Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FITRIA ISTANTINA, 1301404011 LATAR BELAKANG PERILAKU NAKAL SISWA KELAS XI SMK ISLAM SOEDIRMAN UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FITRIA ISTANTINA, 1301404011 LATAR BELAKANG PERILAKU NAKAL SISWA KELAS XI SMK ISLAM SOEDIRMAN UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009."— Transcript presentasi:

1 FITRIA ISTANTINA, LATAR BELAKANG PERILAKU NAKAL SISWA KELAS XI SMK ISLAM SOEDIRMAN UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : FITRIA ISTANTINA - NIM : PRODI : Bimbingan dan Konseling - JURUSAN : Bimbingan Dan Konseling - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan - jabrik_86 pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dr. Sugiyo, M. Si. - PEMBIMBING 2 : Dra. Ninik Setyowani, M. Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul LATAR BELAKANG PERILAKU NAKAL SISWA KELAS XI SMK ISLAM SOEDIRMAN UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

4 Abstrak Remaja dalam melalui proses perkembangannya tidak semua dapat berhasil. Perkembangan remaja dapat berhasil dengan baik, apabila didukung oleh banyak hal yaitu faktor eksternal maupun faktor internal. Tidak sedikit remaja yang mengalami kegagalan dalam mencapai tugas perkembangan remaja yaitu adanya perilaku nakal pada siswa. Faktor penyebabnya dari faktor internal dan faktor eksternal (keluaraga, sekolah dan masyarakat). Permasalahan adalah (1) faktor internal apa yang melatarbelakangi perilaku nakal siswa dan (2) faktor eksternal apa yang meletarbelakangi perilaku nakal siswa pada siswa kelas XI di SMK Islam Soedirman Ungaran tahun ajaran 2008/2009. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin memperoleh data empiris mengenai faktor internal dan eksternal latar belakang perilaku nakal siswa kelas XI SMK Islam Soedirman Ungaran tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, sehingga peneliti berusaha menggambarkan secara sistematis, akurat dan objektif atas hasil penelitian mengenai latar belakang perilaku nakal. Variabel dalam penelitian adalah perilaku nakal siswa SMK Islam Soedirman Ungaran terutama dilihat dari faktor individu, keluarga, sekolah dan masyarakat. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMK Islam Soedirman Ungaran tahun ajaran 2008/2009. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, ditunjuk 182 siswa-siswi yang ambil mengunakan tabel Krejcie dari siswa yang berjumlah 334, dan tersebar di 10 kelas Teknik Otomotif, Teknik Industri dan Teknik Listrik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis latar belakang perilaku nakal dan angket latar belakang perilaku nakal. Berdasarkan analisis per indikator dari faktor internal yang dominan mempengaruhi perilaku nakal siswa adalah gangguan emosional 68,07%, konflik batin 66,46%, krisis identitas 65,93%, dan reaksi frustasi negatif 62,82%. Sedangkan dari analisis per indikator faktor eksternal yang dominan mempengaruhi perilaku nakal siswa dari lingkungan keluarga yaitu kondisi ekonomi keluarga 68,18%. Faktor lingkungan sekolah yaitu hubungan guru dan siswa 60,96%, dan faktor lingkungan masyarakat yaitu kondisi masyarakat tempat tinggal 64,19%. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif prosentase.Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahawa bahwa faktor yang melatar belakangi perilaku nakal siswa yaitu faktor internal (individu) 65,85%, faktor eksternal lingkungan keluarga 64,14%, faktor eksternal lingkungan sekolah 62,7%, dan faktor eksternal ingkungan masyarakat 62,72%. Berdasarkan kesimpulan diatas disarankan pada pihak orangtua, masyarakat dan sekolah untuk melakukan kontrol sosial, terutama dalam perilaku siswa, serta aktif pihak sekolah untuk mempertahankan disiplin dan kontrol yang ketat terhadap siswanya agar mendukung perilaku yang positif, remaja mampu bersikap selektif terhadap stimulasi yang muncul.

5 Kata Kunci Latar Belakang Perilaku Nakal

6 Referensi Ali, Muhamad Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa Ali, Muhamad dan Asrori Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta Azwar, Saifudin Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar Dariyo, Agoes Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Ghalia Indonesia Gerungan. 2004: Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineke Cipta Gunarso, Singgih Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia Hadi, Sutrisno Statistik (Jilid 2). Yogyakarta: ANDI Hurlock, E.B Psikologi Perkembangan (Edisi Kelima).Terjemahan Istiwidayanti dan Soejarwo. Jakarta: Erlangga Ismail dan Khairil Anwar Kepribadian dan Tingkah Laku Kriminal di Klangan Remaja: Suatu prespektif psikologi Perkembangan. Indonesia Psychological Journal. Anima Vol 20. No 4 hal Universiti Kebangsaan Malaysia Kartono, Kartini Patologi Sosial I. Jakarta: PT raja Grafindo Persada Patologiaa Sosial I I Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Raja Grafondo Persada Mahfuzh, Jamaludin. 2007: Psikoloi Anak dan Remaja Muslim. Jakarta : Pustaka Al-kautsar Masngudin Kenakalan Remaja Sebagai Perilaku menyimpang Hubungannya Dengan Keberfungsian Sosial Keluaraga.(www.jurnalpsikologianima.com) Mayasari, Dyan Elok Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh Orang Tua dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa Kls XI IPS Di SMU Laboratorium Malang. Skripsi Psogram Sarjana Universitas Negeri Malang Santrock,John W Adolescance Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga Sari, May Yustika Kecerdasan Emosional dan Kecenderungan Psikopatik Remaja Delinkuen Di Lembaga Permasyarakatan. Indosesia Psychological Journal. Anima Vol 20. No 2 hal Universitas Khatoik Widya Mandala Surabaya Sarwono, Sarlito W Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Sudarsono Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Rineke Cipta Sugiono Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta Sukowati Latar Belakang penyebab Perilaku menyimpang Pada Siswa Kelas II SMK Bhineka Kendal 2003/2004. Skripsi program sarjana UNNES Sulaiman, Dadang Psikologi Remaja (Dimensi-dimensi Perkembangan). Bandung: mandar Maju Suparwoto, dkk Psikologi Perkembangan. Semarang: UNNES Press Suryabrata, Sumadi Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Walgito, Bimo Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta : Penerbit ANDI (http://bbawor.blogspot.com/2008/11/pengaruh-keluarga-terhadap- kenakalan.html, diakses 4 Desember 2008)

7 Terima Kasih


Download ppt "FITRIA ISTANTINA, 1301404011 LATAR BELAKANG PERILAKU NAKAL SISWA KELAS XI SMK ISLAM SOEDIRMAN UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google