Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Pengembangan software adalah sekumpulan aktifitas, metode dan praktek yang digunakan dalam produksi dan evolusi sebuah software.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Pengembangan software adalah sekumpulan aktifitas, metode dan praktek yang digunakan dalam produksi dan evolusi sebuah software."— Transcript presentasi:

1

2  Pengembangan software adalah sekumpulan aktifitas, metode dan praktek yang digunakan dalam produksi dan evolusi sebuah software.

3  Tujuan dari “umbrella framework” adalah: › Membuat spesifikasi sebuah model yang ideal. › Mendeskripsikan suatu proses software yang kompeten. › Memberikan sebuah referensi kerangka kerja yang mendefinisikan semua aspek (aspek development, manajemen proyek, manajemen konfigurasi produk, jaminan kualitas software – Software Quality Assurance) bagi tiap proyek software.

4  Digunakan untuk membuat kebijakan dan prosedur yang jelas.  Menyediakan informasi mengenai titik-titik yang harus diperhatikan dalam melakukan supervisi /pengawasan terhadap proyek software.

5  Tujuan dari standar pengembangan adalah membuat proses software menjadi dapat dilihat dan dapat dimengerti oleh organisasi secara keseluruhan.  Contoh standar pengembangan proses dan petunjuk pelaksanaan (framework): › ISO 9000 › TickIT › Software Institute’s Capability Maturity Model (SEI-CMM) › ISO (AKA SPICE) › Trillium Guideline

6  Metodologi: suatu kumpulan tahap-tahap atau fase-fase atau tugas-tugas yang berurutan, dan biasa juga disebut model siklus hidup.  Seluruh aktifitas pengembangan software dibagi menjadi tahap-tahap atau fase-fase.  Tiap tahap memiliki produk akhir sebagai tanda selesainya tahap tersebut.  Empat tahapan dasar siklus hidup software yaitu: 1. Analisa: Menentukan fisibilitas dan spesifikasi kebutuhan. 2. Disain: Membuat spesifikasi umum dan detail disain sistem. 3. Implementasi: Coding, testing, debugging dan installing. 4. Perawatan/Maintenance: Penyempurnaan dan modifikasi.

7  Pada awalnya, testing dipandang sebagai fase dari pengembangan, setelah fase coding (sistem dites setalah dibuat).  Seiring dengan tingkat kedewasaan testing, siklus hidup testing berada disemua tahapan dari siklus hidup software.

8

9  Secara umum terdapat dua macam model penerapan siklus hidup testing, yaitu: 1. Siklus hidup testing tradisional. 2. Siklus hidup testing paralel.

10  Testing dilakukan setelah coding (dimulai setelah coding selesai).  Kekurangan: › Tahap tes dimulai terlambat akibat fase coding yang terlambat, sehingga disain tes sangat sederhana. › Tes dilakukan dalam kondisi tekanan jadwal, dan dituntut untuk selesai secepatnya.

11  Perencanaan tes dan disain test scenario dilakukan secara paralel dengan pengembangan software.  Bug dapat diketahui sejak awal, seperti ketidak jelasan kebutuhan yang diidentifikasi.

12  Model ini dikembangkan lagi untuk meningkatkan kemampuan proses, dengan menambahkan teknik pencegahan defect, sehingga bugs tidak muncul sejak awal.

13  V-Model adalah pengembangan dari siklus hidup testing paralel.  Pada tiap fase pengembangan terdapat tes.


Download ppt " Pengembangan software adalah sekumpulan aktifitas, metode dan praktek yang digunakan dalam produksi dan evolusi sebuah software."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google