Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BARRA RIZKI BAHARY, 4150406010 PENGAMANAN PESAN TEKS MENGGUNAKAN ALGORITMA ELGAMAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BARRA RIZKI BAHARY, 4150406010 PENGAMANAN PESAN TEKS MENGGUNAKAN ALGORITMA ELGAMAL."— Transcript presentasi:

1 BARRA RIZKI BAHARY, PENGAMANAN PESAN TEKS MENGGUNAKAN ALGORITMA ELGAMAL

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : BARRA RIZKI BAHARY - NIM : PRODI : Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - barra_caem pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dra. Kristina Wijayanti, M.S. - PEMBIMBING 2 : Isnarto, S,Pd, M.Si. - TGL UJIAN :

3 Judul PENGAMANAN PESAN TEKS MENGGUNAKAN ALGORITMA ELGAMAL

4 Abstrak Bahary, Barra Rizki Pengamanan Pesan Teks Menggunakan Algoritma ElGamal. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I : Dra. Kristina Wijayanti, M.S.; Dosen Pembimbing II: Isnarto, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Kriptografi, ElGamal, algoritma asimetris, masalah logaritma diskret, cipher block, enkripsi, dekripsi. Algoritma ElGamal merupakan algoritma kriptografi asimetris yang menggunakan dua jenis kunci, yaitu kunci publik dan kunci rahasia. Kunci publik berfungsi untuk mengenkripsi pesan sedangkan kunci rahasia berfungsi untuk mendekripsi pesan. Tingkat keamanan algoritma ini didasarkan atas masalah logaritma diskret pada grup pergandaan bilangan bulat modulo prima, ℤ p*={1,2,...,p-1}, dengan p bilangan prima yang dapat dibentuk kedalam p=2.q+1 dimana q juga merupakan bilangan prima. Bilangan p seperti itu disebut dengan bilangan prima aman. Apabila digunakan bilangan prima aman dan logaritma diskret yang besar, maka upaya untuk membongkar kunci rahasia akan menjadi lebih sulit. Algoritma ElGamal mempunyai kunci publik berupa urutan tiga bilangan dan sebuah bilangan sebagai kunci rahasia. Algoritma ElGamal merupakan cipher block, yaitu melakukan proses enkripsi pada blok-blok plaintext dan menghasilkan blok-blok ciphertext yang kemudian dilakukan proses dekripsi, dan hasilnya digabungkan kembali menjadi pesan yang utuh dan dapat dimengerti. Algoritma ElGamal terdiri dari tiga proses, yaitu proses pembentukan kunci, proses enkripsi dan proses dekripsi. Kelebihan algoritma ElGamal adalah suatu plaintext yang sama akan dienkripsi menjadi ciphertext yang berbeda-beda, tetapi pada proses dekripsi akan diperoleh plaintext yang sama. Pada skripsi ini pembahasan difokuskan pada pengaplikasian algoritma ElGamal dalam pengamanan pesan teks dan pengimplementasian algoritma ElGamal kedalam program sederhana menggunakan bahasa pemprograman pascal. Kajian tentang algoritma ElGamal masih dapat diperluas menjadi tanda tangan digital algoritma ElGamal. Fungsi dari tanda tangan digital ElGamal agar pesan yang sudah dikodekan dengan algoritma ElGamal tetap terjaga dari upaya manipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

5 Kata Kunci Kriptografi, ElGamal, algoritma asimetris, masalah logaritma diskret, cipher block, enkripsi, dekripsi.

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "BARRA RIZKI BAHARY, 4150406010 PENGAMANAN PESAN TEKS MENGGUNAKAN ALGORITMA ELGAMAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google