Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

METODE TAGUCHI UNTUK OPTIMASI INTI TRAFO PADA PROSES ANIL Nama : Ayuning Tias NPM : 071188 Kelas : B.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "METODE TAGUCHI UNTUK OPTIMASI INTI TRAFO PADA PROSES ANIL Nama : Ayuning Tias NPM : 071188 Kelas : B."— Transcript presentasi:

1 METODE TAGUCHI UNTUK OPTIMASI INTI TRAFO PADA PROSES ANIL Nama : Ayuning Tias NPM : Kelas : B

2 ABSTRAKSI Pada jurnal ini mengusulkan penggunaan metode Taguchi untuk mengoptimalkan proses anil inti magnetik inti jenis cacat transformers. Dengan menggunakan desain eksperimental ortogonal dan analisis teknik, metode yang diusulkan memungkinkan proses anil dapat dioptimalkan dengan hanya sejumlah kecil percobaan. Percobaan berbeda dari metode konvensional bahwa ini penting, pertama untuk meminimalkan variasi respon. Hasil dari penerapan kondisi optimal dari proses anil core transformator menunjukkan kelayakan yang diusulkan metode karena membantu mengurangi kerugian inti serta perbedaan kerugian inti yang sebenarnya dari teori.

3 LATAR BELAKANG Dalam lingkungan pasar yang kompetitif hari ini, ada kebutuhan mendesak untuk industri manufaktur transformator. Untuk meningkatkan efisiensi transformator dan mengurangi biaya, kualitas tinggi, biaya produk rendah telah menjadi kunci untuk bertahan hidup. Didalam kasus ini, Metode Taguchi diterapkan dalam rangka mengoptimalkan mendinginkan logam proses inti trafo, mempertimbangkan karakteristik yang teknis material inti dan disain inti, parameter seluruh penting, jika evolusi standard dan material adalah yang dipertimbangkan. Lima faktor disain ( parameter) adalah : 1. Mendinginkan logam temperatur akhir, 2. Temperatur pada waktu naik 3. Tungku perapian yang membuka temperatur, 4. Jangka waktu [temperatur tetap 5. Bersifat melindungi atmospir.

4 METODE TAGUCHI Teknik G. Taguchi merekomendasikan untuk reproduksi (off-line) pengendalian mutu, didasarkan pada [atas] gagasan analisa dan disain statistik. Taguchi berkonsentrasi usaha nya pada [atas] meminimalkan tentang variabilitas yang disebabkan oleh efek tak dapat dikendalikan. Untuk merancang eksperimen, Taguchi merekomendasikan penggunaan “orthogonal array”.

5 PROSES PRODUKSI INTI TRAFO Siklus Pendinginan logam mengikuti aplikasi yang dibagi menjadi empat langkah-langkah: 1. Permulaan dan langkah pemanasan. Sasaran untuk menghindari oksidasi dan untuk secara normal mencapai temperatur 825 derajat celcius. 2. Langkah Rendam. Kleberhasilan ini yang dapat dilihat adalah bahwa semua inti di (dalam) beban harus mempunyai distribusi temperatur homogen. Jangka waktu tahap ini adalah 2.5 jam, pada 825 derajat celcius. 3. Langkah pendinginan lambat. Target adalah untuk dingin pelan-pelan, dalam rangka menghindari pengembangan internal menekankan inti [itu]. Jangka waktu ini adalah 2 jam. Temperatur akhir adalah 700 derajat celcius. 4. Langkah pendinginan cepat. Sasaran adalah untuk mengurangi temperatur menjadi 380 0C, dalam rangka menghindari oksidasi tentang inti, ketika akan diunjukkan ke lingkungan. Jangka waktu siklus ini adalah 3.5 jam.

