Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Akomodasi_komunikasi_joice cs 1 Teori Akomodasi Komunikasi berdasarkan penelitian Howard Giles  Psikologi Sosial dan Identitas Sosial  Asumsi  Cara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Akomodasi_komunikasi_joice cs 1 Teori Akomodasi Komunikasi berdasarkan penelitian Howard Giles  Psikologi Sosial dan Identitas Sosial  Asumsi  Cara."— Transcript presentasi:

1 akomodasi_komunikasi_joice cs 1 Teori Akomodasi Komunikasi berdasarkan penelitian Howard Giles  Psikologi Sosial dan Identitas Sosial  Asumsi  Cara Beradaptasi

2 akomodasi_komunikasi_joice cs 2 Sekilas Teori Teori ini mempertimbangkan motivasi dan konsekuensi yang mendasari apa yang terjadi ketika dua pembicara menyesuaikan gaya komunikasi mereka. Teori ini mempertimbangkan motivasi dan konsekuensi yang mendasari apa yang terjadi ketika dua pembicara menyesuaikan gaya komunikasi mereka. Selama peristiwa komunikasi, orang akan berusaha untuk mengakomodasi atau menyesuaikan gaya berbicara mereka dengan orang lain. Selama peristiwa komunikasi, orang akan berusaha untuk mengakomodasi atau menyesuaikan gaya berbicara mereka dengan orang lain. Ini terutama dilakukan dalam dua cara: divergensi dan konvergensi. Ini terutama dilakukan dalam dua cara: divergensi dan konvergensi.

3 akomodasi_komunikasi_joice cs 3 Sekilas Teori Kelompok-kelompok dengan kebanggaan budaya yang kuat sering kali mengunakan divergensi untuk menekankan identitas kelompok. Kelompok-kelompok dengan kebanggaan budaya yang kuat sering kali mengunakan divergensi untuk menekankan identitas kelompok. Konvergensi terjadi ketika terdapat kebutuhan yang besar akan persetujuan sosial, sering kali dari individu-individu yang tidak memiliki kekuasaan. Konvergensi terjadi ketika terdapat kebutuhan yang besar akan persetujuan sosial, sering kali dari individu-individu yang tidak memiliki kekuasaan.

4 akomodasi_komunikasi_joice cs 4 Sekilas Teori Communication Accomodation Theory dikembangkan Howard Giles, berpijak pada premis bahwa ketika pembicara berinteraksi mereka menyesuaikan pembicaraan, pola vokal, dan/atau tindak-tanduk mereka untuk mengakomodasi orang lain. Communication Accomodation Theory dikembangkan Howard Giles, berpijak pada premis bahwa ketika pembicara berinteraksi mereka menyesuaikan pembicaraan, pola vokal, dan/atau tindak-tanduk mereka untuk mengakomodasi orang lain. Berbagai alasan akomodasi, sepertimemancing persetujuan dari pendengarnya, ingin mencapai efisiensi komunikasi, dan ingin mempertahankan identitas sosial yang positif. Berbagai alasan akomodasi, sepertimemancing persetujuan dari pendengarnya, ingin mencapai efisiensi komunikasi, dan ingin mempertahankan identitas sosial yang positif.

5 akomodasi_komunikasi_joice cs 5 Sekilas Teori Accomodation didefinisikan sebagai kemampuan untuk menyesuaikan, memodifikasi, atau mengatur perilaku seseorang dalam responsnya terhadap orang lain. Accomodation didefinisikan sebagai kemampuan untuk menyesuaikan, memodifikasi, atau mengatur perilaku seseorang dalam responsnya terhadap orang lain. Akomodasi biasanya dilakukn secara tidak sadar. Akomodasi biasanya dilakukn secara tidak sadar. Kita cenderung memiliki naskah kognitif internal yang kita gunakan ketika kita berbicara dengan orang lain. Kita cenderung memiliki naskah kognitif internal yang kita gunakan ketika kita berbicara dengan orang lain.

