Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ROOM DEVISION Housekeeping department dan front office department tidak dapat terpisahkan karena : 2 department yang mempunyai hubungan yang sangat erat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ROOM DEVISION Housekeeping department dan front office department tidak dapat terpisahkan karena : 2 department yang mempunyai hubungan yang sangat erat."— Transcript presentasi:

1 ROOM DEVISION Housekeeping department dan front office department tidak dapat terpisahkan karena : 2 department yang mempunyai hubungan yang sangat erat.

2 Riris Yuniarsih, S.ST.Par.MM Jl. Made Mulyo V/12 Lamongan

3 HOUSEKEEPING Housekeeping department mempunyai tugas dan tanggung jawab atas seluruh areal hotel, baik yang berada di dalam gedung maupun di luar gedung Membersihkan Menjaga melengkapi Merawat memperindah

4 TANGGUNG JAWAB HOUSEKEEPING : Kenyamanan Ketenangan Ketentraman Kesegaran Kepuasan Keamanan, dan lain – lain di dalam lingkungan hotel, termasuk bagi para penghuninya, baik tamu maupun karyawan, dalam hal : Pemeliharaan ruangan – ruangan di dalam lingkungan hotel. Pemeliharaan inventaris yang ada di dalam ruangan – ruangan. Melengkapi kebutuhan serta keutuhan inventaris ruangan – ruangan. Penempatan benda – benda di dalam ruangan sesuai dengan situasi dan kondisinya, sehingga tampak rapi dan bersih serta indah. Menata ruangan agar suasananya tampak indah dan menarik. Memelihara dan mengendalikan atmosfer ruangan agar menyegarkan dan menyenangkan serta menyehatkan. Pelayanan yang baik dan memuaskan. Melaksanakan fungsi dan tugas – tugas secara praktis, tepat dan cepat.

5 GARIS BESAR PELAKSANAAN, YAITU : Daily Cleaning Pekerjaan pembersihan atau pemeliharaan ataupun perawatan yang dilakukan sehari – hari secara routine dan continue yaitu meliputi pemeliharaan kamar – kamar tamu dan public area termasuk inventaris. General Cleaning Melaksanakan pembersihan secara khusus dengan waktu yang tertentu dan menyeluruh terhadap ruangan – ruangan ataupun kamar – kamar tamu, juga pengecatan semua dinding, yang pengaturan pelaksanaannya dapat dilakukan : Satu minggu sekali Satu bulan atau triwulan Satu tahun atau tiap dua tahun dan sebagainya. Remodeling Cleaning Pekerjaan yang dilakukan dengan tujuan untuk perbaikan atau pembaharuan terhadap interior atau dekorasi atau merubah tata letak inventaris yaitu pengaturan kembali kondisi ruangan dengan maksud untuk menghindarkan kejenuhan, yang dapat dilaksanakan : Satu kali lima tahun Satu kali sepuluh tahun, dan lain – lain.

6 STRUKTUR ORGANISASI Struktur organisasi housekeeping adalah : proses pengelompokan seksi – seksi, tugas, dan tanggung jawab atau wewenang sedemikian rupa sehingga tercipta suatu organisasi yang dapat digerakkan sebagai satu kesatuan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

7 PRINSIP – PRINSIP ORGANISASI ADALAH : Prinsip kesatuan komando Prinsip pembagian divisi kerja yang jelas Prinsip rentang kendali Prinsip pelimpahan wewenang dan tanggung jawab

8 HOUSEKEEPING DEPARTMENT Floor section ( Room Section ) Houseman section (Public Area Section) Linen Section Laundry Section

9 FLOOR SECTION Floor section sering juga disebut sebagai room section. Tugas pokok dari bagian ini ialah menjaga kebersihan, kerapian, keindahan, kenyamanan dan kelengkapan kamar – kamar tamu.

10 HOUSEMAN SECTION Houseman section disebut juga public area section, Tugas pokok dari bagian ini ialah menjaga kebersihan, kerapian, keindahan dan kenyamanan seluruh areal hotel. Baik yang ada diluar gedung maupun yang ada di dalam gedung kecuali kamar tamu.

11 subseksi – subseksi yang ada di public area section adalah sebagai berikut : Houseman subsection yang mempunyai areal tugas pembersihan lobby area, toilet, corridor, employee area, food and beverage out let. Garden subsection yang bertugas untuk mengatur dan memelihara seluruh taman yang ada di hotel, baik yang ada di dalam maupun di luar gedung. Sport and recreation subsection yang mempunyai areal tugas di semua fasilitas sport dan rekreasi di hotel tersebut, seperti swimming pool, tennis court fitness centre dan lain sebagainya.

12 LINEN SECTION Linen section adalah : bagian yang mempunyai tugas dan tanggung jawab atas semua lena hotel tersebut. Keluar masuknya linen dari setiap bagian / department diatur.

13 LAUNDRY SECTION Laundry and dry cleaning section adalah bagian yang bertugas menangani pencucian linen – linen maupun seragam karyawan di hotel.

14 CUCIAN YANG DIKIRIM KE LAUNDRY HOUSE LAUNDRY GUEST LAUNDRY


Download ppt "ROOM DEVISION Housekeeping department dan front office department tidak dapat terpisahkan karena : 2 department yang mempunyai hubungan yang sangat erat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google