Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROGRAMMABLE PERIPHERAL INTERFACE (PPI) 8255 PPI 8255 merupakan perantara masukan/keluaran parallel yang dapat diprogram. Agar konfigurasi operasional.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROGRAMMABLE PERIPHERAL INTERFACE (PPI) 8255 PPI 8255 merupakan perantara masukan/keluaran parallel yang dapat diprogram. Agar konfigurasi operasional."— Transcript presentasi:

1 PROGRAMMABLE PERIPHERAL INTERFACE (PPI) 8255 PPI 8255 merupakan perantara masukan/keluaran parallel yang dapat diprogram. Agar konfigurasi operasional dari PPI sesuai dengan rangkaian (hubungan PPI dengan rangkaian eksternal) PPI 8255 harus diprogram. Gambar diagram penyemat dari PPI 8255 ditunjukkan pada gambar dibawah ini

2 Diagram Blok Internal PPI 8255

3 Tabel Alamat Port PPI 8255 A0A0 A1A1 Port 00Port A 01Port B 10Port C 11Control Word PPI 8255 mempunyai 3 port yaitu port A, port B, port C dan satu register komando (Contrl word). Port-port ini dibagi lagi atas 2 grup yaitu grup A dan B seperti ditunjukkan pada gambar Setiap port memiliki alamat sendiri, PPI 8255 memiliki 4 alamat, yang dapat dilihat pada tabel diatas. Pemilihan port ini dilakukan dengan memberikan logika pada masukan A0 dan A1. Pengesetan port–port sebagai masukan atau keluaran dilakukan dengan mengeset register Control Word sesuai dengan fungsinya seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

4 Register Control Word PPI 8255

5 PPI 8255 mempunyai 3 modus operasi yaitu modus 0, 1 dan 2. Pada modus 0 port port dibagi atas dua port 8 bit (A dan B) dan 2 port 4 bit yaitu port C-lower dan port C-upper. Setiap port dapat diset sebagai masukan atau keluaran. Sebagai contoh, port A dan port C-upper sebagai keluaran, port B dan port C-lower sebagai masukan, maka untuk modus 0, register komando diisi dengan data 83H. Pada modus 1 juga terdiri dari dua port 8 bit (A dan B), dimana baik sebagai masukan maupun keluaran dilatch (ditahan), dan dua port 4 bit (port C) sebagai handshaking untuk port A dan B. Modus 1 Masukan: Gambar dibawah menunjukkan konfigurasi 8255 pada modus 1 sebagai masukan. Pada saat port A sebagai masukan, bit PC3, PC4, PC5 digunakan sebagai handshaking sedangkan PC6­,PC7 dapat digunakan sebagai masukan atau keluaran. Unit masukan memberikan data pada port A atau port B dan kemudian memberikan sinyal STB pada PC4 atau PC2­ yang berfungsi untuk membebankan data pada masukan latch.

6 Sinyal STB (strobe) logika 0 membuat IBF logika 1 dan INTE (interupt enable) logika 1. Mikroprosesor mendeteksi port PC5 atau PC1 (IBF) dimana jika logika 1 berarti data telah tersedia pada masukan. Input buffer full (IBF) dan INTR (interupt request) akan reset jika data telah dibaca. Diagram waktu pemasukan data pada modus 1 ditunjukkan pada gambar dibawah. Konfigurasi 8255 pada modus 1 masukan

7 Timing Diagram Mode 1 Masukan

8 Modus 1 Keluaran: Gambar Konfigurasi 8255 pada modus 1 keluaran

9 Gambar Timing Diagram Mode 1 Keluaran

10 Dari kedua gambar diatas merupakan konfigurasi 8255 pada modus 1 saat keluaran. Mikroprosesor menuliskan data pada port A atau port B, penulisan ini diindikasikan dengan sinyal OBF rendah. Peralatan output memeriksa OBF untuk menentukan apakah data keluaran telah tersedia atau belum. Jika data telah tersedia, maka peralatan output akan membaca port A atau port B dan jika data telah dibaca peralatan output memberikan sinyal ACK untuk membuat OBF logika 1. Modus 2. Modus 2 hanya terdiri dari satu port 8 bit 2 arah yaitu port A. Lima port C digunakan untuk status dan mengontrol port A. Gambar dibawah merupakan ilustrasi 8255 pada modus 2. Kombinasi dari modus operasi dapat dilakukan. Sebagai contoh, jika port A digunakan untuk pengiriman data dua arah dengan handshaking pada modus 2, port B dapat digunakan sebagai masukan pada modus 0.

11 Gambar Konfigurasi 8255 pada modus 2

12 Pengesetan bit Port C Jika bit-7 dari register Control word logika 0, maka bit-0 sampai bit-3 bit bit berfungsi untuk menset/reset bit-bit port C. Pensetan/reset port C ditunjukkan pada gambar dibawah Gambar Format Bit Set/Reset port C

13


Download ppt "PROGRAMMABLE PERIPHERAL INTERFACE (PPI) 8255 PPI 8255 merupakan perantara masukan/keluaran parallel yang dapat diprogram. Agar konfigurasi operasional."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google