Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Januari Februari Maret 2014 Pedoman Pendalaman Alkitab Januari Februari Maret 2014 Rumah Produksi: ® WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Pedoman Pendalaman Alkitab Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Format.pptx Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh 2014

5 Allah mengundang setiap orang percaya di mana saja untuk mengumandangkan rahmat yang tak tertandingi ini, sebagai duta besar yang mengkomunikasikan karya penebusan Ilahi kepada mereka yang diperbudak oleh Iblis dengan jalan memanggil mereka untuk mengikuti, beribadah, dan memuji Sang Pencipta mereka. Pendahuluan Umum

6 Pada akhirnya, mengikut Yesus jauh melebihi sebuah pandangan yang sempit yang menyatakan bahwa pemuridan itu sama dengan sebuah metode yang memperbaiki perilaku dan kebiasaan yang menyimpang, betapapun pentingnya perubahan itu. Sebuah pemahaman yang konprehensif tentang pemuridan tidaklah lengkap kecuali hal itu mencakup kerinduan untuk mengikut Yesus dan oleh kuasa supra alami, timbullah kerinduan untuk menuntun orang lain kepada Kristus. Pendahuluan Umum

7 ma “Segera setelah seseorang datang kepada Kristus maka lahirlah sebuah kerinduan dalam hatinya untuk memperkenalkan Yesus kepada orang lain sebagai sahabat yang paling berharga; kebenaran yang menyelamatkan dan menguduskan tidak dapat tersembunyi dalam hatinya. Bilamana kita mengenakan pakaian kebenaran Kristus dan kita dipenuhi dengan hadirat Roh Kudus, kita tidak akan mampu menahan damai dalam hati kita. Jika kita sudah pernah merasakan dan melihat bahwa Tuhan itu baik maka kita memiliki sesuatu yang perlu dibagikan.... Akan ada suatu kerinduan untuk mengikuti jalan yang Yesus sudah lewati ” Ellen G. White, Kebahagiaan Sejati, hlm. 78,79 Pendahuluan Umum

8 Agar masing-masing kita mengikuti teladan Kristus dalam melakukan pemuridan. Pada pelajaran Sekolah Sabat Triwulan I 2014 ini kita akan melihat pemuridan sebagai sebuah proses yang membuat kita menjadi pengikut Yesus, dengan demikian, dapat menjadi pemenang jiwa yang lebih baik lagi. TUJUAN PELAJARAN SEKOLAH SABAT TRIWULAN INI

9 1. Murid dan Alkitab 2. Pemuridan Melalui Metafora 3. Pemuridan dan Doa 4. Memuridkan Anak-anak 5. Memuridkan Orang Sakit 6. Memuridkan Orang Biasa 7. Yesus dan Orang yang Dibuang 8. Dengan yang Kaya dan Terkenal 9. Memuridkan Orang Berkuasa 10. Memuridkan Bangsa-bangsa 11. Memuridkan Pemimpin Rohani 12. Tuaian dan Penuai 13. Biaya Pemuridan Daftar Isi:

10 Pelajaran 1 Pemuridan Triwulan 1, 2014 MURID dan ALKITAB

11 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Kata-kata Pembuka Untuk menjadi seperti Kristus, kita harus memahami tabiat dan misi-Nya sebagaimana yang digambarkan dalam Alkitab

12 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Tujuan Pelajaran Untuk memperlengkapi setiap anggota Sekolah Sabat agar menjadi murid Kristus dan memiliki hidup yang harmonis dengan ajaran Kristus melalui tuntunan Roh Kudus, sehingga setiap anggota Sekolah Sabat memiliki pandangan yang benar dan seimbang tentang pelayanan Kristus

13 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Ayat Hafalan “Kamu menyelidiki Kitab- kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh- Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-Kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku.” (Yohanes 5:39).

14 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pengantar Seperti seseorang yang mencari harta di ladang yang kotor, berbatu, dan penuh sampah, kita harus berhati-hati supaya jangan ada yang merintangi jalan kita dan membantu kita kehilangan harta yang sebenarnya: Kristus Yesus.

