Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AGAMA BUDHA( 仏教). A GAMA B UDHA Budha 仏教 Ajaran Roh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AGAMA BUDHA( 仏教). A GAMA B UDHA Budha 仏教 Ajaran Roh."— Transcript presentasi:

1 AGAMA BUDHA( 仏教)

2 A GAMA B UDHA Budha 仏教 Ajaran Roh

3 AGAMA BUDHA Ajaran, Perkembangan & Tokoh Penyebarnya

4 AJARAN AGAMA BUDHA Ajaran Pencerahan hati Usaha sendiri Tanpa dewa

5 P ERKEMBANGAN A GAMA B UDHA Agama Budha masuk ke Jepang pada tahun 538, ketika penguasa Korea, Raja BaekJe mengirim ornament dan lukisan Budha ke epada kaisar Kimmei. 40 Tahun kemudian, di masa Kaisar Shotoku, agama Budha dijadikan agama nasional Kaisar Shotoku membangun kuil Budha nasional yaitu Horyu ji di Nara Horyu Ji menjadi bangunan berstruktur kayu tertua di dunia

6 Horyu Ji Temple in Nara

7 P ERKEMBANGAN A GAMA B UDHA Ketika agama Budha baru masuk, banyak yang menentang Alasan diterimanya agama Budha; pihak Istana tertarik dengan agama Budha, menggabungkan antar klan, memperkaya budaya(tulisan)

8 T OKOH P ENYEBAR A GAMA B UDHA Saicho Kukai Hoonen Shinran Eisai Dooden Nichiren

9 P ERKEMBANGAN AGAMA BUDHA Kaisar Kanmu mengirim 2 rahib terpelajar yaitu Saicho dan Kukai untuk mengunjungi China dan belajar agama Budha Saicho mendirikan sekolah agama Budha Tendai di Gn.Hie di Kyoto, sementara Kukai mendirikan sekolah agama Budha Shingon di Gn. Koya, Wakayama. Saicho : Theravada dan Mahayana Kukai : Vajrayana

10 S AICHO & K UKAI Kaisar Kanmu mengirimkan 2 rahib terpelajar, yaitu Saicho dan Kukai untuk mengunjungi Cina.

11 S AICHO & K UKAI TendaiShingon Sankaku Bukkyou

12 S ANKAKU B UKKYOU Theravada ; Ajaran paling tua di agama Budha, fokus kepada penyelamatan diri sendiri dengan hidup sebagai biksu untuk memperoleh pembebasan jiwa. Mahayana ; Mengajarkan cara lain untuk memperoleh keselamatan selain cara Theravada (yang dianggap susah diikuti oleh orang biasa) Vajrayana ; Percaya bahwa seseorang dapat memperoleh pencerahan sekali dalam hidupnya.

13 S AICHO & K UKAI Hal yang diutamakan dalam kedua ajaran itu adalah latihan mental yang disebut dengan Shugyou (meditasi). Meditasi ini bukan sekedar untuk diri sendiri saja, melainkan juga untuk persembahan kepada dewa2.

14 H OONEN Pada akhir zaman Heian, kekuasaan bangsawan runtuh dan diganti oleh golongan militer ( samurai ). Golongan samurai sangat simpatik terhadap ajaran Budha yang dibawa oleh Hoonen.

15 H OONEN Hoonen membawa ajaran yang benar2 Nenbutsu Tariki (ajaran yang betul2 dari ajaran Budha). Ajaran ini tidak mengutamakan shugyou, yang penting adalah manusia harus membekali diri dengan gakumon (ilmu pengetahuan).

16 S HINRAN Pendeta Shinran, sebagai pengikut Hoonen, turut menyebarkan agama Budha yang sudah diluruskan itu. Mereka mempercayai adanya dunia akhirat, dan yakin Budha akan menolong jika manusia melaksanakan ajaran Budha dengan baik.

17 E ISAI & D OODEN Eisai & Dooden ZenshuuZazen

18 E ISAI & D OODEN Ajaran ini dianggap sangat berat karena menitikberatkan pada Jiryokukyodo. Ajaran ini banyak dianut dan disebarkan oleh golongan samurai yang kehidupannya keras dan berdisiplin tinggi.

19 E ISAI & D OODEN Jirikikyodo じりききょうど自力強度

20 E ISAI & D OODEN 自力強度 Tingkat kekuatan diri

21 E ISAI & D OODEN Zenshuu menekankan bahwa manusia bukan hanya menggantungkan diri pada Amidabutsu, tetapi juga perlu memiliki kekuatan dari dalam dirinya sendiri.

22 N ICHIREN Pendeta Nichiren menyebarkan ajaran Nichirenshuu yang berpedoman ajaran Budha melalui kitab Hokekyo. Ajaran ini masih banyak dianut oleh orang Jepang hingga saat ini.


Download ppt "AGAMA BUDHA( 仏教). A GAMA B UDHA Budha 仏教 Ajaran Roh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google