Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

a. Prof. Dr. Koentjaraningrat Pranata sosial suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kebutuhan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "a. Prof. Dr. Koentjaraningrat Pranata sosial suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kebutuhan."— Transcript presentasi:

1

2

3 a. Prof. Dr. Koentjaraningrat Pranata sosial suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kebutuhan khusus. b. Soerjono Soekanto Pranata sosial adalah himpunan norma-norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok manusia dalam masyarakat. Pranata Sosial menurut beberapa ahli, antara lain:

4 Fungsi Umum Pranata Sosial. a)Memberikan pedoman kepada anggota masyarakat dalam hal bertingkah laku dan bersikap dalam menghadapi masalah kemasyarakatan. b)Menjaga keutuhan dan integrasi masyarakat. c)Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial,

5 Dua fungsi besar pranata sosial yaitu fungsi manifes (nyata) dan fungsi laten (terselubung). a. Fungsi manifes adalah fungsi pranata sosial yang nyata, tampak, disadari dan menjadi harapan sebagian besar anggota masyarakat. Misalnya dalam pranata keluarga mempunyai fungsi reproduksi yaitu mengatur hubugnan seksual untuk dapat melahirkan keturunan. b. Fungsi laten adalah fungsi pranata sosial yang tidak tampak, tidak disadari dan tidak diharapkan orang banyak, tetapi ada. Misalnya dalam pranata keluarga mempunyai fungsi laten dalam pewarisan gelar atau sebagai pengendali sosial dari perilaku menyimpang.

6 Jenis-jenis Pranata Sosial : a.Pranata Keluarga b.Pranata Agama c.Pranata Pendidikan d.Pranata Ekonomi

7

8 Pengendalian sosial (social control) Merupakan proses yang bertujuan agar masyarakat mematuhi norma dan nilai sosial yang ada dalam masyarakatnya. Tujuan adanya pengendalian sosial adalah agar mereka dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik dan menikmati haknya.

9 Sifat Pengendalian sosial : Pengendalian sosial yang bersifat preventif adalah pengendalian sosial yang dilakukan sebelum terjadinya pelanggaran. Tujuannya adalah untuk mencegah agar pelanggaran tidak terjadi. Misalnya, nasihat guru terhadap siswanya.

10 Pengendalian sosial yang bersifat represif adalah pengendalian sosial yang ditujukan untuk memulihkan keadaan seperti sebelum pelanggaran itu terjadi. Pengendalian ini dilakukan setelah orang melakukan suatu tindakan penyimpangan sosial. Pengendalian represif biasaynya diikuti dengan sanksi. Misalnya, seorang pelajar yang melanggar peraturan sekolah

11


Download ppt "a. Prof. Dr. Koentjaraningrat Pranata sosial suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kebutuhan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google