Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANJAR WIDYANINGRUM, 3501405535 MODERNISASI DALAM SISTEM PERTANIAN (Studi Kasus Tentang Dampak Modernisasi Pertanian Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANJAR WIDYANINGRUM, 3501405535 MODERNISASI DALAM SISTEM PERTANIAN (Studi Kasus Tentang Dampak Modernisasi Pertanian Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat."— Transcript presentasi:

1 ANJAR WIDYANINGRUM, MODERNISASI DALAM SISTEM PERTANIAN (Studi Kasus Tentang Dampak Modernisasi Pertanian Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Pagergunung Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang)

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ANJAR WIDYANINGRUM - NIM : PRODI : Pendidikan Sosiologi dan Antropologi - JURUSAN : SOSIOLOGI & ANTROPOLOGI - FAKULTAS : Ilmu Sosial - widya_ajah pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dra. Adang Syamsudin S, M.Si - PEMBIMBING 2 : Dra. Thriwaty Arsal, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul MODERNISASI DALAM SISTEM PERTANIAN (Studi Kasus Tentang Dampak Modernisasi Pertanian Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Pagergunung Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang)

4 Abstrak Usaha pertanian merupakan salah satu sektor yang terus menerus dikembangkan pemerintah, dengan maksu agar dapat meningkatkan produksi yang tidak hanya diperuntukkan bagi konsumsi penduduk setempat, namun diusahakan dapat dinikmati oleh seluruh upaya peningkatan produksi. Maka dalam penggunaan lahan sawah harus berpengairan teknis dengan melakukan modernisasi dalam sistem pertanian yang akan mendukung terhadap kualitas hasil panen. Karena kenyataan yang tidak menjadi rahasia umum lagi bahwa pemilikan lahan pertanian kaum tani adalah sangat sempit, sehingga apapun yang dihasilkan di atas lahan pertanian itu hampir sulit dipercaya untuk bisa memenuhi kebutuhan petani. Sebagai salah satu desa yang mayoritas jumlah penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, maka dalam kegiatan di sawah petani di desa Pagergunung telah melakukan mekanisasi dalam sistem pertanian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak modernisasi pertanian terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat desa Pagergunung Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak modernisasi pertanian terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat desa Pagergunung, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode wawancara, metode observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan uji validitas data yang dilakukan dengan cara trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya mekanisasi pertanian di satu sisi memberikan dampak positif yaitu semakin meningkatnya hasil pertanian sehingga secara langsung juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, di satu sisi memberikan dampak negatif yaitu dapat menyebabkan pengangguran dan juga peran perempuan dalam sektor pertanian semakin berkurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa dengan adanya masukan modern di bidang pertanian dapat membantu para petani dalam mengerjakan kegiatan di sawah karena mekanisasi peralatan pertanian tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga, namun disamping itu juga dapat mengakibatkan berkurangnya kebutuhan tenaga kerja manusia. Tenaga kerja manusia dan hewan dapat digantikan oleh mesin-mesin modern seperti traktor, pompa air dan mesin perontok padi. Adapun sarannya bahwa agar modernisasi dapat berjalan baik dan berhasil seperti yang diharapkan, maka harus ada kerjasama yang baik dari berbagai pihak antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pamong desa, tokoh masyarakat maupun dari petani itu sendiri selain itu Agar terciptanya kerjasama yang baik dari berbagai pihak, pemerintah dapat memberdayakan sumber daya alam melalui penerapan teknologi maju guna meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani.

5 Kata Kunci Modernisasi, Sistem Pertanian, Dampak

6 Referensi Abraham, M. Francis Modernisasi di Dunia Ketiga Suatu Teori Umum Pembangunan. Yogyakarta: Tiara Wacana. Andriyani, Dwi. Skripsi Perubahan Moral Ekonomi Petani Padi. Surakarta: FISIP UNS Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Attir O. Mustafa, Holzner, dan Suda Zdenek Sosiologi Modernisasi. Yogyakarta: Tiara Wacana. Basrowi Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia. Gunawan, Ary Sosiologi Pembangunan Suatu Analisis Sosiologi Tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Hadi, Sutrisno Metodelogi Research jilid 2. Yogyakarta: Andi Yogyakarta. Hoogevelt, Ankie M. M Sosiologi Masyarakat Sedang Berkembang. Jakarta: Rajawali Press. Kantor Statistik Kabupaten Pemalang Pemalang Dalam Angka Koentjaraningrat Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru. ______________ Manusia dan Kebudayaan Di Indonesia. Jakarta: Djambatan. Long, Norman Sosiologi Pembangunan Pedesaan. Jakarta : Melton Putra Marbun Proses Pembangunan Desa Menyongsong Tahun Jakarta: Erlangga. Mustofa, M. Solehatul Kemiskinan Masyarakat Petani Desa Di Jawa. Semarang: UNNES PRESS. Moleong, Lexy J Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mubyarto Pengantar Ekonomi Pertaian. Jakarta : LP3ES. Prabowo, Dibyo Diversifikasi Pedesaan. Jakarta: UIP (Agustus 2008) Raharjo Pengantar Sosiologi Pedesaan dan Pertanian. Yogyakarta: UGM Press. Salim, Agus Teori Sosiologi Klasik Dan Modern Sketsa Pemikiran Awal. Semarang: UNNES Press. Sayogyo, Pudjwati Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta: UGM. Siswopangripto, M. Soehartono Dan Sastrosupono, M. Suprihadi Pokok- Pokok Sosiologi Pedesaan. Bandung: Alumni. Sjamsidar, dkk Modernisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Sistem Pertanian Di Yogyakarta. Jakarta: Depdikbud. Soekanto, Soerjono Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Grafindo Persada. Soermarwoto, Otto Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Yogyakarta: UGM Press. Syahyuti. Pembangunan Pertanian Indonesia Dalam Pengaruh Kapitalisme Dunia: Analisis Ekonomi Politik Perbesaran. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian: Bogor. beras.pdf. Sutopo Pengantar Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar Teoritis Dan Praktis. Surakarta: UNS Press Tim Penyusun Panduan Bimbingan, Penyusunan, Pelaksanaan Ujian dan Penilaian Skripsi Mahasiswa. Semarang: FIS UNNES Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Wulandari, Nur Panti, Skripsi Dampak Bendungan Kedung Ombo Terhadap Kehidupan Sosial-Ekonomi Pada Masyarakat Sekitar (Studi kasus di desa wonoharjo kecamatan kemusu kabupaten boyolali). Semarang: FIS UNNES. Yulianti, Yayuk. Dan Mangku Purnomo Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama.

7 Terima Kasih


Download ppt "ANJAR WIDYANINGRUM, 3501405535 MODERNISASI DALAM SISTEM PERTANIAN (Studi Kasus Tentang Dampak Modernisasi Pertanian Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google