Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DOSEN: LIDIA EVELINA, MM Event Management Jurusan DKV, UMN 2010 1 Pemasaran Event Upayakan Benefit untuk semua pihak terkait dengan event. Profit bagi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DOSEN: LIDIA EVELINA, MM Event Management Jurusan DKV, UMN 2010 1 Pemasaran Event Upayakan Benefit untuk semua pihak terkait dengan event. Profit bagi."— Transcript presentasi:

1 DOSEN: LIDIA EVELINA, MM Event Management Jurusan DKV, UMN Pemasaran Event Upayakan Benefit untuk semua pihak terkait dengan event. Profit bagi pendukung kegiatan pemasaran, bisa berbentuk uang atau barang. Gunakan marketing agent untuk sebuah event yang besar. Lidia Evelina MM

2 Event Management Jurusan DKV, UMN Nilai jual dalam memasarkan event Tergantung dari bobot event itu sendiri, Keunikan event yang terlihat dari tema event itu. Kemudian juga orang menilai event dari skala event tersebut, bertaraf nasional, regional atau bahkan bertaraf Internasional. Di samping faktor-faktor pendukung yang turut pengaruh pula seperti program dan pengisi acara, lokasi dan waktu yang tepat. Perlu diperhatikan pula bahwa tolok ukur keberhasilan memasarkan event tergantung pada cara Event organizer memasarkannya. Diantaranya adalah peran media yang turut mempublikasikan.

3 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Unsur 3 E dalam Pemasaran Event 1. Entertainment (Hiburan) 2. Excitement (berkesan), 3. Enterprise (Berani berusaha dan mencoba)

4 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Entertainment (Hiburan) Kunci keberhasilan pemasaran event adalah mampu menyediakan hiburan yang menarik audiens untuk menarik audiens keluar rumah dan mencoba sesuatu yang tidak bisa mereka peroleh di rumah. Memancing minat mereka untuk hadir pada event kita.

5 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Excitement (berkesan), Setiap event harus dirancang untuk memberi kesan mendalam, dan harus menjadi bagian dalam pemasaran, misalnya kesan yang mendalam bagi peserta seminar dapat tercipta dengan terbukanya wawasan bahwa ada peluang kerja atau peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan yang bisa mereka ciptakan. Hadirnya mereka dalam event tersebut diharapkan mendapat pencerahan dari rutinitas keseharian mereka.

6 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Enterprise (Berani berusaha) Artinya kesiapan untuk menanggung risiko atau mencoba sesuatu yang belum pernah dicoba enegik dan inisiatif, inilah karakteristik para pionir pemasaran event. Event menuntut pengembangan akal, selalu mencari cara yang lebih imajinatif. Inilah kreatifitas dan inovasi yang harus selalu ada dalam event.

7 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Fokus Pemasaran Event 1. Untuk Peserta/Tenant untuk Event 2. Pengunjung 3. Sponsorship 4. Donatur

8 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Pemasaran dengan Launching Event Mengundang Para Wartawan dari berbagai Media Massa. Mengundang seluruh peserta dan semua yang akan terlibat pada Event tersebut Tempat: Umumnya bertempat di Hotel Waktunya: 2-3 bulan sebelum hari H. Tujuannya: untuk memberitahukan pada kalangan masyarakat dan menjajaki keinginan/demand dari kalangan masyarakat melalui masukan-masukan yang disampaikan pada pertemuan tersebut.

9 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Pemasaran dengan Kerjasama Dengan Organisasi profesi Dengan Media massa Dengan Lembaga Pemerintahan Dengan produsen untuk mendukung para dealer, agen atau distributor. Barter produk atau jasa dengan perusahaan. Dengan ormas lainnya.

10 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Pemasaran mencari Peserta/Exhibitor Data Base dari katalog, iklan media massa dll. Melalui organisasi, perkumpulan, asosiasi, instuisi, lembaga. Media massa yang sesuai dengan target dari event tersebut.

11 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Pemasaran untuk mendapatkan audiens/pengunjung Melalui organisasi, perkumpulan, asosiasi, instuisi, lembaga. Media massa yang sesuai dengan target dari event tersebut.

12 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Pemasaran Door To door Bentuk pemasaran yang paling kuno namun masih efektif di Indonesia karena peserta akan mendapatkan penjelasan lebih detail. Pemasaran ini digunakan untuk para peserta, donatur, sponsorship yang baru kenal dengan EO atau ingin tahu lebih banyak tentang eksistensi EO kita.

13 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Pemasaran dengan Tele marketing Dilakukan berdasarkan data base yang ada. Keuntungannya: Tidak banyak waktu yang tersita seperti pemasaran door to door. Tele marketing dilakukan karena para peserta, donatur, sponsorship sudah pernah kenal dengan EO kita.


Download ppt "DOSEN: LIDIA EVELINA, MM Event Management Jurusan DKV, UMN 2010 1 Pemasaran Event Upayakan Benefit untuk semua pihak terkait dengan event. Profit bagi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google