanya.

26 PENUTUP Seperti apa penggambaran pria dan wanita dalam tokoh-tokoh mitologi awal ini? Bandingkanlah lima tahap kehidupan manusia dengan teori evolusi Mitologi juga menceritakan bahwa pada suatu hari Zeus muak dengan manusia dan mendatangkan banjir. Namun lagi2 Prometheus memperingatkan manusia. Apakah semua kisah ini benar-benar baru Anda dengar?

27 MERCI À LA SEMAINE PROCHAÎNE

28 KELOMPOK DISKUSI 1. ANNISA DKK 2. VICKY 3. AGNES 4. RENGGA 5. SUHITA 6. ASRI 7. VENA 8. LEA 9. AWAN 10. WIWID 11. TITI


Download ppt "KISAH PENCIPTAAN. MITOLOGI Pengertian: Mitos/ Myths adalah kumpulan cerita yang telah disampaikan turun temurun. Kaum moderen membaginya menjadi 3: 1.Mitos."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google