Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ENKRIPSI DATA. Enkripsi Enkripsi merupakan aspek yang sangat penting dalam komunikasi data melalui komputer, sehingga kerahasiaan data tetap terjamin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ENKRIPSI DATA. Enkripsi Enkripsi merupakan aspek yang sangat penting dalam komunikasi data melalui komputer, sehingga kerahasiaan data tetap terjamin."— Transcript presentasi:

1 ENKRIPSI DATA

2 Enkripsi Enkripsi merupakan aspek yang sangat penting dalam komunikasi data melalui komputer, sehingga kerahasiaan data tetap terjamin. Enkripsi adalah sebuah proses yang mengubah suatu data menjadi kode yang tidak bisa dimengerti (tidak terbaca). Enkripsi berasal dari bahasa Yunani kryptos yang berarti rahasia atau tersebunyi. Cara Kerja Enkripsi Enkripsi digunakan untuk menyandikan data-data atau informasi sehingga tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak berhak. Dengan enkripsi, data kita disandikan (encrypted) dengan menggunakan sebuah kunci (key). Untuk membuka (men-decrypt) data tersebut, juga digunakan sebuah kunci yang dapat sama dengan kunci untuk mengenkripsi (privat key) atau dengan kunci yang berbeda (Public Key).

3 Kriptografi merupakan cara penggunaan enkripsi untuk menyembunyikan teks Kriptoanalis mempelajari enkripsi dan pesan terenkripsi dgn tujuan menemukan makna tersembunyi dari pesan Kriptografer bekerja secara legal,kriptoanalis bekerja untuk tujuan ilegal Kriptologi merupakan kegiatan penelitian dan kajian mengenai enkripsi dan dekripsi

4 Enkripsi menggunakan semacam algoritma untuk mengubah data atau pesan asli, yang disebut dengan plain text untuk menjadi cipertext, atau bentuk yang terenkripsi. Sebaliknya proses untuk mengubah ciphertext menjadi plaintext disebut dekripsi.

5

6 Model Enkripsi Enkripsi kunci pribadi (symmetric crptography) Pada kunci simetris, satu kunci yang sama digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi.

7  contoh  Caesar Cipher ; Enkripsi Caesar diambil dari nama Julius Caesar diambil dari nama Julius Caesar ( SM).  Yang digunakan oleh Julius Caesar. Pada prinsipnya setiap huruf digantikan dengan huruf yang berada 3 posisi dalam urutan alpabet. Plain/Huruf asli : a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z Chiper/Huruf sandi : d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z a b c

8 Misalnya kalimat "I Love You" dengan enkripsi Caesar akan menjadi " l oryh brx ". Enkripsi Caesar diambil dari nama Julius Caesar diambil dari nama Julius Caesar ( SM).

9 Aturan dari enkripsi Caesar adalah mengeser huruf sejumlah bilangan tertentu dengan pesan asli sehingga menjadi huruf lain. Pada contoh di atas, tiap-tiap huruf pada pesan asli digeser 3 huruf ke kanan.

10  ENIGMA CHIPER Suatu metode yang terkenal untuk konstribusinya pada perang dunia II bagi pihak Jerman, waktu itu dikembangkan suatu model pengkodeaan dengan mesin Enigma. Mesin ini mempunyai 3 motor yang menggantikan huruf dalam chiper dengan huruf dalam plaintext. Rotor ini akan berputar dan menghasilkan hubungan antara huruf yang satu dengan huruf yang lain, sehingga menampilkan berbagai substitusi sepersti pergeseran Caesar.

11

12  DES (data encrytion standard) DES, algoritma kriptogtafi simetris yang paling umum digunakan saat ini. DES bermula dari lucifer, enkripsi yang dikembangkan dulu di IBM. DES baru secara resmi digunakan pemerintah Amerika Serikat di tahun Ia dikenal sebagai Federal Information Processing Standard 46 (FIPS PUB46).

13 Keamanan dari enkripsi bergantung pada beberapa faktor *Algoritma enkripsi harus cukup kuat sehingga sulit untuk men-decript ciphertext dengan dasar ciphertext tersebut *, keamanan dari algoritma enkripsi bergantung pada kerahasiaan dari kuncinya bukan algoritmanya

14 Model enkripsi yang digunakan secara luas adalah model yang didasarkan pada Data Encryption Standard (DES) yang diambil oleh biro Standard National US pada tahun Untuk DES data enkripsi dalam 64 bit block dengan menggunakan 56 bit kunci. Dengan menggunakan kunci ini, 64 data input diubah menjadi suatu urutan dari metode menjadi 64 bit output. Proses yang sama digunakan untuk mengubah kembali enkrispi.

15 Enkripsi dengan Kunci Publik (Kunci Asimetris)  Pesan yang dienkrip menggunakan sebuah kunci hanya bisa dibuka menggunakan kunci pasangannya.  Pesan tidak bisa dibuka menggunakan kunci yang sama. Kunci yang pertama disebut kunci publik dan kunci pasangannya disebut kunci private.  Jadi sebuah pesan yang dienkrip menggunakan kunci publik hanya bisa dibuka menggunakan kunci private, dan demikian pula sebaliknya.

16  Proses enkripsi atau dekripsi tersebut hanya bisa dilakukan menggunakan pasangan kunci yang tepat,  Jika pasangan kuncinya salah, maka proses enkripsi atau dekripsi akan gagal.  Kunci publik di shares  Kunci private adalah kunci pribadi

17

18 Kelebihan Asimetris  Semua Orang hanya membutuhkan satu set kunci  Kunci private tidak perlu diketahui oleh pihak lain maka tidak akan pernah dikirim lewat jalur umum,

19 Konsep Fundamental Proses Enkripsi

20


Download ppt "ENKRIPSI DATA. Enkripsi Enkripsi merupakan aspek yang sangat penting dalam komunikasi data melalui komputer, sehingga kerahasiaan data tetap terjamin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google