Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas PTI Kelompok 7 M. Fawaz Thoriq Abdurrokhman 13.230.00411P51 Stmik widya pratama pekalongan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas PTI Kelompok 7 M. Fawaz Thoriq Abdurrokhman 13.230.00411P51 Stmik widya pratama pekalongan."— Transcript presentasi:

1 Tugas PTI Kelompok 7 M. Fawaz Thoriq Abdurrokhman P51 Stmik widya pratama pekalongan

2 Telepon Satelit  Telepon satelit adalah suatu layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel ya ng menempatkan base transceiver station (BTS)nya di udara sehingga memiliki jangkauan lebih luas dibanding telepon berbasis GSM yang menempatkan BTS-nya di darat. Karena memiliki jangkauan yang luas, telepon satelit dapat digunakan di derah pegunungan, pedalaman hingga di tengah lautan. Berbeda dengan telepon GSM yang jangkauannya terbatas. Telepon satelit tidak menggunakan infrastruktur yang ada di bumi untuk melakukan panggilan. telekomunikasiteleponkabelbase transceiver station (BTS)GSM infrastrukturbumitelekomunikasiteleponkabelbase transceiver station (BTS)GSM infrastrukturbumi

3 Cara kerja telepon satelit  Cara kerja telepon satelit sesungguhnya mirip dengan telepon selular biasa. Jika telepon biasa memantulkan sinyalnya pada menara Base Tranceiver Station (BTS) dan kemudian diteruskan ke telepon lain, maka begitupula dengan telepon satelit. Bedanya, tentu saja, BTS telepon satelit ada di luar angkasa.  Ketika melakukan panggilan, telepon akan melakukan proses pencarian satelit terdekat dan mengirimkan informasi tersebut. Nah, satelit tersebut akan menerima dan mengirimkan panggilan ke mesin penerima di tanah yang paling dekat, dikenal sebagai gateway. Gateway inilah yang mencoba meneruskan panggilan. Dalam beberapa kasus (biasanya karena jarak yang membentang antara penelepon dan penerima), gateway tidak dapat langsung melacak dan meneruskan panggilan melalui jaringan telepon yang ada. Jika hal ini terjadi, ia akan mengrimkan kembali sinyal tadi ke satelit terdekat, yang kemudian diteruskan ke gateway lain yang memungkinkan untuk menerima panggilan. Hal ini bisa memakan waktu, tergantung seberapa besar jarak lokasi penelepon dan penerima.

4 fungsi dari telepon satelit  Sedangkan fungsi dari telepon satelit adalah berfungsi ketika telepon- telepon berjaringan GSM tidak berdaya – ingat soal BTS di luar angkasa tadi? Keuntungan lain adalah telepon jadi tidak mudah terputus oleh kendala cuaca dan bencana alam, dapat menjangkau daerah-daerah ekstrim seperti tengah hutan dan samudra, dapat menjangkau jarak yang jauh dalam waktu relatif singkat, serta secara fisik lebih kuat dan tahan terhadap guncangan.  Namun, telepon satelit bukannya tanpa cela. Kekurangan yang dimiliki oleh telepon ini antara lain: biaya operasional yang dikeluarkan operator telepon sangat besar - sehingga jumlah operator hanya sedikit, beban biaya yang dikenakan pada konsumen relatif tinggi, ukuran telepon relatif besar (ada yang beratnya mencapai dua kilogram), serta hanya dapat digunakan di luar ruangan (jangkauan satelit tidak dapat menembus ruangan, kecuali Anda memasang antena di tempat terbuka).


Download ppt "Tugas PTI Kelompok 7 M. Fawaz Thoriq Abdurrokhman 13.230.00411P51 Stmik widya pratama pekalongan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google