Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLEH SAIKHUDIN JATI N, S.Pd. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLEH SAIKHUDIN JATI N, S.Pd. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari."— Transcript presentasi:

1 OLEH SAIKHUDIN JATI N, S.Pd

2 Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari Indikator materi:  Mendeskripsikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dengan melakukan berbagai tindakan ekonomi  Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia  Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip ekonomi.  Mengidentifikasi macam-macam motif dan prinsip ekonomi.  Mengaplikasikan kegiatan / tindakan ekonomi sehari-hari berdasar motif dan prinsip ekonomi.  Mengidentifikasi manfaat /pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari

3 TINDAKAN EKONOMI ADALAH : tindakan yang dilakukan secara rasional dalam rangka memenuhi kebutuhan Pengertian lain dari tindakan ekonomi : Setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan TINDAKAN EKONOMI juga dilakukan oleh pemerintah yang disebut politik ekonomi. Politik ekonomi adalah : seluruh tindakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka memengaruhi kehidupan ekonomi dengan satu atau beberapa cara

4 MOTIF EKONOMI Adalah faktor yang mendorong dilakukanya tindakan ekonomi faktornya ada 2 macam yaitu 1. faktor intern (dari dalam diri seseorang) 2. faktor ekstern (dari luar)

5 MOTIF EKONOMI MELIPUTI Motif mendapatkan kekuasaan Motif mendapat penghargaan Motif mencari keuntungan Motif ingin berbuat sosial Motif untuk mencukupi kebutuhan hidup dan meningkatkan kemakmuran

6 PRINSIP EKONOMI Adalah dengan pengorbanan tertentu diharapkan dapat memperoleh hasil yang maksimal. atau dengan pengorbanan seminimal mungkin untuk menghasilkan hasil yang semaksimal mungkin.

7 BEBERAPA PRINSIP EKONOMI 1. Prinsip ekonomi konsumen Prinsip ekonomi konsumen dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut. a. Menyusun skala prioritas kebutuhan dengan mendahulukan kebutuhan yang paling mendesak dan seterusnya sampai pada yang tidak mendesak. b. Memperhatikan kemampuan atau daya belinya. c. Memperhatikan perbandingan manfaat dan nilai yang akan diperoleh dengan biaya yang dikeluarkan.

8 2. Prinsip ekonomi produsen Prinsip ekonomi produsen dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut. a. Menggunakan bahan mentah berkualitas tinggi dengan harga yang murah. b. Membuat analisis kebutuhan pasar agar barang yang diproduksi dapat laku terjual. c. Menyediakan barang atau jasa yang sesuai keinginan/selera pemakai. d. Menghasilkan barang atau jasa yang bermutu dengan harga yang bersaing. e. Menentukan lokasi pabrik yang dekat bahan baku. f. Perolehan manfaat atau laba yang lebih besar


Download ppt "OLEH SAIKHUDIN JATI N, S.Pd. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google