15 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pengantar Secara eksplisit dan implisit Yesus menggunakan Alkitab dalam metode pemuridan- Nya. “Pencarian harta” tertinggi berakar pada tulisan nubuatan, yang mengarah kepada-Nya. Jadi, menghilangkan Yesus adalah menghilangkan tanda. Arti dari semuanya adalah bahwa usaha pemuridan pada akhirnya harus mengenai Yesus dan yang Dia telah lakukan bagi kita.

16 b b Understand the purposes of marriageA Murid dan Alkitab Selayang Pandang Murid dan Alkitab Selayang Pandang 1. Yesus dan Alkitab (Lukas 4:16-21) 2. Alkitab dalam Pemberitaan Umum (Matius 5:17-19) 3. Alkitab dalam Pelayanan Perorangan (Lukas 24:27,32)

17 b b Understand the purposes of marriageA Murid dan Alkitab 1. Yesus dan Alkitab (Lukas 4:16-21)

18 “Ia datang ke Nazaret... dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca... Kemudian Ia menutup kitab itu,... lalu duduk;... Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya." Murid dan Alkitab 1. Yesus dan Alkitab Lukas 4: Pemuridan Triwulan 1, 2014

19 1. Yesus dan Alkitab Pengetahuan tentang Alkitab Tingkat komitmen Yesus terhadap Alkitab lebih dari sekadar suatu minat yang hanya sepintas lalu saja. Cerita tentang pencobaan Yesus di padang belantara menunjukkan bahwa dengan mengutip Alkitab, Yesus menampik semua tantangan dan ajakan Setan. Ini dengan jelas mengindikasikan bahwa Kristus telah memasukkan bagian Alkitab yang cukup besar ke dalam ingatannya.

20 Pemuridan Triwulan 1, Yesus dan Alkitab Pengetahuan tentang Alkitab Kristus memiliki pengetahuan yang luas akan Alkitab.

21 Pemuridan Triwulan 1, Yesus dan Alkitab Pengetahuan tentang Alkitab Kristus memahami bahwa Alkitab lebih daripada sekadar alat untuk mengatasi pencobaan dan mendapatkan kesucian pribadi. Yesus menerima bahwa Alkitab menunjukkan kepada Dia. Selama kunjungan ke sinagog yang dicatat dalam Lukas 4:16-30, Yesus mengutip dan kemudian menyatakan bahwa ayat itu menunjukkan kepada-Nya sebagai Seorang yang diurapi yang akan melepaskan orang yang tertekan dan menyatakan kebebasan.

22 Pemuridan Triwulan 1, Yesus dan Alkitab Pengetahuan tentang Alkitab Yesus memahami bahwa Dia menggenapi nubuatan tentang Mesias. Yesus tidak hanya memahami bahwa Alkitab menunjuk kepada- Nya, tetapi di awal pelayanan- Nya Dia menggunakan Alkitab menuntun orang lain kepada-Nya juga.

23 Pemuridan Triwulan 1, Yesus dan Alkitab Otoritas Alkitab Setiap kali Yesus berdebat dengan pemimpin agama, Dia tidak mengandalkan filsafat abstrak,... tetapi pada ajaran Alkitab. Ketika menentukan benar atau salah, Yesus mendasarkan argumen-Nya pada fondasi Alkitab. Saat lawan-lawan-Nya menantang kemurnian doktrin Kristus, Dia mengarahkan mereka kepada ayat-ayat tertentu dari Alkitab.

24 Pemuridan Triwulan 1, Yesus dan Alkitab Otoritas Alkitab Saat mengingat hal-hal yang praktis, Yesus mengarahkan para pendengarnya kepada wahyu Ilahi. Kristus mengerti bahwa misi keilahian-Nya adalah untuk meyelesaikan itu yaitu yang telah diprediksi oleh nabi-nabi purbakala.

