Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ATHENA Tujuan pendidikan : Membentuk warga negara dengan jalan pembentukan jasmani dan rohani yang harmonis (selaras). Mata pelajran terbagi atas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ATHENA Tujuan pendidikan : Membentuk warga negara dengan jalan pembentukan jasmani dan rohani yang harmonis (selaras). Mata pelajran terbagi atas."— Transcript presentasi:

1

2

3

4

5

6 ATHENA Tujuan pendidikan : Membentuk warga negara dengan jalan pembentukan jasmani dan rohani yang harmonis (selaras). Mata pelajran terbagi atas bagian gymnastic (Jasmani) dan bagian muzis (Rohani).

7

8 PYTHAGORAS ( SM) untuk membentuk manusia susila-agama. Dasarnya adalah: -Hanya jiwa yang berjasa, bukan jasad. -Jiwa berasal dari tuhan yang kekal sifatnya. -Sejak kecil manusia cenderung untuk berbuat jahat.

9 Socrates ( SM) Cita-citanya : Ia berpendapat, tuhan yang menjadi ukuran sesuatu. Berlawanan dengan Phytagoras, Socrates percaya bahwa manusia mempunyai pembawaan untuk berbuat baik. Socrates berpendapat, ilmu adalah sumber dari kebajikan.

10 Plato ( SM) Pengajaranya : 1. Harus mematuhi kebutuhan- kebutuhan warga negara yang sudah maju. 2. Harus sesuai dengan tugas- tugas setiap manusia untuk berbuat kebajikan. 3. Yang diajarkanya adalah olehraga, seni musik, matematika dan dialektika.

11 Aristoteles Buku mengenai cita-cita pendidikanya “Politicia” dan “Anima” mengenai ilmu jiwanya. Sumber pengetahuan adalah pengalaman, pengamatan dengan alat indera. Aritoteles adalah bapak ajaran daya, yang memberi jiwa dua daya pokok, yakni daya mengenal dan daya kehendak.

12

13

14

15

16

17 Aliran filsafat Quintilianus 1. Pendidikan itu harus mulai diberikan selekas-lekasnya. 2. Kelak anak itu harus bersekolah, sebab: 3. Janganlah membenntuk kelas-kelas yang terlalu besar, 4. Segala sesuatu hendaknya berjalan tidak terlalu cepat. 5. Pelajaran hendaknya diberikan dengan diselingi permainan. 6. Gaya bahasa harus menarik perhatian anak-anak. 7. Jangan menggunakan siasat yang terlalu keras. 8. Pada pelajaran membaca digunakan huruf-huruf dari gading gajah. 9. Pelajaran menulis diberikan dengan menyuruh anak-anak meniru huruf-huruf yang telah dipahat dimeja. 10. Daya ingatan harus dilatih baik-baik. Tiap hari anak-anak diharuskan menghafal sesuatu.

18


Download ppt "ATHENA Tujuan pendidikan : Membentuk warga negara dengan jalan pembentukan jasmani dan rohani yang harmonis (selaras). Mata pelajran terbagi atas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google