Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TELEKOMUNIKASI Dengan kemajuan teknologi, telekomunikasi menjadi lebih cepat, lebih andal dan lebih murah dibandingkan dengan metode komunikasi lain. Telekomunikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TELEKOMUNIKASI Dengan kemajuan teknologi, telekomunikasi menjadi lebih cepat, lebih andal dan lebih murah dibandingkan dengan metode komunikasi lain. Telekomunikasi."— Transcript presentasi:

1 TELEKOMUNIKASI Dengan kemajuan teknologi, telekomunikasi menjadi lebih cepat, lebih andal dan lebih murah dibandingkan dengan metode komunikasi lain. Telekomunikasi mencakupi komunikasi lewat telepon dan sirkuit telegraf serta lewat radio. Telekomunikasi mungkin menyampaikan percakapan, bahan tulisan tangan, gambar facsimile, lukisan, atau citra televisi

2 TELEPON Ada berbagai jenis instrumen, jenis yang paling banyak digunakan adalah: Telepon meja (tablephone) dan Trimphone untuk diletakkan di atas meja. Telepon dinding (wallphone) untuk dipasang pada dinding. Telepon dengan pengeras suara (loudspeaking telephone) yang tidak perlu dipegang sewaktu berbicara

3 EKSTENSI (Extention) Instrumen induk dilengkapi dengan sakelar untuk memberikan fasilitas : Berbicara dengan sentral, bila instrumen induk dihubungkan dengan sentral umum untuk mengadakan atau menerima sambungan eksternal. Berbicara dengan ekstensi, sentral ditahan, bila percakapan dapat terjadi antara dua instrumen sementara penelepon dari luar menunggu, walaupun tidak dapat mendengarkan. Ekstensi dengan sentral, bila instrumen ekstensi dihubungkan dengan sentral untuk percakapan dengan penelepon di luar. Bebas, bila instrumen induk dan ekstensi dapat digunakan untuk percakapan internal tanpa sirkuitnya dihubungkan dengan sentral umum.

4 Sistem Keymaster memberikan fasilitas yang baik sekali untuk kantor kecil. Sistem ini memberikan hingga sepuluh ekstensi komunikasi timbal balik tombol tekan dan hingga dua saluran dari sentral telepon umum. Panggilan yang masuk umumnya diterima pada stasiun induk yang dapat mentransfer panggilan itu ke ekstensi yang diminta. Setiap instrumen dilengkapi dengan sejumlah tombol tekan yang dapat digunakan untuk memanggil ekstensi lain pada instalasi tersebut. SISTEM KEYMASTER

5 SENTRAL CABANG MANUAL PRIBADI ( PRIVATE MANUAL BRANCH EXCHANGE / PMBX ) PMBX dikerjakan oleh seorang operator purna waktu atau menggabungkan tugasnya dengan tugas lain. Operator dapat menghubungkan ekstensi manapun dengan saluran sentral mana saja untuk tujuan menerima panggilan yang masuk atau panggilan ke luar, dan menghubungkan dua ekstensi satu sama lain untuk memungkinkan percakapan telepon antar departemen.

6 SENTRAL CABANG OTOMATIS PRIBADI (PRIVATE AUTOMATIC BRANCH EXCHANGE / PABX ) Sentral jenis ini menggabungkan operasi manual dengan fasilitas dari sentral otomatis yang dioperasikan dengan pemutar angka. Ada dua jenis PABX: untuk instalasi yang lebih kecil terdiri hingga lima saluran sentral dan dua puluh ekstensi, operasi manualnya adalah melalui instrumen telepon yang dilengkapi dengan sakelar pemutar angka dan tombol tekan. Untuk instalasi yang lebih besar, terdapat sebuah papan sakelar manual yang dapat dioperasikan dengan kabel atau tanpa kabel (tombol tekan).

7 PERANGKAT PENJAWAB TELEPON Alat ini secara otomatis menjawab telepon yang tidak diangkat, dan dapat: Mengirimkan pesan yang direkam kepada pemanggil; Meminta pemanggil untuk merekam pesan; Digunakan sebagai mesin dikte jarak jauh; Secara otomatis mengulang setiap pesan yang direkam oleh pemanggil, sewaktu diminta untuk melakukannya dengan menggunakan kata sandi rahasia yang diucapkan lewat telepon oleh orang yang berwenang.

8 RADIO TELEPON Radio merupakan sarana komunikasi yang berguna antara stasiun pusat dan unit bergerak seperti mobil, truk, atau orang yang dilengkapi dengan alat portabel.