25 Pemuridan Triwulan 1, Yesus dan Alkitab Otoritas Alkitab Satu-satunya jalan aman adalah meniru teladan Kristus dalam hal meninggikan, menghormati, dan menuruti Alkitab.

26 Diskusikan Pemuridan Triwulan 1, 2014 Menurut Anda dalam hal apa sajakah Alkitab itu lebih dari hanya sekedar sebuah buku tentang kehidupan pada masa lalu?

27 b b Understand the purposes of marriageA Murid dan Alkitab 2. Alkitab dalam Pemberitaan Umum (Matius 5:17-19)

28 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.” Murid dan Alkitab 2. Alkitab dalam Pemberitaan Umum Matius 5: Pemuridan Triwulan 1, 2014

29 2. Alkitab dalam Pemberitaan Umum Peran yang Menonjol Yesus menarik orang kepada- Nya dalam berbagai cara, termasuk secara umum. Alkitab memiliki peranan penting dalam pernyataan umum Yesus. Kutipan langsung dan kiasan Alkitabiah mengisi khotbah dan pembicaraan umumnya.

30 Pemuridan Triwulan 1, Alkitab dalam Pemberitaan Umum Peran yang Menonjol Hubungan orang Israel secara umum kelihatannya sangat legalistik. Mereka memandang Alkitab sebagai peraturan dan pedoman secara etika. Perilaku yang jujur dianggap sebagai pembayaran untuk kebahagiaan yang kekal. Yesus membalikkan pengertian legalis mereka dan menggantikan agama yang diatur oleh sistem dari luar dengan agama yang berdasarkan hati.

31 Pemuridan Triwulan 1, Alkitab dalam Pemberitaan Umum Peran yang Menonjol Agama yang berpusat pada Kristus berakar dalam perubahan hati yang menuntun kepada tabiat yang pantas.... Bersama Yesus sebagai kekuatan dari dalam, standar tingkah laku tidak akan direndahkan tetapi ditinggikan. Satu-satunya yang harus dilakukan adalah membaca Khotbah di Atas Bukit untuk melihat bagaimana standar moral begitu diangkat di sana.

32 Diskusikan Pemuridan Triwulan 1, 2014 Menurut Anda, seberapa bergantungkah seharusnya umat Tuhan sekarang ini kepada Alkitab? Evaluasilah pentingnya Alkitab dalam gerejamu sehubungan dengan membangun prioritas, menyalurkan sumber daya, dan kesetiaan kepada misi!

33 b b Understand the purposes of marriageA Murid dan Alkitab 3. Alkitab dalam Pelayanan Perorangan (Lukas 24:27,32)

34 “Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab- kitab Musa dan segala kitab nabi- nabi. 2 Kata mereka seorang kepada yang lain: "Bukankah hati kita berkobar-kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?" Murid dan Alkitab 3. Alkitab dalam Pelayanan Perorangan Lukas 24: 27,32 Pemuridan Triwulan 1, 2014

35 3. Alkitab dalam Pelayanan Perorangan Panggilan kepada Pemuridan Berulang kali Kristus mengutip Alkitab dalam kaitannya dengan panggilan-Nya kepada pemuridan. Hal ini jelas menunjukkan bahwa otoritas dan kredibilitas Kristus ada pada Alkitab, bukan hanya pada karisma pribadi. Hal ini khususnya terlihat pada cara Yesus menggunakan Alkitab sementara Dia bekerja dengan dua calon murid yang sedang berjalan menuju Emaus.

36 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Panggilan kepada Pemuridan The Desire of Ages Sekiranya Ia telah memperkenalkan diri lebih dulu kepada mereka, maka hati mereka akan puas. Dalam kegembiraan yang sempurna mereka tidak lagi lapar akan sesuatu. Tetapi perlu bagi mereka mengerti akan kesaksian tentang Dia oleh upacara bayangan dan nubuatan- nubuatan perjanjian lama. Di atas inilah iman mereka harus didirikan.