6 akomodasi_komunikasi_joice cs 6 Psikologi Sosial dan Identitas Sosial Dalam bidang psikologi sosial, banyak berkaitan secara langsung pada bagaimana orang mencari makna dalam perilaku orang lain dan bagaimana makna ini mempengaruhi interaksi selanjutnya dengan orang lain. Dalam bidang psikologi sosial, banyak berkaitan secara langsung pada bagaimana orang mencari makna dalam perilaku orang lain dan bagaimana makna ini mempengaruhi interaksi selanjutnya dengan orang lain. Salah satu konsep utama dalam psikologi sosial adalah identitas. Salah satu konsep utama dalam psikologi sosial adalah identitas.

7 akomodasi_komunikasi_joice cs 7 Psikologi Sosial dan Identitas Sosial Social Identity Theory: berpendapat bahwa identitas sosial seseorang ditentukan oleh kelompok di mana ia tergabung. Social Identity Theory: berpendapat bahwa identitas sosial seseorang ditentukan oleh kelompok di mana ia tergabung. Orang termotivasi untuk bergabung dengan kelompok yang paling menarik dan/atau memberikan keuntungan bagi kelompok di mana ia tergabung (in- group). Orang termotivasi untuk bergabung dengan kelompok yang paling menarik dan/atau memberikan keuntungan bagi kelompok di mana ia tergabung (in- group).

8 akomodasi_komunikasi_joice cs 8 Psikologi Sosial dan Identitas Sosial In-groups: kelompok di mana orang merasa bahwa itu adalah tempatnya. In-groups: kelompok di mana orang merasa bahwa itu adalah tempatnya. Out-groups: kelompok di mana orang merasa bahwa itu bukan tempatnya. Out-groups: kelompok di mana orang merasa bahwa itu bukan tempatnya. Giles merasa bahwa kita mengakomodasi tidah kanya orang lain yang tertentu (specific others) melainkan juga pada ereka yang kita pandang sebagai anggota dari kelompok lain. Giles merasa bahwa kita mengakomodasi tidah kanya orang lain yang tertentu (specific others) melainkan juga pada ereka yang kita pandang sebagai anggota dari kelompok lain.

9 akomodasi_komunikasi_joice cs 9 Asumsi Persamaan dan perbedaan berbicara dan perilaku terdapat di dalam semua percakapan. Persamaan dan perbedaan berbicara dan perilaku terdapat di dalam semua percakapan. Cara di mana kita mempersepsikan tuturan dan perilaku orang lain akn menentukan bagaimana kita mengevaluasi sebuah percakapan. Cara di mana kita mempersepsikan tuturan dan perilaku orang lain akn menentukan bagaimana kita mengevaluasi sebuah percakapan. Bahasa dan perilaku memberikan informasi mengenai status sosial dan keanggotaan kelompok. Bahasa dan perilaku memberikan informasi mengenai status sosial dan keanggotaan kelompok. Akomodasi bervariasi dalam hal tingkat kesesuaian, dan norma mengarahkan proses akomodasi. Akomodasi bervariasi dalam hal tingkat kesesuaian, dan norma mengarahkan proses akomodasi.

10 akomodasi_komunikasi_joice cs 10 Cara Beradaptasi  Convergence: melebur pandangan. Strategi di mana individu beradaptasi terhadap perilaku komunikatif satu sama lain. Strategi di mana individu beradaptasi terhadap perilaku komunikatif satu sama lain.  Divergence: hiduplah perbedaan. Strategi yang digunakan untuk menonjolkan perbedaan verbal dan nonverbal di antara para komunikator. Strategi yang digunakan untuk menonjolkan perbedaan verbal dan nonverbal di antara para komunikator.  Overaccomodation: miskomunikasi dengan tujuan. Mencoba melakukan secara berlebihan usaha-usaha dalam mengatur, memodifikasi, atau merespons orang lain. Mencoba melakukan secara berlebihan usaha-usaha dalam mengatur, memodifikasi, atau merespons orang lain.  Sensory overaccomodation  Dependency overaccomodation  Intergroup overaccomodation.

11 akomodasi_komunikasi_joice cs 11 Kritik Heurisme: kaya nilai heuristik. Heurisme: kaya nilai heuristik. Kemungkinan Pengujian: sedikit memunculkan kritik ilmiah. Kemungkinan Pengujian: sedikit memunculkan kritik ilmiah.


Download ppt "Akomodasi_komunikasi_joice cs 1 Teori Akomodasi Komunikasi berdasarkan penelitian Howard Giles  Psikologi Sosial dan Identitas Sosial  Asumsi  Cara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google