Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modernisasi dan Perkembangan IPTEK By : Kelompok 7 UNIVERSITAS JEMBER 2013 Disampaikan pada “diskusi perkuliahan ISBD”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modernisasi dan Perkembangan IPTEK By : Kelompok 7 UNIVERSITAS JEMBER 2013 Disampaikan pada “diskusi perkuliahan ISBD”"— Transcript presentasi:

1 Modernisasi dan Perkembangan IPTEK By : Kelompok 7 UNIVERSITAS JEMBER 2013 Disampaikan pada “diskusi perkuliahan ISBD”

2 Atas dasar kreatifitas akalnya, manusia mengembangkan IPTEK dalam rangka untuk mengolah SDA yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Namun hal ini seolah diabaikan oleh manusia, faktanya tidak dipungkiri lagi IPTEK dikembangkan setiap waktu dan banyak pula pengaruhnya, baik yang positif maupun negatif. Uraiannya akan dibahas di bawah ini.

3 Dasar Teori 2. Teknologi Ilmu pengetahuan (body of knowledge) dan teknologi dalam suatu seni (state of art) yang mengandung pengertian berhubungan dengan proses produksi, menyangkut cara bagaimana berbagai sumber, tanah, modal, tenaga kerja dan keterampilan dikombinasikan untuk merealisasi tujuan produksi. (Soelaeman,2006) 3. Modernisasi Istilah modern berasal dari kata “modo” yang artinya “yang kini” (just now). Dengan demikian masyarakat dinyatakan modern apabila para warganya hidup dengan sistem nilai, cara berfikir, berperasaan dan bertindak, teknologi serta organisasi sosial yang baru, yang sesuai dengan konstelasi zaman sekarang. Modernisasi adalah perubahan tata kerja lama yang tidak rasional diganti dengan tata kerja baru yang rasional. 1.Ilmu Pengetahuan Di kalangan ilmuan ada keseragaman pendapat, bahwa ilmu itu selalu tersusun dari pengetahuan secara teratur, yang diperoleh dengan pangkal tumpuan (objek) tertentu dengan sistematis, metodis, rasional/logis, empiris, umum, dan akumulatif. Pengertian pengetahuan sebagai istilah filsafat tidaklah sederhana karena bermacam-macam pandangan dan teori (epistemologi), diantaranya pandangan Aristoteles, bahwa pengetahuan merupakan pengetahuan yang dapat di inderai dan dapat merangsang budi. Menurut Descartes, Ilmu pengetahuan merupakan serba budi, oleh Bacon dan David Home diartikan sebagai pengalaman indera dan batin (Soelaeman,2006).

4  Modernisasi adalah suatu transformasi dari kehidupan yang tradisional ke kehidupan yang modern. Dalam kehidupan yang modern tercermin pikiran rasional, ekonomis, efektif, efisien, dan produktif. Tetapi masyarakat beranggapan bahwa modernisasi itu adalah style.  Salah satu pendukung terjadinya modernisasi adalah berkembangnya IPTEK. Modernisasi di bidang kehidupan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) terutama menyangkut dua hal, yakni penemuan baru dan pembaruan. Oleh karena itu, modernisasi di bidang IPTEK tidak dapat lepas dari perhatian yang besar terhadap dunia pendidikan, penelitian dan pengembangan. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengembangan akan mendorong ditemukannya ide- ide dan alat-alat baru yang dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat untuk melengkapi atau mengganti yang lama.  Namun perkembangan IPTEK harus mampu menyesuaikan nilai yang dianut oleh suatu masyarakat. Perkembangan IPTEk harus digunakan sesuai dengan kebutuhan pembangunan, apabila tidak, akibatnya akan mubazir, tidak efisien, dan tidak efektif. IPTEK SEBAGAI PENDUKUNG MODERNISASAI

5 Contoh-contoh modernisasi dalam bidang IPTEK, diantaranya yaitu :  Kemajuan di Bidang Transportasi  Kemajuan di Bidang Pertanian  Kemajuan di Bidang Industri perkembangan IPTEK harus mampu menyesuaikan nilai yang dianut oleh suatu masyarakat. Perkembangan IPTEk harus digunakan sesuai dengan kebutuhan pembangunan, apabila tidak, akibatnya akan mubazir, tidak efisien, dan tidak efektif. Namun dari adanya modernisasi itu akan menimbulkan beberapa akibat, yaitu pencemaran lingkungan alam, kriminalitas, kenakalan remaja, dan lain sebagainya. Akibat adanya modernisasi dan perkembangan IPTEK juga memberi perubahan yang lebih condong ke arah negatif. 3. Dampak terhadap Kehidupan Manusia Komunikasi Transportasi Kesehatan Sosial dan Budaya Pendidikan Ekonomi dan Industri Bidang politik Bidang Informasi dan komunikasi 1.Dampak terhadap Kebutuhan Pokok Manusia  Pangan  Sandang  Papan 2.Dampak terhadap Pendayagunaan Sumber Daya Alam  Minyak Bumi  Batu Bara  Air  Hutan dan Hewan  Tanah dampak-dampak yang diberikan dari adanya modernisasi IPTEK.

6 CONTOH-CONTOH DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENERAPAN IPTEK SEBAGAI WUJUD MODERNISASI Dampak yang positif, antara lain: Ditemukannya bibit unggul dengan memanfaatkan sinar zat radioaktif yang dapat mengadakan mutasi gen. Dengan teknologi tekstil dapat dilakukan pembuatan sandang secara besar-besaran dalam waktu yang singkat. manusia mampu membangun rumah dan gedung pencakar langit sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas Dampak terhadap Kebutuhan Pokok Manusia

7 - - Dampak negatif terhadap kebutuhan pokok manusia, antara lain :

8 CONTOH-CONTOH DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENERAPAN IPTEK SEBAGAI WUJUD MODERNISASI

9  Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.  Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan.Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.  Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.  Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.  Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.  Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan.Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.  Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.  Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia. KESIMPULAN

10 Kelompok 7 : 1.Achmad Zaini 2.Adita Cahya I 3.Aisyah Jamil 4.May Dwi Rahayu 5.Muhammad Evri 6.Riza Nur Fadila 7.Silvia Triana Sari 8.Tri Ayu Wurdiningsih T E R I M A K A S I H ^^


Download ppt "Modernisasi dan Perkembangan IPTEK By : Kelompok 7 UNIVERSITAS JEMBER 2013 Disampaikan pada “diskusi perkuliahan ISBD”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google