Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kain tenun ikat merupakan : hasil karya tangan rumah tangga oleh para wanita yang sangat spesifik. Unsur-unsur keindahan melalui gambar-gambar motif.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kain tenun ikat merupakan : hasil karya tangan rumah tangga oleh para wanita yang sangat spesifik. Unsur-unsur keindahan melalui gambar-gambar motif."— Transcript presentasi:

1

2

3 Kain tenun ikat merupakan : hasil karya tangan rumah tangga oleh para wanita yang sangat spesifik. Unsur-unsur keindahan melalui gambar-gambar motif baik berlatar makrokosmos dalam perlambangan – perlambangan maupun system yang kuat. Asal : Bali dan Nusa Tenggara Cara pembuatan: Gambar – gambar motif yang diikat kemudian diwanai lalu dicelupkan pada warna kuat alamiah yaitu akar mengkudu yang disebut bur/buke dan tarung yang merupakan dedaunan tarum hitam. diberi ramuan koja – gelo, ditenun melalui proses yang sangat berhati – hati. Hasilnya, dipakai oleh mereka yang mewarisi pesanan edukatif.

4

5 Iket Sunda merupakan salah satu kelengkapan busana daerah Sunda yang digunakan pria sebagai penutup kepala. Iket Sunda dibuat dari kain batik yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi model-model yang khas sebagai tutup kepala daerah Sunda disebut cacah atau somah.

6

7

8 Bahan : 250 gram mie kering, rebus 100 gram toge, rebus 1/2 matang 1 buah telur, rebus, kupas belah 2, sisihkan 200 gram udang, kupas, sisakan kepala untuk dibuat kaldu 650 ml (3 gelas) air Bumbu : 4 siung bawang putih, haluskan 4 siung bawang merah, haluskan 2 sdm ebi, haluskan 1 batang serai, geprek bagian putihnya 1 daun jeruk 1 cm jahe, geprek 1 batang seledri dan daun bawang, ikat bersama. 2 sdm air larutan maizena/sagu untuk pengental 1 sdm kecap asin garam, gula, lada secukupnya seledri & daun bawang, iris untuk taburan Jeruk nipis Bawang goreng Cabai rawit iris

9 Cara Membuat : 1. Buat dulu kaldu udang. Masak air bersama kepala udang dan jahe. Masukkan seledri dan daun bawang ikat. Tunggu hingga mendidih, biarkan 5 menit. Saring dan angkat. 2. Tumis bumbu halus, masukkan serai dan daun jeruk, tumis hingga harum. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna. 3. Masukkan kaldu udang, kecap asin, garam dan gula pasir. Biarkan mendidih, cicipi rasanya. 4. Di dalam mangkuk, atur mie, toge rebus, dan telur rebus, sisihkan. 5. Setelah kuah mendidih, masukkan larutan air maizena/sagu, biarkan mendidih kembali (agak kental). 6. Siramkan ke atas mie dalam mangkuk 7. Taburi bawang goreng, seledri dan daun bawang, beri cabe rawit dan irisan jeruk nipis sebagai pelengkap. TIPS Pakai kepala udang saja untuk membuat kaldu udang, agar tidak gatal. Seringkali kalau membuat kaldu udang dengan kulit udang, yang makan akan gatal di tenggorokan. Pakai udang yang ukurannya agak besar agar kepalanya juga besar dan menghasilkan kaldu yang gurih.

10

11 Jamu seduh pada umumnya digunakan untuk maksud menjaga kesehatan. Orang membeli jamu seduh seringkali karena kebiasaan mengkonsumsi sebagai minuman kesehatan yang dikonsumsi sehari-hari.

12 Jamu Beras Kencur dan jamu kunir asam

13 Jamu beras kencur dipercaya : dapat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Dengan membiasakan minum jamu beras kencur, tubuh akan terhindar dari pegal-pegal dan linu yang biasa timbul bila bekerja terlalu payah. jamu beras kencur dapat merangsang nafsu makan, sehingga selera makan meningkat dan tubuh menjadi lebih sehat.

14 bahan dasar pokok yang selalu dipakai, yaitu beras dan kencur.. Bahan-bahan lain yang biasa dicampurkan ke dalam racikan jamu beras kencur: adalah biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo, buah asam, kunci, kayu keningar, kunir, jeruk nipis, dan buah pala. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih dan seringkali mereka juga mencampurkan gula buatan.

15

16 Jamu kunir asam dikatakan oleh sebagian besar penjual jamu sebagai jamu 'adem-ademan atau seger-segeran' yang dapat diartikan sebagai jamu untuk menyegarkan tubuh atau dapat membuat tubuh menjadi dingin. bermanfaat untuk menghindarkan dari panas dalam atau sariawan, serta membuat perut menjadi dingin. baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil muda dan dapat menyuburkan kandungan. melancarkan haid.

17 Penggunaan bahan baku jamu kunir asam pada umumnya tidak jauh berbeda di antara pembuat. Perbedaan terlihat pada komposisi bahan penyusunnya. Jamu dibuat dengan bahan utama : buah asam ditambah kunir/kunyit, namun beberapa pembuatnya ada yang mencampur dengan sinom (daun asam muda), temulawak, biji kedawung, dan air perasan buah jeruk nipis. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih dan seringkali mereka juga mencampurkan gula buatan, serta dibubuhkan sedikit garam.

18 direbus sampai mendidih dan jumlahnya sesuai kebutuhan. Bahan-bahan sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk secara kasar menggunakan lumpang dan alu besi atau batu atau diiris tipis-tipis (kunyit), dimasukkan ke dalam air mendidih dan direbus sampai mendidih beberapa saat. Selanjutnya, ditambahkan gula (atau pemanis buatan) sampai diperoleh rasa manis sesuai selera (dicicipi). Rebusan yang diperoleh dibiarkan sampai agak dingin, kemudian disaring dengan saringan. Rebusan yang sudah disaring dibiarkan dalam panci dan selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol dan siap untuk dijajakan. Pada umumnya tidak jauh berbeda antar penjual jamu, yaitu : umar


Download ppt "Kain tenun ikat merupakan : hasil karya tangan rumah tangga oleh para wanita yang sangat spesifik. Unsur-unsur keindahan melalui gambar-gambar motif."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google