Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Suparno Blog : Sistem Basis Data Implementasi Basis Data.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Suparno Blog : Sistem Basis Data Implementasi Basis Data."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Suparno Blog : Sistem Basis Data Implementasi Basis Data

2 Impelementasi Sistem Basis Data Merupakan tahap untuk membangun basis data fisik yang disimpan dalam media penyimpan (storage) sekunder (disk) dengan bantuan DBMS (Database Management System) yang kita pilih. Tahap ini diawali dengan melakukan transformasi dari model data yang telah selesai dibuat ke skema/struktur basis data sesuai dengan dengan DBMS.

3 Implementasi Sistem Basis Data Secara umum, sebuah ERD akan direpresentasikan menjadi sebuah basis data secara fisik. Sedangkan komponen yang berupa himpunan entitas dan himpunan relasi akan ditransformasikan menjadi tabel- tabel yang merupakan komponen utama pembentuk basis data.

4 Implementasi Sistem Basis Data Selanjutnya, atribut-atribut yang melekat pada masing-masing himpunan entitas dan himpunan relasi akan dinyatakan sebagai field-field dari tabel- tabel yang sesuai. Setelah tahap ini selesai dilakukan, akan segera diketahui bahwa kualitas dan bentuk perancangan basis data akan sangat berpengaruh terhadap cara dan performansi pemanfaatan basis data.

5 Performa Sistem Performansi sistem akan sangat tergantung pada dua hal : Struktur basis data yang diterapkan Cara akses (algoritma aplikasi) yang digunakan.

6 Performa Sistem Faktor eksternal yang berpengaruh signifikan : Kualitas mesin Platform implementasi yang dipilih Sistem operasi DBMS yang digunakan

7 Transformasi ke Basis Data Fisik Aturan umum dalam pemetaan Model Data (Level Konseptual Abstraksi Data) yang digambarkan dengan ERD menjadi Basis Data Fisik (Level Fisik Abstraksi Data) adalah: 1.Setiap himpunan entitas akan diimplemen- tasikan sebagai sebuah tabel (file data) 2.Relasi dengan derajat relasi 1:1 yang menghubungkan 2 buah himpunan entitas akan direpresentasikan dalam bentuk pe- leburan/penambahan atribut-atribut relasi ke tabel yang mewakili salah satu dari kedua himpunan entitas.

8 Transformasi ke Basis Data Fisik 3.Relasi dengan Derajat relasi 1-N yang menghubungkan 2 buah himpunan entitas, akan direpresentasikan dengan memberi/ mencantumkan atribut key dari himpunan entitas pertama (1) ke tabel yang mewakili himpunan entitas kedua (N). Atribut key dari himpunan entitas pertama ini menjadi atribut tambahan bagi himpunan entitas kedua

9 Transformasi ke Basis Data Fisik 4.Relasi dengan Derajat relasi N-N (banyak ke banyak) yang menghubungkan 2 buah himpunan entitas, akan diwujudkan dalam bentuk tabel (file data) khusus, yang memiliki field (foreign key) yang berasal dari key-key dari himpunan entitas yang dihubungkannya.

10 1. Entitas Menjadi Tabel NIMNama_MhsAlamatTg_Lahir Mahasiswa NIM Nama_Mhs Alamat Tg_Lahir Tabel Mahasiswa

11 2. Peleburan Atribut Di setiap relasi satu ke satu akan selalu ada dua pilihan peleburan relasi (dalam bentuk penyertaan atribut ke salah satu tabel). Dosen NiDos NmDos Alamat Jurusan KodeJur NamaJur Me- mimpin NiDos NmDosAlamat KodeJurNamaJurNiDos Tabel Jurusan Tabel Dosen

12 2. Peleburan Atribut Untuk menentukan pilihan yang tepat kita perlu melihat derajat relasi minimumnya. Setiap dosen hanya boleh memimpin satu jurusan, tetapi tidak semua dosen dapat memimpin suatu jurusan (jadi ada dosen-dosen yang tidak memimpin jurusan manapun). Dengan begitu derajat relasi minimumnya adalah 0 (nol). Sedang dari sisi jurusan : setiap jurusan hanya boleh dipimpin seorang dosen, tetapi tidak boleh ada jurusan yang tidak ada pimpinannya. Dengan demikian, derajat minimumnya adalah 1 (satu).

13 2. Peleburan Atribut Jika kondisinya demikian, maka yang paling tepat relasi Memimpin itu dileburkan ke tabel yang memiliki derajat minimum yang lebih besar, yaitu tabel jurusan. Jika pada sebuah relasi 1 : 1, derajat relasi minimumnya sama (sama-sama berderajat minimum 0 atau 1), maka relasi lebih baik dileburkan ke tabel yang jumlah row-nya lebih sedikit atau yang ukuran tabelnya diperkira- kan lebih kecil.

14 3. Penambahan Atribut Field yang ditambahkan NiDos, Ruang dan Waktu Dosen NiDos NmDos Alamat Mata_Kuliah SKS KodeMk NamaMk Me- ngajar NiDos NmDosAlamat KodeMkNamaMkSKSNiDosRuangWaktu Tabel Matakuliah Tabel Dosen KodeMk Ruang Waktu

15 Bagaimana ? Ada Pertanyaan ? Sampai Jumpa, Semoga Anda Sukses ! Komunikasi Lebih Lanjut Dapat Dilakukan Melalui atau Blog : Terima Kasih


Download ppt "Oleh : Suparno Blog : Sistem Basis Data Implementasi Basis Data."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google