Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CARA EFEKTIF MEMBANGUN JIWA ANAK 1. Menemani anak 2. Menggembirakan hati anak ( dengan senyum, mengusap kepala, dsb.) Ibnu Hibban dari Annas ra, Ia berkata.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CARA EFEKTIF MEMBANGUN JIWA ANAK 1. Menemani anak 2. Menggembirakan hati anak ( dengan senyum, mengusap kepala, dsb.) Ibnu Hibban dari Annas ra, Ia berkata."— Transcript presentasi:

1 CARA EFEKTIF MEMBANGUN JIWA ANAK 1. Menemani anak 2. Menggembirakan hati anak ( dengan senyum, mengusap kepala, dsb.) Ibnu Hibban dari Annas ra, Ia berkata : “ Bahwa Rasulullah SAW mengunjungi sahabat Anshar. Ia mengucapkan salam kepada anak-anak mereka dan mengusap kepala mereka. “ 3. Memotivasi anak ( memberi dorongan ) 4. Memberi pujian 5. Membangun kepercayaan diri 6. Panggilah dengan panggilan yang baik, misalnya Anaku. 7. Memenuhi keinginan anak sesuai dengan kemampuan. Rasulullah bersabda : “ Sesungguhnya barang siapa berusaha menyenangkan hati anak keturunanya sehingga menjadi senang, Allah akan membuatnya merasa senang sehingga di akhirat ia benar-benar akan merasa senang “ ( HR. Ibnu Asakir ). 8. Bimbinglah terus menerus 9. Bertahap dalam pengajaran

2 SIFAT-SIFAT PENDIDIK SUKSES 1. Penyabar dan tidak pemarah Rasulullah SAW bersabda : Rasulullah SAW bersabda : “ Orang kuat itu bukan karena kekuatanya dalam berkelahi, tetapi karena kemampuanya mengendalikan diri ketika sedang marah” “ Orang kuat itu bukan karena kekuatanya dalam berkelahi, tetapi karena kemampuanya mengendalikan diri ketika sedang marah” 2. Lemah lembut dan menghindari kekerasan 3. Hatinya penuh rasa kasih sayang 4. Fleksibel 5. Bersikap moderat ( lunak tidak radikal ) 6. Ada senjang waktu dalam memberi nasihat Ibnu Mas’ud ra hanya memberi nasihat kepada sahabatnya pada waktu-waktu tertentu maka ada seorang sahabatnya berkata kepada beliau, “ wahai tuan, alangkah baiknya jika anda memberi nasihat kepada kami setiap hari “ Beliau menjawab, “ saya enggan begitu karena saya tidak ingin membuat kalian merasa bosan dan saya memberi senjang waktu dalam memberikan nasihat sebagaimana Rosulullah lakukan kepada kami dulu karena khawatir bosan. “

3 TERIMA KASIH


Download ppt "CARA EFEKTIF MEMBANGUN JIWA ANAK 1. Menemani anak 2. Menggembirakan hati anak ( dengan senyum, mengusap kepala, dsb.) Ibnu Hibban dari Annas ra, Ia berkata."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google