6 DESAIN EKSPERIMEN Di dalam kasus ini, MetodeTaguchi diterapkan dalam rangka mengoptimalkan mendinginkan logam proses inti individu. Lima variabel dapat diawasi telah dikenali berpotensi penting: 1. PRA : Atmospir bersifat melindungi (% Isi H2 didalam campuran N2 dan H2) 2. DCT : Jangka waktu temperatur tetap (jam) 3. TRT : Temperatur yang naik waktu (jam) 4. AFT : Dinginkan logam temperatur akhir (celcius) 5. FOT : Tungku perapian yang membuka temperatur (celcius)

7 A NALISA DATA YANG BERSIFAT PERCOBAAN 1. Prestasi Sasaran hasil O1 Dan O2 Mempertimbangkan semua 768 pengukuran eksperimen untuk kerugian inti seperti halnya nilai-nilai yang nyata faktor yang dapat diawasi PRA ke FOT dan berat/beban yang nyata dari tiap inti, metoda analisa multiple regresi digunakan untuk penentuan arti masing-masing faktor di (dalam) hubungan dengan kerugian inti yang nyata dan di (dalam) hubungan dengan penyimpangan antar[a] yang teoritis dan kerugian nyata ( DIFF= MEAS_WATT- DES_WATT). 2. Prestasi Sasaran O3 Dalam hal ini, yang bersifat percobaan perancangan OA8 adalah yang diulangi sekali lagi dalam rangka mempertimbangkan dengan seksama faktor “ berat/beban inti” ( MEAS_KG). Lebih secara rinci yang pertama 8 kombinasi sesuai dengan OA8 disain [itu] untuk yang 384 inti kecil, [sedangkan 8 kombinasi sesuai dengan OA8 disain yang sama untuk yang 384 inti besar.

8 LANJUTAN… 3.Prestasi Sasaran O4 − Untuk berat atau beban dari inti 65 kg, MEAN _ L = 48.9 watt. − Untuk berat atau beban dari inti 74.5 kg, MEAN _ L = 53.8 watt. − Untuk berat atau beban dari inti 65 Kg, MEAN_D = 2.13 watt. − Untuk berat inti 74.5 Kg, MEAN_D = 0.18 watt. Sehingga simpangan baku pengukuran yang diharapkan adalah S=

9 P ERBANDINGAN DENGAN SITUASI SEBELUM EKSPERIMEN Mengadakan percobaan Inti menggunakan Taguchi Eksperimen telah dibuat dari material nilai/kelas [yang] magnetis M3 dan ketebalan 0.23 mm, menyediakan dari SUP_A ( penyalur A). Gunakan yang sama material magnetis ( nilai atau kelas, ketebalan dan penyalur), 1204 kecil dan 1204 inti besar telah dibangun sebelum taguchi eksperimen. Rata-rata hilangnya inti yang kecil 50.5 Watt, kerugian diharapkan yang teoritis 46.8 Watt, yaitu., 3.7 Watt rata-rata penyimpangan taguchi eksperimen.

10 KESIMPULAN Menurut yang konvensional “ change-one-factor-at- a time” metoda percobaan, insinyur mengamati hasil dari suatu percobaan bersifat percobaan setelah diubah pengaturan hanya satu faktor pemeliharaan semua faktor yang lain yang ditetapkan diperbaiki. Karena hasil eksperimen seperti itu untuk tentang segala nilai statistik, satu kebutuhan semua percobaan yang bersifat percobaan (kombinasi dari semua tingkatan faktor disain) untuk yang dilaksanakan didalam kasus sesuatu melarang sejumlah besar 128 eksperimen harus diselenggarakan. Disain yang bersifat percobaan yang diusulkan oleh Taguchi (yaitu pendekatan sistematis untuk mengubah faktor banyak orang yang secara serempak) mengurangi menurunkan ongkos percobaan minimum (8 eksperimen sebagai ganti 128), ukuran capaian yang yang diusulkan TPM dan NPM mengarahkan ke penentuan tingkatan faktor kendali yangmeningkatkan proses (menurunkan kerugian inti) dan di waktu yang sama memperkecil pengaruh faktor suara gaduh yaitu posisi inti di (dalam) tungku perapian, penyimpangan antar berat/beban inti nyata dan yang teoritis, dll.

11 LANJUTAN… Confirmatory Eksperimen yang berada dibawah jumlah maksimum kondisi-kondisi sudah menunjukkan suatu penting penurunan penyimpangan antara kerugian inti nyata dan yang teoritis, mengarahkan peningkatan berkualitas dan pengurangan biaya inti trafo yang yang diproduksi.

12 TERIMA KASIH


Download ppt "METODE TAGUCHI UNTUK OPTIMASI INTI TRAFO PADA PROSES ANIL Nama : Ayuning Tias NPM : 071188 Kelas : B."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google