Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MM FEB UTM 2013 Manajemen Sumber Daya Manusia MM FEB UTM 2013 2–12–1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MM FEB UTM 2013 Manajemen Sumber Daya Manusia MM FEB UTM 2013 2–12–1."— Transcript presentasi:

1 MM FEB UTM 2013 Manajemen Sumber Daya Manusia MM FEB UTM –12–1

2 KRONOLOGIS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA FUNGSI PERUSAHAAN HUMAN MARKETING FINANCE OPERATIONAL RESOURCES © 2002 Southwestern College Publishing. All rights reserved. 2–22–2

3 FUNGSI MANAJEMEN TERIDIRI DARI: 1. PLANNING 2. ORGANIZING 3. ACTUATING 4. CONTROLING Fungsi manajemen tersebut digunakan untuk mengatur fungs-fungsi perusahaan. © 2002 Southwestern College Publishing. All rights reserved. 2–32–3

4 MM FEB UTM –42–4 Human Resource Management Human Resource Management  Adalah : Pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa dan pengelolaan individu anggota organisasi atau kelompok pekerja.  HRM termasuk desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kerja, kompensasi karyawan dan hubungan karyawan.

5 MM FEB UTM –52–5 Human Resources as a Core Competency  Strategic Human Resources Management –Strategi organisasi SDM untuk memenangkan atau mempertahakan keunggulan kompetitif terhadap lawannya (kompeteter).  Core Competency –Kemampuan yang unik yang dimiliki oleh organisasi yang dapat menciptakan nilai yang tinggi dan dapat membedakan suatu organisasi dari kompetisinya.

6 MM FEB UTM –62–6 HR-Based Core Competencies  Organizational Culture –Andil nilai dan kepercayaan pada tenaga kerja.  Productivity –Pengukuran kuantitas dan kualitas dari suatu pekerjaan, yang mempertimbangkan biaya penggunaan dari sumbernya. –Perbandingan dari input dan output yang mengindikasikan nilai tambah bagi suatu organisasi.  Quality Products and Services –Kualitas tinggi pada produk dan jasa merupakan hasil dari peningkatan SDM.

7 MM FEB UTM –72–7 Human Resource Planning  Human Resource (HR) Planning –Proses analisis dan identifikasi kebutuhan ketersediaan SDM sehingga organisasi dapat bertindak objektif.  HR Planning Responsibilities –Sumber daya tingkat atas mengumpulkan informasi dari para manager untuk digunakan dalam pengembangan proyeksi SDM dalam perencanaan strategi dan menentukan tujuan organisasi

8 MM FEB UTM –82–8 Factors That Determine HR Plans Factors That Determine HR Plans Figure 2–3

9 MM FEB UTM –92–9 Typical Division of HR Responsibilities in HR Planning Typical Division of HR Responsibilities in HR Planning Figure 2–5

10 MM FEB UTM –10 HR Planning Process HR Planning Process Figure 2–6

11 MM FEB UTM –11 HR Planning Process  HR Strategies –Digunakan untuk mengantisipasi dan mengatur supply of and demand dari SDM. Menyediakan cara menyeluruh untuk pengembangan dan pengaturan SDM. Overall Strategic Plan Human Resources Strategic Plan HR Activities

12 MM FEB UTM –12 Benefits of HR Planning  Pengambilan keputusan bisnis dari dimensi HR akan lebih baik.  Biaya HR yang lebih rendah.  Kebutuhan HR dapat diantisipasi.  Pengembangan yang lebih baik dari talenta managerial yang dimiliki karyawan.

13 MM FEB UTM –13 Scanning the External Environment  Environmental Scanning –Proses untuk mempelajari lingkungan organisasi untuk menganalisis peluang dan ancaman ekternal.  Environment Changes Impacting HR –Peraturan pemerintah –Kondisi ekonomi –Kondisi geografi dan persaingan (peta organisasi, tingkat pestaffan dan misi kelompok) –Komposisi angkatan kerja

14 MM FEB UTM –14 Internal Assessment of the Organizational Workforce  Auditing Jobs and Skills –Perkejaan apa yang ada saat ini ? –Berapa jumlah individu yang ada di setiap pekerjaan ? –Seberapa pentingnya pekerjaan itu? –Pekerjaan apa yang diperlukan untuk mengimplementasi strategi organisasi di masa datang ? –Karakteristik dari pekerjaan yang dibutuhkan ?