9 CONFRAVISION Merupakan pelayanan British Telecom (di Inggris) di mana individu atau kelompok kecil orang di dalam studio di kota - kota yang berbeda dapat dihubungkan lewat suara dan televisi monochrome (hitam-putih). Konferensi bisnis dapat diselenggarakan dengan cara ini tanpa perlu mengadakan perjalanan. Terdapat fasilitas close-up untuk memperlihatkan dokumen, gambar dan sebagainya.

10 OPERASI PBX Dalam sentral cabang pribadi yang besar, sebuah meja pemeriksaan yang terpisah harus disediakan, ditangani oleh seorang operator senior yang dapat membantu pemanggil yang mengalami kesulitan. Sistem pemanggilan untuk menemukan eksekutif harus dikendalikan dari sentral telepon.

11 SENTRAL KONTROL PROGRAM YANG DISIMPAN (STORE PROGRAM CONTROL (SPC) EXCHANGES) PABX ini mencakupi fasilitas berikut: a.Pemutaran angka langsung b.Pemanggilan ulang otomatis c.Pemanggilan kembali secara otomatis d.Pemutaran angka dengan sandi singkat e.Penghalang panggilan f.Pencatatan panggilan g.Pembeda dering telepon h.Interupsi sambungan i.Penyela

12 SISTEM UNTUK KANTOR YANG LEBIH KECIL Kantor kecil dengan 10 saluran sentral dan hingga 36 ekstensi dapat ditampung oleh system ‘Herald’. Sistem lain tersedia pada tahun 1982, dengan 6 saluran dan 6 ekstensi.

13 PENGURANGAN BIAYA TELEPON Penggunaan alat pencatat pembicaraan telepon merupakan pengendali biaya yang baik karena dapat memperlihatkan hal-hal berikut ini untuk setiap pembicaraan: a) Tanggal dan jam; b) Saluran dan ekstensi ; c) Lama pembicaraan pada panggilan keluar; d) Panggilan yang masuk; e) Biaya panggilan ke luar; f) Departemen yang menggunakan ekstensi.

14 TELEPON INTERNAL PRIBADI Untuk instalasi besar, adalah sistem yang menggunakan Sentral Otomatis Pribadi (Private Automatic eXchange / PAX) yang dihubungkan dengan semua stasiun panggilan dilakukan dengan menggunakan putaran angka atau tombol digital.

15 TELEKOMUNIKASI Penggunaan saluran telepon untuk menghubungkan terminal yang jauh dengan komputer sentral menimbulkan sejumlah perkembangan penting seperti: A. Komputer tunggal berkekuatan tinggi B. Biro jasa yang melayani klien C. Pemesanan tempat di pesawat terbang Sebagai akibatnya, saluran telepon digunakan untuk mengirimkan data antar negara dan antar benua sementara satelit angkasa luar digunakan untuk mengirimkan data melintasi lautan.

16 MODEM Agar data dapat dikirim lewat saluran telepon, data tersebut harus diubah menjadi bentuk yang cocok dengan alat yang dirancang untuk pengiriman suara; proses ini disebut modulasi. Pada ujung yang menerima diperlukan proses yang sebaliknya dan disebut demodulasi. Kedua proses dilakukan oleh suatu alat yang disebut modem, nama yang merupakan kependekan dari kata modulator dan demodulator.

17 o MULTIPLEXER ATAU KONSENTRATOR Multiplexer mengurangi biaya karena alat ini memungkinkan data dikirim dengan kecepatan tinggi, yaitu 9600 bit per detik. Alat ini dapat digunakan dengan cara-cara berikut: a) Suatu jaringan terminal lokal, yang masing-masing terminalnya dilengkapi dengan modem kecepatan rendah, menggunakan saluran umum untuk menyampaikan data ke multiplexer. b) Multiplexer, dengan modem kecepatan tinggi, dihubungkan oleh saluran telepon yang disewakan ke modem kecepatan tinggi lain di kejauhan dan multiplexer yang menyampaikan data ke komputer pusat.

18 PENGENDALI KOMUNIKASI Alat ini memonitor secara bergiliran serangkaian terminal untuk menemukan terminal mana yang memiliki data yang siap diambil ke dalam komputer dan menjamin penyaluran yang tepat dari data yang dipindahkan dengan cara yang berbeda bergantung kepada terminal, modem dan multiplexer yang digunakan untuk pengiriman.

19 PENGOLAH UJUNG – DEPAN Alat ini menjalankan fungsi yang serupa dengan fungsi pengendali komunikasi dan, sebagai tambahan, memberlakukan pengecekan data dan pelaksanaan fungsi lain yang, kalau tidak dilakukan, akan menyita fasilitas pengolahanyang ekstensif dan berharga di dalam komputer induk.