37 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Panggilan kepada Pemuridan The Desire of Ages Kristus tidak mengadakan mukjizat untuk menyakinkan mereka, melainkan adalah pekerjaan-Nya yang utama menjelaskan Kitab Suci itu. Dalam mengajar murid-murid ini, Yesus menunjukkan pentingnya Perjanjian Lama sebagai saksi bagi tugas-Nya.

38 Pemuridan Triwulan 1, Alkitab dalam Pelayanan Perorangan Sikap Terhdap Alkitab Yesus memiliki penekanan yang kuat terhadap Alkitab. Dia tidak pernah menanyakan otoritas, keaslian, atau keabsahan dari satu ayat. Namun, selama berabad- abad, dan bahkan hari ini, banyak orang yang melakukan hal itu.

39 Pemuridan Triwulan 1, Alkitab dalam Pelayanan Perorangan Sikap Terhdap Alkitab Penulis Kristen mula-mula... mengatakan bahwa Kekristenan sangat berhubungan erat dengan wahyu Allah melalui Alkitab orang Ibrani. Yesus sendiri tertarik kepada tulisan-tulisan suci ini. Sekarang para murid Kristus melakukan hal yang sama. Tertarik kepada pengalaman pribadi, mukjizat dan kesaksian lain bagi Yesus adalah penting dan memiliki tempat tersendiri dan jelas, tidak menggantikan Alkitab sebagai kesaksian utama bagi Yesus.

40 Pemuridan Triwulan 1, Alkitab dalam Pelayanan Perorangan Sikap Terhdap Alkitab Alkitab telah menyentuh setiap segi kehidupan gereja yang mula-mula. Betapa bodohnya kita kemudian, khususnya pada akhir zaman, untuk memiliki sikap yang lain terhadap Alkitab?

41 Diskusikan Pemuridan Triwulan 1, 2014 Menurut Anda, mengapakah Yesus lebih menekankan interprestasi Alkitab daripada mukjizat dan karisma pribadi- Nya? Apakah yang akan terjadi jika musik, pekabaran kesehatan, fungsi sosial atau hal yang lain menggantikan Alkitab sebagai pusat dari iman kita?

42 Kutipan Roh Nubuat Pemuridan Triwulan 1, 2014 “Kristus dalam pelayanan-Nya telah membuktikan pikiran murid-murid-Nya kepada nubuatan ini;…. Petrus dalam berkhotbah tentang Kristus telah memberikan bukti dari Perjanjian Lama. Stefanus mengikuti jalan yang sama. Dan Paulus juga dalam pelayanan mengutip dari Kitab Suci meramalkan kelahiran, penderitaan, kematian, kebangkitan dan kenaikan Kristus. Oleh kesaksian nabi Musa dan nabi- nabi yang diilhamkan dengan jelas ini membuktikan cirri-ciri Yesus orang Nazzaret dengan Mesias dan menunjukkan bahwa pada zaman Adam adalah suara Kristus yang telah berbicara melalui kepala keluarga dan nabi-nabi.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 7, hlm. 187.

43 Rangkuman Pemuridan Triwulan 1, 2014 Kekuatan abadi pelayanan Yesus tidak tercermin lewat perkataan yang Dia ucapkan atau dalam jumlah mukjizat yang telah Dia lakukan. Pengaruh abadi-Nya juga terlihat dalam kehidupan para pengikut-Nya saat ini.

44 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Sumber utama untuk dapat mengenal Yesus datang dari membaca mengenai kisah- Nya terdapat di dalam Alkitab, khususnya dalam buku Injil. Melalui Alkitab kita dapat mengenali nilai- nilai yang dihidupkan oleh Yesus yang kemudian dapat kita ajarkan kepada setiap orang yang berhubungan dengan kita dalam kehidupan kita sehari-hari Saya tidak menydari hal ini. Minggu depan ini saya berusaha melalui pertolongan Roh Kudus dan belajar Alkitab untuk mencari kesempatan merefleksikan tabiat Kristus kepada orang-orang yang saya temui minggu ini.

45 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Model Mengajar “SIAGA”


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google