15 MM FEB UTM –15 Internal Assessment of the Organizational Workforce  Organizational Capabilities Inventory –HRIS databases— sumber informasi mengenai karyawan, yang meliputi pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan (knowledge, skills, and abilities) –Komponen kemampuan organisasi, yang meliputi: Pekerja secara menyeluruh dan invidual Jenjang karier Penilaian kerja karyawan.

16 MM FEB UTM –16 HRM dan STRATEGI BERSAING Terdapat 3 strategi bersaing yang dapat digunakan oleh organisasi untuk keunggulan kompetitif : – Strategi Inovasi – Strategi peningkatan kualitas – Strategi pengurangan biaya

17 MM FEB UTM –17 STRATEGI INOVASI  Digunakan untuk membuat produk atau jasa yang berbeda dari pesaing, terfokus pada penawaran sesuatu yang baru dan berbeda.  Karakteristik untuk strategi inovasi : –Interaksi dan koordinasi antar kelompok yang baik –Penilaian kinerja untuk pencapaian tujuan jangka panjang. –Pekerjaan yang memungkinkan karyawan untuk mengembangkan keahlian di posisi lain. –Kompensasi yang menekankan keadilan internal –Jalur karier yang lebar.

18 MM FEB UTM –18 STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS  Fokusnya pada peningkatan kualitas produk/jasa.  Karakteristik untuk strategi Peningk.Kualitas: –Deskripsi pekerjaan yang relatif tetap dan eksplisit. –Tingkat partisipasi karyawan yang relevan dengan kondisi kerja. –Penilaian kerja dalam jangka pendek dan orientasi hasil. –Keseragaman perlakuan pada karyawan. –Pelatihan dan pengembangan karyawan yang berkesinambungan.

19 MM FEB UTM –19 STRATEGI PENGURANGAN BIAYA  Fokus : menjadi produsen barang yang berbiaya paling murah.  Karakteristik strategi Pengur.Biaya : –Deskripsi pekerjaan relatif stabil dan eksplisit. –Jalur karier dirancang sempit, sehingga ada spesialisasi dan efisiensi. –Penilaian kinerja jangka pendek dan orientasi hasil. –Kompensasi yang menekankan pada pasar kerja –Tingkat pelatihan dan pengembangan karyawan yang minimal.

20 MM FEB UTM –20 PERTANYAAN UNTUK DISKUSI DAN LATIHAN  Jelaskan apa itu SDM dan bagaimana hubungannya dengan proses manajemen  Kembangkan sebuah daftar contoh yang memperlihatkan bagaimana praktik manajemen yang telah dibahas sudah atau belum diimplementasikan dalam keluasaan tertentu dalam suatu organisasi yang dapat diamati.  Peran SDM dalam membangun organisasi yang lebih tanggap  Apa yang dimaksud dengan manajemen sumber daya manusia strategik dan peran SDM dalam proses perencanaan strategik.

21 MM FEB UTM –21 KASUSKASUS Jack Nelson, seorang anggota baru dewan direktur perusahaan simpan pinjam diperkenalkan pada seluruh karyawan di gedung kantor. Ketika diperkenalkan dgn Ruth, dia menayakan tentang yang sedang dikerjakan Ruth dengan mesinnya, namun dijawab bahwa ia tidak mengetahui nama dan fungsi mesin tersebut karena baru bekerja selama 2 bulan, walaupun menurut penyelianya Ruth seorang karyawati yang unggul. Di kantor cabang, seorang penyelia menceritakan bahwa perputaran karyawannya sangat tinggi, dan kantor cabang berhak untuk mengganti dan menerima karyawan tanpa campur tangan kantor pusat. Setelah mengunjungi 22 cabang, Nelson bingung dengan apa yang dia hadapi, di satu sisi, perusahaan terlihat berjalan dengan baik, jumlah karyawan tumbuh dari 27 hingga 191 karyawan selama 8 tahun. Pertanyaan : 1. Menurut anda apa yang menyebabkan beberapa masalah di atas? 2. Fungsi spesifik apakah yang seharusnya dijalankan ?


Download ppt "MM FEB UTM 2013 Manajemen Sumber Daya Manusia MM FEB UTM 2013 2–12–1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google