Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INDAH KARUNIA PRATIWI SITUMEANG, 3450407108 Bancassurance Ditinjau dari Perspektif Hukum Perbankan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INDAH KARUNIA PRATIWI SITUMEANG, 3450407108 Bancassurance Ditinjau dari Perspektif Hukum Perbankan."— Transcript presentasi:

1 INDAH KARUNIA PRATIWI SITUMEANG, Bancassurance Ditinjau dari Perspektif Hukum Perbankan

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : INDAH KARUNIA PRATIWI SITUMEANG - NIM : PRODI : Ilmu Hukum - JURUSAN : Hukum dan Kewarganegaraan - FAKULTAS : Hukum - loja_dehh pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Pujiono, S.H., M.H. - PEMBIMBING 2 : Nurul Fibrianti, S.H., M.Hum. - TGL UJIAN :

3 Judul Bancassurance Ditinjau dari Perspektif Hukum Perbankan

4 Abstrak Bank sebagai lembaga keuangan yang berfungi amat penting yakni untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya dalam bentuk kredit sepertinya tidak dapat membatasi dirinya hanya sebatas itu saja. Baik karena kapasitas bank sendiri dengan jaringannya yang luas, keahlian yang sangat memadai di bidang keuangan, adminidtrasi yang lebih teratur dibandingkan lembaga lainnya maupun karena permintaan nasabahnya, maka bank juga dituntut memberikan jasa-jasa dan pelayanan yang memudahkan bagi nasabahnya, contohnya aktivitas kerjasama antara bank dan perusahaan asuransi (bancassurance). Bancassurance merupakan hal yang baru di Indonesia, oleh karena itu yang menjadi rumusan permasalahan dari penelitian ini, (1) bagaimana landasan hukum pelaksanaan bancassurance di Indonesia, sehingga Bank diperbolehkan melakukan usaha asuransi; dan (2) bagaimana peran Bank Indonesia dalam hal pengawasan pelaksaan bancassurance di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan menggunakan metode pendekatan perundang-undangan (statute aproach) dengan analisa deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui landasan hukum pelaksanaan bancassurance di Indonesia dan mengetahui peran Bank Indonesia dalam hal pengawasan pelaksanaannya, sehingga nantinya penelitian ini bisa bermanfaat bagi perkembangan ilmu hukum khususnya hukum perbankan dan hukum asuransi dan juga bermanfaat bagi para peneliti untuk penelitian selanjutnya atau bagi yang memerlukan. Bancassurance tidak bertentangan dengan undang-undang perbankan, karena produk bank tersebut hanyalah kerjasama distribusi antara bank dengan perusahaan asuransi. Bancassurance bukan hanya sekedar menjual produk asuransi melalui saluran distribusi bank, tetapi lebih merupakan suatu pola pikir yang fokus kepada layanan nasabah untuk menjual produk asuransi dengan memanfaatkan customer base yang dimiliki oleh bank. Undang-undang perbankan menjaga keterlibatan bank secara tidak terbatas terhadap usaha lain seperti di bidang asuransi, bertujuan agar kesehatan bank dapat dipelihara dengan baik, dan oleh karena itu, bank lebih memilih bancassurance ini karena hanya sebatas kerjasama distribusi dan pemasaran untuk menjual produk asuransi. Bank Indonesia sebagai bank sentral bertugas mengawasi dan mengatur pelaksanaan bancassurance di Indonesia, oleh karena itu Bank Indonesia menetapkan Surat Edaran Nomor 12/35/DPNP Perihal Penerapan Manajemen Risiko Pada Bank yang Melakukan Aktivitas Bancassurance. Undang-undang Perbankan tidak menjelaskan secara jelas dan pasti mengenai pembatasan usaha penyertaan modal, oleh karena itu Penulis menyarankan kedepannya undang-undang ini bisa lebih jelas agar tidak memunculkan pengertian yang berbeda di kalangan masyarakat.

5 Kata Kunci Perbankan, Bank, Bancassurance, Perusahaan asuransi

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "INDAH KARUNIA PRATIWI SITUMEANG, 3450407108 Bancassurance Ditinjau dari Perspektif Hukum Perbankan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google