Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRINSIP SINTESIS SENYAWA AROMATIS DASAR REAKSI : 1. 2. G (pendorong elektron ke dalam cincin) / EWG = pengarah o, p G (penarik elektron ke luar cincin)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRINSIP SINTESIS SENYAWA AROMATIS DASAR REAKSI : 1. 2. G (pendorong elektron ke dalam cincin) / EWG = pengarah o, p G (penarik elektron ke luar cincin)"— Transcript presentasi:

1 PRINSIP SINTESIS SENYAWA AROMATIS DASAR REAKSI : G (pendorong elektron ke dalam cincin) / EWG = pengarah o, p G (penarik elektron ke luar cincin) / EDG = pengarah m X = gugus pergi yang sangat baik X = halogen dengan keberadaan EWG pada posisi o,p X = N N + (garam diazonium)

2 3. Reaksi-reaksi yang dapat terjadi pada gugus samping senyawa aromatis : oksidasi, reduksi, substitusi PRINSIP UMUM 1.BILA GUGUS YANG TERIKAT (Y) MERUPAKAN GUGUS YANG DAPAT TERIKAT PADA CINCIN AROMATIS MELALUI SUBSTITUSI ELEKTROFILIK, MAKA DISKONEKSI DILAKUKAN PADA IKATAN C – Y 2.BILA GUGUS YANG TERIKAT (Y) MERUPAKAN GUGUS YANG TIDAK DAPAT TERIKAT PADA CINCIN AROMATIS MELALUI SUBSTITUSI ELEKTROFILIK, MAKA DILAKUKAN INTERKONVERSI GUGUS FUNGSI (MELALUI OKSIDASI, REDUKSI, SUBSTITUSI) 3.BILA GUGUS YANG TERIKAT (Y) MERUPAKAN GUGUS YANG TIDAK DAPAT TERIKAT PADA CINCIN AROMATIS MELALUI SUBSTITUSI ELEKTROFILIK ATAU IGF, MAKA DILAKUKAN MELALUI SUBSTITUSI NUKLEOFILIK ( DIAZONIUM. ATAU HALIDA)

3 STRATEGI MERANCANG SINTESIS SENYAWA AROMATIS : PENGATURAN URUTAN SINTESIS

4 PENDAHULUAN SINTESIS DETERGENT DETERGEN DISINTESIS DARI BENZENA MELALUI 2 TAHAP DGN URUTAN : ALKILASI FC DAN SULFONASI, DAN TIDAK SEBALIKNYA

5 Panduan 1 : Cari hubungan antara subtituen Cari gugus yang mengarah ke posisi yang benar Contoh : Sintesis senyawa keton PARFUM Analisis : Sintesis :

6 Panduan 2 : Subtituen yang pertama kali didiskoneksi adalah gugus EWG Analisis : Sintesis :

7 Panduan 3 : IGF dapat digunakan untuk mengubah orientasi dari gugus semula Subtitusi dapat dilakukan sebelum atau setelah IGF Sebelum IGFSetelah IGF CH 3 - (o,p)-COOH (m) CH 3 - (o,p)-CCl 3 (m) -NH 2 (o,p)-NO 2 (m)

8 Analisis : Sintesis :

9 Panduan 4 : Gugus tertentu dapat dimasukkan pada cincin aroamtis melalui SN Via garam diazonium yang dibuat melalui amina Analisis :

10 Sintesis :

11 Panduan 5 : Bila dua gugus pengarah o,p terletak meta satu sama lain, masukkan -NH 2 untuk kemudian disingkirkan kembali melalui diazotasi dan reduksi

12 Analisis (sintesis 9, bahan pembuat anastesi lokal) propoksicaine: Sintesis :

13 Panduan 6 : Bila terdapat gugus yang sukar dimasukkan ke dalam cincin aromatis (misal –OH, -OCH 3, -C 6 H 5 ) maka jangan diputuskan tetapi carilah bahan baku yang mengandung gugus tersebut. Analisis : Anisol

14 Panduan 7 : Lihat kombinasi subtituen dari molekul target, dan carilah kombinasi tersebut dalam bahan baku, khususnya jika kombinasi tersebut sukar untuk dibuat. Contoh bahan baku :

15 Analisis 12a, bahan pembuat salbutamol, obat asma) : Sintesis : aspirin Fries rearrang

16 Panduan 8 : Cegah terjadinya reaksi samping yang tidak diinginkan pada sisi lain molekul. Contoh senyawa 15, bahan pembuat anti malaria 16

17 Analisis Analisis a sulit diterapkan, karena gugus metilklorida dapat teroksidasi, analisis b lebih baik Sintesis

18 Panduan 9 : Bila berpeluang terjadi substitusi pada orto dan para, salah satu strategi untuk mencegah pemisahan isomer, maka posisi yang tidak diharapkan diblok. Contoh senyawa 17, bahan pembuat digunakan untuk membuat fungisida 18.

19 Analisis 1 Analisis 2 Sintesis

20 Contoh 1 : Analisa : Kedua gugus berhubungan para CH 3 C=O pengarah m OCH 3 pengarah o,p Analisis : Sintesis : Anisol Asetil klorida

21 Contoh 2 : Analisa : Kedua gugus berhubungan orto Gugus CN - dimasukan melalui reaksi SN via garam diazonium Analisis : Sintesis :

22 Contoh 3 : Analisa : Subtituen-subtituen pengarah o, p Gugus-gugus berhubungan o, p Gugus –OH masuk melalui SN via garam diazonium Analisis :

23 Sintesis : Pada prakteknya –NH2 dilindungi terlebih dahulu agar brominasi tidak terjadi pada posisi orto yang lain

24 Contoh 4 : Analisa : Kedua gugus berhubungan orto Gugus CN - dimasukan melalui reaksi SN via garam diazonium Analisis : Sintesis :


Download ppt "PRINSIP SINTESIS SENYAWA AROMATIS DASAR REAKSI : 1. 2. G (pendorong elektron ke dalam cincin) / EWG = pengarah o, p G (penarik elektron ke luar cincin)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google