20 TELEGRAP dan KAWAT Kantor pusat telepon akan mensuplai rincian lengkap mengenai pelbagai pelayanan telegrap dalam dan luar negeri yang tersedia. Pesan dapat dikirim dengan bahasa biasa atau dalam sandi atau kombinasi keduanya, berdasarkan peraturan yang dikenakan oleh pelbagai Negara. Beberapa sandi yang diakui diterbitkan dan penggunaannya menghasilkan penghematan yang sangat besar. Telegram dan kawat dapat dikirim dan diterima lewat pelayanan teleks.

21 TELEPRINTER Teleprinter hampir sama dengan telepon. Jika telepon menggunakan kata-kata lisan, maka teleprinter menggunakan kata-kata tertulis. Teleprinter adalah mesin yang dapat mengetik pesan, teks yang direproduksi dari kejauhan pada mesin yang serupa. Mesin pengiriman dan penerimaan tersebut dihubungkan dengan kabel telegrap atau radio.

22 TELEGRAP FACSIMILE Dengan telegrap facsimile (komunikasi grafis), bahan tertulis, gambar, lukisan dan sebagainya dapat dikirim lewat saluran telepon umum atau pribadi atau lewat radio. Pengirim mengadakan kontak dengan stasiun melalui telepon terlebih dahulu.

23 TELENOTE  Sistem untuk pengiriman bahan yang ditulis atau digambar dengan tangan lewat sirkuit telepon, pribadi, nasional atau internasional.  Pengirim menggambar atau menulis dengan menggunakan ballpoin yang dihubungkan dengan kabel yang fleksibel ke transmitter.  Alat untuk mengirim dan menerima dapat berupa unit yang terpisah, atau tergabung di dalam satu instrumen, yaitu transreceiver.

24 TELETEX  Alat standar yang disetujui secara internasional untuk komunikasi antara pengolah kata dan komputer mikro.  Alat ini merupakan peningkatan dari teleks, yang lebih fleksibel, lebih cepat dan menghasilkan cetakan dengan kualitas lebih tinggi.  Pelayanan untuk penanganan teks yang menggunakan saluran telepon.  Kecepatan pengiriman lebih tinggi, lebih dari 2000 bit per detik (bpd).

25 SISTEM KOMUNIKASI LAIN  Sistem pemanggilan umum (Sistem pengeras suara) Sarana untuk memberikan instruksi atau mendapatkan orang yang mungkin tidak berada di ruang kantor mereka.  Lokasi staf Sistem sinyal yang dirancang utnuk melacak eksekutif dan orang lain selalu berkeliling di dalam gedung yang besar atau wilayah yang luas dalam menjalankan tugas mereka. Sinyal ini dapat berupa bunyi, kombinasi lampu berwarna, atau radio  Televisi sirkuit tertutup (closed-circuit television) * sarana komunikasi yang memiliki kegunaan yang sangat bervariasi * Suatu sistem yang terdiri dari sebuah kamera video, sirkuit penghubung dan layar televisi

26 JARINGAN AREA LOKAL (LOCAL AREA NETWORK/LAN)  Jaringan bintang Nama ini diberikan karena jaringan tersebut mempunyai satu pusat dan lengan-lengan yang menyebar  Jaringan bus/pohon (bus/tree network) Pada jaringan ini terdapat kabel panjang yang mengelilingi area local dan pelbagai alat yang dipasang pada kabel ini pada titik yang terdekat.

27 SISTEM JARINGAN AREA LOKAL YANG LAIN  Ethernet Jaringan area local yang dikeluakan oleh Xerox pada tahun semakin banyak pabrik peralatan yang menawarkan kompatibilitas Ethernet.  WangNet Digunakan untuk peralatan Wang, tetapi dengan penggunaan sambungan antar muka khusus dapat dihubungkan dengan peralatan buatan pabrik lain. WangNet dapat menangani teks, data, suara dan video.

28 JARINGAN PENGALIH PAKET (PACKET SWITCHED NETWORK) Kebanyakan pabrik besar (IBM, DEC, Honeywell) sudah lama memiliki suatu sistem pengalih data agar para pemakai komputer besar dapat mengirimkan data dari satu mainframe ke mainframe lain. Secara khas, setiap pabrik menggunakan cara mereka sendiri dan tidak ada standardisasi untuk memungkinkan transfer antarsistem.


Download ppt "TELEKOMUNIKASI Dengan kemajuan teknologi, telekomunikasi menjadi lebih cepat, lebih andal dan lebih murah dibandingkan dengan metode komunikasi lain. Telekomunikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google