Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4."— Transcript presentasi:

1 H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4

2 Sub Pokok Bahasan : Perangkat Input Perangkat Output

3 Secara fungsional Perangkat keras komputer dibedakan menjadi empat macam perangkat (devices), yaitu : –Perangkat masukan (input devices), –Perangkat proses (process devices), –Perangkat keluaran (output devices), dan –Perangkat penyimpan (memory/storage devices). Perangkat Keras Penyusun Komputer Personal

4 Perangkat Input Perangkat input merupakan peralatan yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi dengan komputer, agar komputer dapat menerima data dan melaksanakan perintah yang diberikan oleh penggunanya. Prinsip kerja perangkat input : “merubah perintah yang dipahami oleh manusia kedalam bentuk yang dipahami komputer (data berupa kode-kode biner)”.

5 Perangkat input Input adalah energi yang dimasukkan kedalam suatu sistem, yang dapat berupa : –Signal Input : energi yang akan diolah oleh sistem, berupa data yang dimasukkan ke sistem komputer. –Maintenance input : energi yang akan digunakan untuk mengolah signal input berupa program yang akan digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi perangkat input selain untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.

6 Perangkat Input Perangkat input dapat digolongkan menjadi dua golongan : –Perangkat input langsung input yang dimasukkan langsung diproses oleh CPU, tanpa melalui media lain. –Perangkat input tidak langsung input yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media yang berbentuk simpanan luar (external memory) Contoh perangkat input langsung : keyboard, mouse, joystick, scanner, card reader, touch screen, light pen, microfon, pointing device, optical data reader, sensor, digitizing camera. Contoh perangkat input tidak langsung : pita magnetik (magnetic tape), disk magnetik (magnetic disc), kartu plong (punch card).

7 Keyboard Merupakan sekumpulan tombol yang tersusun pada satu tempat seperti mesin ketik yang umumnya mempunyai antara 85 hingga 120 tombol terdiri atas: -huruf-huruf (A, a, B, b C, c, … Z,z) -angka-angka (0,1, 2, …,9) -simbol-simbol atau karakter khusus %, $, …,dsb) -tombol-tombol fungsi (F1, F2, F3, …, F12) Penekanan tombol pada keyboard bisa dilakukan dengan sendiri- sendiri atau per tombol atau beberapa sekaligus untuk menunjukkan maksud tertentu, sebagai misal CTRL+ALT+DEL, ALT+ 1 huruf tertentu, CTRL+Break, dan sebagainya.

8 Mouse Merupakan perangkat yang digunakan untuk menginput data dengan cara menekan tombol klik. Terdapat 4 aktivitas utama mouse: -Click atau single click -Double click -Right click -Drag and Drop Ada 3 tipe dasar mouse : –Mekanis : memiliki bola karet di dalam sisi bawah mouse dan berotasi dalam segala arah. Sensor mekanisnya mendeteksi gerakan bola lalu sensornya mengirimkan signal untuk menggerakkan kursor pada layar. –Optomekanis : sama seperti mouse mekanis yang baru, dan ada yang menggunakan sensor optik untuk mendeteksi gerakan bola. –Optik : mouse ini menggunakan laser untuk mendeteksi gerakan mouse. Tidak ada bola mouse dan gerakan mekanis. Mouse optik harus digerakkan di atas permukaan atau alas tertentu dengan jaringan yang dapat dibaca mouse.

9 Joystick Merupakan tongkat yang penggunaaanya untuk menggerakkan cursor (kursor). Ini dilakukan dengan memegang tongkat yang dapat diputar sampai dengan 360 derajat. Biasanya digunakan untuk permainan Video Games.

10 Lightpen sebuah alat yang berbentuk pena dengan sensor cahaya yang dapat digunakan langsung bersentuhan kepada monitor.

11 Touchscreen Difungsikan dengan cara menyentuh layar monitor atau pad untuk merespon obyek program.

12 Microfon Merupakan alat input dengan cara mengeluarkan suara, ini biasanya untuk aplikasi multimedia atau lebih popular untuk keperluan audio. Juga mampu berperanan sebagai hasil output. Output audio bisa dalam bentuk musik, suara, dan juga kesan khas audio.

13 Trackball Merupakan perangkat penunjuk seperti mouse, namun terdapat bola yang digunakan untuk meggerakkan kursor diatasnya.

14 Camera Saat ini perangkat input yang lagi banyak digunakan adalah menggunakan camera baik video camera yang datanya berjenis analog yang nantinya bisa dikonversi menjadi data digital, maupun digital camera yang datanya bisa langsung berjenis digital

15 Scanner Merupakan suatu alat yang memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital.

16 Punch Card media penyimpan data berbentuk kartu, terbuat dari kertas tebal, dengan perekaman data yang akan membentuk lubang-lubang. Punched card sudah jarang digunakan di mesin-mesin komputer modern saat ini.

