Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Twelve: Microprocessor dan Memory. 2 Objectives Setelah menyelesaikan bab ini, anda diharapkan dapat: Mengerti teknologi microprocessor dan perkembangannya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Twelve: Microprocessor dan Memory. 2 Objectives Setelah menyelesaikan bab ini, anda diharapkan dapat: Mengerti teknologi microprocessor dan perkembangannya."— Transcript presentasi:

1 Twelve: Microprocessor dan Memory

2 2 Objectives Setelah menyelesaikan bab ini, anda diharapkan dapat: Mengerti teknologi microprocessor dan perkembangannya. Memahami jenis-jenis dan fungsi processor. Mengenal struktur, fungsi dan kinerja microprocessor.

3 3 Microprocessor Mikroprosesor merupakan komponen utama yang selalu ada pada setiap komputer. Mikroprosesor juga dikenal dengan sebutan Central Processing Unit (CPU). Setiap pengolahan dan penghitungan data pada komputer akan dikerjakan pada CPU ini. Dimana pada CPU ini terdapat dua komponen utama yaitu Control Unit (CU) dan Arithmetic Logic Unit (ALU).

4 4 Microprocessor #2 Mikroprosesor adalah suatu lempengan silicon yang biasa juga disebut dengan Integerated Circuit IC. Dalam satu chip mikroprosesor bisa terdapat sampai dengan 10 juta transistor. Pembuatan mikroprosesor modern saat ini menggunakan teknologi VLSI (Very Large-Scale Integration).

5 5 Komponen Utama Komputer

6 6 Sejarah Microprocessor Mikroprosesor yang pertama kali dibuat adalah intel 4004  dikenalkan pada tahun Intel 4004 ini mempunyai fungsi yang masih sangat terbatas, hanya dapat digunakan untuk operasi penambahan dan pengurangan. Sedangkan mikroprosesor pertama yang digunakan untuk komputer rumah (Personal Computer) adalah intel 8080, merupakan komputer 8 bit dalam satu chip yang diperkenalkan pada tahun Pada tahun 1979 diperkenalkan mikroprosesor baru yaitu Pembuat mikroprosesor (now): Intel, IBM, Digital Equipment Corp (DEC), AMD, Cyric, Sun, HP, Digital, MIPS, dan Motorola.

7 7 Processor pada PDA Beberapa pembuat Processor untuk PDA: Intel  Intel Xscale 400 MHz Motorola  Motorola DragonBall Samsung  Samsung S3C MHz TI (Texas Instrument)  TI-Omap

8 8 RISC VS CISC Secara garis besar, prosesor diklasifikasikan menjadi 2 kelompok: –RISC (Reduced Instruction Set Computer) –CISC (Complex Instruction Set Computers). Prosesor2 RISC: –IBM PowerPC –Digital Alpha –Apple PowerMac –Sun SPARC. Prosesor2 CISC: –Intel x86 dan variantnya (misal. Pentium) –AMD –Cyric –prosesor Macintosh sebelum tahun 1994

9 9 Prosesor Intel Merupakan prosesor yang paling banyak digunakan. 1971: 4004  merupakan prosesor pertama buatan Intel. 1972: 8008  dua kali lebih kuat dibanding Digunakan pada komputer untuk rumah (PC). 1982: 286  juga dikenal sebagai 80286, adalah prosesor Intel pertama yang dapat menjalankan seluruh program yang ditulis untuk prosesor generasi sebelumnya. Dalam 6 tahun setelah dilepas, diperkirakan sekitar 15 juta PC dengan prosesor 286 terjual di seluruh dunia.

10 10 Prosesor Intel #2 1985: Intel386  terdiri dari transistor – lebih dari 100 kali lebih cepat dibandingkan Intel Prosesor ini adalah chip 32bit dan mempunyai kemampuan multi- tasking. 1993: Pentium  dengan prosesor ini akan mempermudah bekerja dengan suara, tulisan tangan, dan foto. 1995: Intel Pentium Pro  didesain untuk memenuhi kebutuhan aplikasi pada server dan workstation. Prosesor ini tersusun dari 5,5 juta transistor 1997: Intel Pentium II  terdiri dari 7,5 juta transistor.

11 11 Prosesor Intel #3 1998: Intel Pentium II Xeon  didesain untuk memenuhi kebutuhan performa dari komputer server dan workstation. System dengan prosesor ini bisa dikonfigurasi dengan 4 sampai 8 prosesor. 1999: Intel Celeron  didesain untuk memenuhi kebutuhan PC dengan harga murah. 1999: Intel Pentium III  prosesor ini menggunakan 70 instruksi baru. Terdiri dari 9,5 juta transistor. Dan dibangun menggunakan teknologi 0,25 micron. 2000: Intel Pentium 4  Prosesor ini terdiri dari 42 juta transistor. Dan dibangun dengan teknologi 0,18 micron.

12 12 Prosesor Intel #4 2001: Intel Itanium  adalah prosesor 64-bit pertama buatan Intel. Didesain untuk server dan workstation high-class untuk perusahaan- perusahaan besar. Dibuat menggunakan arsitektur baru berbasis pada teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing (EPIC). 2002: Intel Itanium 2  merupakan kelanjutan dari Intel Itanium. 2003: Intel Pentium M  prosessor yang didesain khusus untuk laptop, membutuhkan daya rendah sehinggap laptop akan dapat standby lebih lama. 2004: Intel Pentium 4 HT  Pentium 4 dengan tehnologi Hyper Threading.


Download ppt "Twelve: Microprocessor dan Memory. 2 Objectives Setelah menyelesaikan bab ini, anda diharapkan dapat: Mengerti teknologi microprocessor dan perkembangannya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google