Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERENCANAAN DAN TRANSMISI DAYA MESIN PENCETAK MIE Disusun Oleh: M a i r i z a l NPM. 20404463 Dosen Pembimbing : (1). Dr. Rr. Sri Poernomo Sari, ST., MT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERENCANAAN DAN TRANSMISI DAYA MESIN PENCETAK MIE Disusun Oleh: M a i r i z a l NPM. 20404463 Dosen Pembimbing : (1). Dr. Rr. Sri Poernomo Sari, ST., MT."— Transcript presentasi:

1 PERENCANAAN DAN TRANSMISI DAYA MESIN PENCETAK MIE Disusun Oleh: M a i r i z a l NPM Dosen Pembimbing : (1). Dr. Rr. Sri Poernomo Sari, ST., MT (2). Supriyono, ST., MT Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma 20011

2 Pertimbangan kami untuk merencanakan sebuah mesin pembuat mie tidak lain karena mendapati permintaan dari rekan kami yang juga menekuni usaha dibidang ini. Bahan-bahan dasar yang terdapat pada mie yang ada dipasaran, menurutnya kurang sesuai dengan tema rasa yang akan ditawarkan. Adapun kendala jika membuat sendiri mie yang menjadi bahan utama usahanya adalah tidak lain karena ketidakmampuan alat yang dia miliki dan juga skala pembuatan mie yang relatif besar jika dibandingkan dengan alat pembuat mie rumahan yang dimilikinya. Pertimbangan kami untuk merencanakan sebuah mesin pembuat mie tidak lain karena mendapati permintaan dari rekan kami yang juga menekuni usaha dibidang ini. Bahan-bahan dasar yang terdapat pada mie yang ada dipasaran, menurutnya kurang sesuai dengan tema rasa yang akan ditawarkan. Adapun kendala jika membuat sendiri mie yang menjadi bahan utama usahanya adalah tidak lain karena ketidakmampuan alat yang dia miliki dan juga skala pembuatan mie yang relatif besar jika dibandingkan dengan alat pembuat mie rumahan yang dimilikinya. Maka dari itu kami mencoba menawarkan suatu rancangan yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi kendala yang dihadapi rekan kami tersebut. Dalam merancang mesin pembuat mie ini, kami memfokuskan alat ini agar memiliki kriteria sebagai berikut; dapat mengolah adonan mie dengan skala produksi kecil, daya yang dibutuhkan sesuai dengan voltase rumahan, murah, mudah dalam perawatan, dan mudah penggunaanya. Latar Belakang

3 Pembatasan Masalah  Membuat rancangan mesin pencetak mie dengan spesifikasi yang direncanakan.  Menjelaskan perhitungan transmisi daya dan juga rasio putaran putarannya.  Menentukan panjang keliling sabuk-V yang akan digunakan Tujuan Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk memahami kebutuhan mie basah dikalangan pengusaha menengah kebawah dengan cara merencanakan suatu model mesin pencetak mie yang sesuai dengan kebutuhan para pengusaha mie yang kebanyakan adalah pengusaha menengah kebawah.

4 Proses Kerja Mesin Pencetak Mie Proses kerja mesin ini cukup simpel, adonan mie dimasukan melalu roller penipis I kemudian didistribusikan dengan conveyor menuju ke rooler penipis II. setelah melalui roller penipis II ketebalan mie sudah menjadi 3 mm. Kemudian, dengan memanfaatkan gaya gravitasi adonan mie tersebut meluncur pada bidang miring menuju ke roller pemotong. Pemotong pada mesin ini memotong mie dengan jarak potong tiap 2 mm.

5 Data Perencanaan Mesin Pencetak Mie  Rangka utama terbuat dari besi siku dengan profile (40x40x4) mm. kemudian pelat 8 mm juga digunakan sebagai tempat kedudukan bantalan (bearing).  Mesin ini digerakan dengan menggunakan motor listrik 180 Watt, 1400 rpm dengan diameter poros 14 mm.  Menggunakan beberapa puli tunggal dan ganda yang dimaksudkan untuk menurunkan putaran motor dari 1400 rpm menjadi ± 60 rpm.

6 Perhitungan rasio dan panjang keliling sabuk-V Dengan menggunakan rumus perbandingan rasio terhadap putaran dan diamater puli, maka esar putaran dapat ditrunkan seperti yang telah direncanakan. Dan juga dapat menentukan ukuran sabuk-V yang digunakan dengan menggunakan rumus untuk menghitung panjang keliling sabuk.

7 Perhitungan Penentuan Panjang Keliling Sabuk-V

8 Data Hasil Perhitungan Penurunan rpm Puli KeDiameter (m)Putaran (rpm)rasio i 1 = n 1 /n i 2 = n 2 /n i 3 = n 3 /n i 4 = n 4 /n i 5 = n 5 /n i 6 = n 6 /n i 7 = n 7 /n 8 = n 7 /n 9 1

9 Kesimpulan  Dengan mengikuti proses perencanaan yang diurutkan prosesnya sesuai dengan flow chart, maka dari rumus-rumus yang ada untuk mencari parameter sabuk-V untuk sistem transmisi mesin pencetak mie ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut :  Mesin pecetak ini memiliki kemampuan untuk mengolah adonan mie dengan sampai dengan kapasitas 10 Kg.  Mesin pencetak mie ini menggunakan daya 180 Watt untuk memutarkan roller- roller yang kecepatan putarnya sudah diturunkan hingga rpm oleh sistem transmisi, dalam hal ini adalah puli dan sabuk-V.

10 Spesifikasi Teknik Rencana Mesin Pencetak Mie Material Rangka Utama Baja Konstruksi jenis S 10 C (AISI 1010), EA (40 x 40 x 4) mm, (12 buah) Material Rangka Pendukung Baja Konstruksi jenis S 10 C (AISI 1010), EA (40 x 40 x 4) mm, (6 buah) Material Pelat -Untuk kedudukan bearing, baja S 20 CK (AISI 1023), T = 8 mm -Untuk jalur adonan, pelat stainless steel, T = 0.5 mm Material Poros & Roler Baja S 15 CK (AISI 1017), -Roller I = Ø 40 mm, Panjang 500 mm, (2 buah) -Roller II = Ø 40 mm, Panjang 500 mm, (2 buah) -Roller Pemotong = Ø 40 mm, Panjang 500 mm, (2 buah) -Poros Conveyor = Panjang 500 mm, (2 buah) -Poros Puli = Panjang 500 mm, (3 buah) -Poros sambungan Motor = Panjang 150 mm, (1 buah) Bearing Penyangga Roler SKF seri 6002 ZZ (23 buah) Penggerak Elektromotor 1,5 HP (1400 Rpm), (1 buah) Puli Alumunium, -Puli = Ø 3 inchi, (3 buah) -Puli Ganda I = Ø (3 : 3) inchi, (2 buah) -Puli Ganda II = Ø (3 : 8) inchi, (2 buah) -Puli Ganda III = Ø (3 : 10) inchi, (1 buah) Tipe Sabuk V-Belt jenis A58 (6 buah) Material Conveyor Bahan Kulit Dimensi (p x l x t) (610 x 390 x 100) mm

11 Sekian & Terima Kasih


Download ppt "PERENCANAAN DAN TRANSMISI DAYA MESIN PENCETAK MIE Disusun Oleh: M a i r i z a l NPM. 20404463 Dosen Pembimbing : (1). Dr. Rr. Sri Poernomo Sari, ST., MT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google