17 Perangkat Output Merupakan perangkat yang dipakai untuk menampilkan hasil proses. Contoh : layar monitor, printer, plotter, display card dan speaker. Perangkat Output merupakan perangkat yang terdiri dari alat² yang menterjemahkan perintah yang telah diproses oleh komputer ke dalam bentuk yang telah dimengerti oleh manusia. ♣ Layar Tampilan ( Monitor ) ada 2 jenis layar tampilan : –Layar monitor berbentuk Pipih atau sering disebut LCD (Liquid Crystal Display) kebanyakan digunakan pada komputer Notebook –Layar monitor tabung atau disebut CRT (Cathode Ray Tube) bentuknya seperti layar televisi yang digunakan untuk komputer jenis Desktop atau PC. standard dalam kualitas gambar monitor : –CGA (Colour Graphics Adapter) – 640 x 200 pixel –EGA (Enhanced Graphics Adapter) – 640 x 480 pixel –VGA (Video Graphics Array) 640 x 480 pixel –SVGA (Super Video Graphics Array) – 800 x 600 dan 1024 x 768 pixel –XGA (Extended Graphics Array) – 2048 x 2048 pixel.

18 Perangkat Output ♣ Printer dan plotter Merupakan perangkat pencetak merupakan perangkat hardcopy yang dihasilkan dari hasil pemprosesan komputer dan input dari penggunanya. Tiga macam jenis hasil cetakan dari printer : –Printer Dot-matrik, Pencetak ini mempunyai pengetuk-pengetuk kecil berbentuk titik yang dinamai pin. –Printer Tinta, bekerja dengan cara me- nyemprotkan atau menyemburkan tinta yang ada di dalam cardridge ke kertas. –Printer Laser, bekerja seperti mesin photo- copy yang menyemprotkan serbuk tinta dengan model pencahayaan. Plotter sebenarnya hampir sama dengan printer, namun biasanya digunakan untuk mencetak gambar, grafik, desain teknik yang ukurannya besar.

19 Sub Pokok Bahasan Perangkat Pemroses Perangkat Penyimpan Multimedia

20 Perangkat Pemroses (CPU) Perangkat pengolah atau pemroses data dalam komputer adalah prosesor (processor) atau lengkapnya adalah mikroprosesor (microprocessor), namun umumnya pengguna komputer menyebutnya sebagai CPU (Central Processor Unit). Prosesor memiliki desain koneksi pada motherboard berbeda-beda, koneksi tersebut antara lain berupa soket atau slot Merek-merek mikroprosesor yang dikenal, seperti Intel (tipe Pentium, Celeron, Xeon, dan sebagainya), AMD (Athlon, Duron, dan sebagainya), atau Motorolla (biasanya dipergunakan untuk Macintosh). Prosesor jenis Soket Prosesor jenis Slot

21 Motherboard Motherboard merupakan perangkat yang paling utama terdapat pada susunan komputer sebagai tempat bergantungnya semua komponen dalam komputer. Komponen-komponen yang ada didalamnya seperti microprocessor, Coprocessor (optional), cipset, memori, Basic Input-Output System (BIOS), Expansion Slots (untuk hard disk, cd-rom, video card, dan lainnya), serta sirkuit-sirkuit yang terkoneksi didalamnya.

22 Processing device (Gambar Motherboard) : Microprocessor Printer Port Video Port PCI Slots Memory Slots AGP Slot Chipset Keyboard / Mouse Ports

23 Perangkat Penyimpanan (Memory) Perangkat penyimpan atau memori (memory) merupakan perangkat yang digunakan untuk melakukan penyimpanan data dalam komputer. Berdasarkan letaknya memori komputer dibedakan menjadi dua : 1.memori yang letaknya didalam (Internal memory) adalah memori yang letaknya ada pada perangkat motherboard. Data yang akan diproses ataupun hasil pemrosesan komputer, disimpan didalam internal memori. Selain itu, internal memori juga digunakan untuk menyimpan program yang digunakan untuk memproses data. Internal memori terdiri atas ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory). 2. memori yang letaknya diluar (external memory) adalah memori yang tidak berhubungan langsung dengan motherboard, biasanya letaknya tidak terhubung langsung dengan motherboard bahkan ada yang diluar CPU. Eksternal memori memiliki sifat penyimpanan yang permanen (non-vilatile)dan memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Contoh: floppy disk, harddisk, CD-ROM, flash memory, dan lain-lain ROM RAM

24 Perangkat Penyimpanan (Memory) Harddisk (HD) adalah sebuah media penyimpanan permanen yang memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Kapasitas penyimpanan datanya yang berkembang saat ini dalam jumlah gigabyte (GB), misalnya 10 GB, 20 GB, 30 GB, 40 GB, 80 GB, 100 GB, dan seterusnya. DISKET. Disebut juga floppy disk karena bentuknya yang lentur dengan kapasitas ukuran penyimpanan 1.2 MB dan 1.44 MB. Ukuran fisik disket yang biasa digunakan adalah 3.5 inchi dan 5.25 inchi. CD Drive. Yaitu CD-R (CD-ROM), CD-R/W (CD- ReWriteable), DVD-R dan DVD-R/W. Secara fisik CD-R dan CD-RW tersebut memiliki kapasitas penyimpan sama antara 500 MB sampai dengan 800 MB. Namun secara fungsi kedua CD tersebut berbeda. CD-R begitu dilakukan Burning (pembakaran) maka CD tidak bisa dihapus lagi, CD-R/W, kita dapat menghapus dan selanjutnya mengisi data kembali.


Download ppt "H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google