Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENTINGNYA ETIKA DAN TATA KRAMA BAGI SEKRETARIS www.prsekolah.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENTINGNYA ETIKA DAN TATA KRAMA BAGI SEKRETARIS www.prsekolah.com."— Transcript presentasi:

1 PENTINGNYA ETIKA DAN TATA KRAMA BAGI SEKRETARIS

2 Apa itu sekretaris?  Sekretaris adalah sebuah profesi administratif yang bersifat asisten atau mendukung.  Gelar ini merujuk kepada sebuah pekerja kantor yang tugasnya ialah melaksanakan perkerjaan rutin, tugas-tugas administratif, atau tugas-tugas pribadi dari atasannya.  Pekerja atau karyawan ini biasanya melakukan tugas-tugas seperti mengetik, penggunaan komputer, dan pengaturan agenda.  Peran sekretaris dewasa ini semakin meluas seiring dengan kebutuhan industri dan bisnis

3 Peran dan Fungsi Sekretaris  Sebagai perwakilan perusahaan dalam urusan interaksi dengan pihak luar dan tamu yang akan berinteraksi dengan perusahaan.  Merupakan pihak yang paling sering dihubungi dan diminta bantuan untuk menyampaikan sesuatu ke atasan atau perusahaan.  Menjadi ujung tombak perusahaan atau atasan dalam membuat surat pemeberitahuan atau undangan.

4 Etika dan Tata Krama Sekretaris  Etika dan tata krama sekretaris adalah hakikat kebaikan yang perlu dilaksanakan dan dihayati oleh sekretaris.  Etika sekretaris meliputi hal-hal sebagai berikut: jujur, setia, tanggung jawab, dan berdedikasi.

5 Cara Berbusana Sekretaris  Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seorang sekretaris pada waktu berbusana, misalnya : 1. Waktu 2. Keadaan jasmani 3. Iklim 4. Bahan, warna, motif pakaian 5. Kosmetik 6. Asesoris

6 Cara Berbicara Sekretaris  Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada waktu berbicara: 1. Jangan ceroboh 2. Jangan menyinggung perasan orang lain 3. Jangan memperbincangkan masalah pribadi 4. Jangan gemar memuji diri sendiri 5. Hindari gosip 6. Jangan memotong pembicaraan 7. Jangan membesarkan persoalan sepele.

7 Cara Mendengarkan Bagi Seorang Sekretaris  Usahakan pembicaraan orang lain didengarkan dengan cermat (pusatkan pikiran), kemudian disaring, dipilih dan ditarik kesimpulan tentang pokok masalah yang dikemukakan.  Jangan asal mendengarkan tetapi tidak menyimak atau memperhatikan apa yang didengarkan.

8 Cara Duduk Sekretaris  Atur badan sedemikian rupa agar tidak merasa pegal, lelah, dan bosan.  Khusus untuk wanita jaga agar lutut tetap berdekatan.  Menyilangkan kaki karena capek duduk, dapat dilakukan asal memperhatikan kesopanan.  Hilangkan kebiasaan menggetar-getarkan kaki  Jangan duduk melorot ke bawah dan kepala bersandar.

9 Cara Berjalan Sekretaris  Jangan menyeret-nyeret sepatu  Jaga keseimbangan badan, usahakan berjalan tidak dibuat-buat.  Tunjukkan ekspresi tanda percaya diri.  Menggunakan tangga escalator waktu naik, pria terlebih dahulu, sebaliknya jika turun wanita terlebih dahulu disusul pria.

10 Cara Makan Seorang Sekretaris  Segera menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi  Pilih dan ambil makanan sesuai dengan kebutuhan  Sesuaikan irama makan, tidak perlu terburu-buru, dan jangan terlalu lambat.  Hindarkan perilaku seperti orang kelaparan atau berpura-pura kenyang.

11 Cara Minum Seorang Sekretaris  Teguk air sedikit, jangan terburu-buru  Aduk-aduk air jika masih panas jangan meniup-niup.  Usahakan jangan sampai tumpah  Jangan angkat tinggi-tinggi jari manis dan kelingking  Tawari minum kawan atau orang lain yang berada di dekat kita.  Cara memegang gelas juga mesti diperhatikan etikanya.

12 Menjadi seorang sekretaris merupakan pekerjaan yang luar biasa dan akan memberikan dampak positif kepada perusahaan jika kualitas, etika dan tata krama Anda sebagai sekretaris benar-benar terjaga dengan baik Demikian pula sebaliknya.


Download ppt "PENTINGNYA ETIKA DAN TATA KRAMA BAGI SEKRETARIS www.prsekolah.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google