Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Optika Gelombang 1. Interferensi Jika dua sumber sinar memancarkan sinarnya secara bersamaan maka akan terlihat adanya garis terang dan garis gelap dari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Optika Gelombang 1. Interferensi Jika dua sumber sinar memancarkan sinarnya secara bersamaan maka akan terlihat adanya garis terang dan garis gelap dari."— Transcript presentasi:

1 1 Optika Gelombang 1. Interferensi Jika dua sumber sinar memancarkan sinarnya secara bersamaan maka akan terlihat adanya garis terang dan garis gelap dari perpaduan dua sinar tersebut. Fenomena seperti ini dinamakan interferensi. 1.1 Percobaan Young Jika kedua sumber adalah S 1 dan S 2 dan memancarkan sinar jatuh dititik P dengan panjang lintasan kedua sinar berbeda maka inter- ferensi di P ditentukan oleh banyaknya panjang gelombang yang termuat dalam segmen S 1 b, b adalah beda fase. S 1 b = d sin . Agar dititik P maksimum, S 1 b haruslah merupakan kelipatan bulat dari panjang gelombang, yaitu : d sin  = m m = 0,1,2,3,… Agar dititik P minimum, S 1 b haruslah merupakan kelipata setengah bulat dari panjang gelombang, yaitu : d sin  = (m + 1/2) m = 0,1,2,3,...

2 2 Optika Gelombang 1.2 Intensitas Misalnya komponen listrik dari kedua gelombang adalah : E 1 = E 0 sin  t E 2 = E 0 sin (  t +  ) Resultan gangguan gelombangnya : E = E 1 + E 2 = 2E 0 cos  sin (  t +  )  = 1/2  Intensitas gelombang dapat dituliskan : I = (2E 0 cos  ) Interferensi pada selaput tipis a. n = /n b. 2 dn = (m + 1/2) …………. Maksimum c. 2 dn = m ………………….Minimum

3 3 Optika Gelombang 2. Difraksi Difraksi adalah peristiwa pelenturan cahaya 2.1 Difraksi pada celah tunggal Sebuah gelombang datar jatuh tegak lurus pada sebuah celah sempit yang lebarnya a. Hasil difraksinya tampak pada titik P o untuk semua sinar sepase dan P 1 yang tidak sepase dengan perbedaan pase . Pada titik P 1, minimum pertama pola difraksi, memiliki intensitas nol. Syarat untuk keadaan ini : a/2 sin  = /2 atau a sin  = Keadaan minimum kedua pola difraksi : a/4 sin  = /2 atau a sin  = 2 Secara umum dapat dituliskan : a sin  = m dengan m = 1,2,3,… (minimum). 2.2 Difraksi oleh lubang lingkaran Minimum pertama pola difraksi lubang lingkaran dengan diameter d

4 4 Optika Gelombang Dinyatakan : sin  = 1,22 /d 2.3 Difraksi sinar X Sinar X dihasilkan bila elektron-elektron dari sebuah kawat pijar F dipanaskan dipercepat oleh suatu perbedaan potensial yang menumbuk sebuah sasaran logam T. Sinar X adalah radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang yang ordenya 0,1 nm. Karena digunakan celah rangkap, maka maksimum utama akan terjadi bila perbedaan jalan antara sinar-sinar dari celah-celah yang berekatan adalah : d sin  = m m = 0,1,2,3,… (maksimum) 3. Polarisasi Cahaya sebagai gelombang transversal dimana vektor listrik dan vektor magnet tegak lurus arah penjalaran. Ciri tambahan gelombang transversal adalah terpolarisasi bidang. Kadang-kadang cahaya juga tidak terpolarisasi apabila arah yang diberikan terdiri dari rentetan gelombang yang bidang-bidang getaran- nya terorientasi secara serampangan terhadap arah penjalaran.

5 5 Optika Gelombang 3.1 Polarisasi Bidang E ExEx EyEy  E memperlihatkan bidang getaran dari sebuah rentetan gelombang. Dua komponen vektor E x = E sin  dan E y = E cos  dapat menggantikan harga E yang satu sejajar pemolarisasi dan yang satu tegak lurus pemolarisasi. Jika amplitudo dari gelombang terpolarisasi bidang adalah E m, maka amplitudo cahaya yang keluar adalah E m cos . Intensitas cahaya adalah sebanding dengan kuadrat amplitudo, maka intensitas yang ditransmisikan I berubah dengan  menurut persamaan : I = I m cos 2  I m adalah nilai maksimum dari intensitas yang ditrasmisikan. 3.2 Polarisasi lingkaran Terjadi jika perbedaan pasa  diantara gelombang-gelombang tersebut adalah 90 0.


Download ppt "1 Optika Gelombang 1. Interferensi Jika dua sumber sinar memancarkan sinarnya secara bersamaan maka akan terlihat adanya garis terang dan garis gelap dari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google