Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BENTUK KEAMANAN DENGAN MENGGUNAKAN PASSWORD. Password mempunyai peranan penting dalam mengamankan informasi-informasi yang sifatnya pribadi. Walaupun.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BENTUK KEAMANAN DENGAN MENGGUNAKAN PASSWORD. Password mempunyai peranan penting dalam mengamankan informasi-informasi yang sifatnya pribadi. Walaupun."— Transcript presentasi:

1 BENTUK KEAMANAN DENGAN MENGGUNAKAN PASSWORD

2 Password mempunyai peranan penting dalam mengamankan informasi-informasi yang sifatnya pribadi. Walaupun hanya terdiri dari angka dan huruf. kegunaannya sama seperti password, yaitu untuk mengamankan informasi. Informasi yang disimpan tersebut biasanya sudah berbentuk digital. Contoh : penggunaan password ATM,Credit card dan lain-lain.

3 Kartu Berpita Magnetik Kartu pengenal dengan selarik pita magnetik umumnya dikombinasi dengan password. User akan dapat login ke komputer bila memenuhi syarat, yaitu mempunyai kartu dan mengetahui password khusus untuk kartu tersebut. Sidik Jari ( Finger Print) Identifikasi fisik sidik jari atau sidik suara, analisis panjang jari, dsb. Analisis Tanda Tangan (Digital signature) Dengan menggunakan pena khusus, pemakai diharuskan untuk membuat tanda tangan. Dalam hal ini yang dibandingkan adalah arah gerakan dan tekanan pena saat user membuat tanda tangan.

4 Sinyal suara - Pada awalnya semua suara kita direkam terlebih dahulu - Diproses lalu hasilnya disimpan Retina mata - Pada awalnya mata kita direkam pola retinanya - Diproses lalu hasilnya disimpan Wajah Pada awalnya wajah direkam terlebih dahulu Diproses lalu hasilnya disimpan Bar code Berupa garis-garis Sering kali dipergunakan pada barang-barang yang dijual

5 Password lemah Banyak kebijakan yang membutuhkan batas minimal panjang password (password length), umumnya 4 karakter. Contoh : stiko atau STIKO Password kuat Banyak kebijakan yang membutuhkan batas minimal panjang password (password length), umumnya 6-8 karakter dan simbul. Contoh : stikom_bn, stikombn27 atau st1k0mbn7

6 Penggunaan huruf besar dan kecil (case sensitivity) Penyisipan satu atau beberapa digit angka Penyisipan karakter-karakter spesial, seperti %, $, ?, &, _ dll Larangan untuk penggunaan kata-kata yang ada pada kamus Larangan untuk penggunaan tanggal-tanggal yang memiliki makna

7 Tidak menggunakan account computer bersama orang lain Tidak menggunakan password yang sama untuk otentikasi yang berbeda Tidak memberitahukan password kepada orang lain Tidak menulis password disuatu tempat Tidak menginformasikan password lewat telepon, , dll Jangan lupa untuk melakukan logout sebelum meninggalkan komputer

8

9 1.Social engineering 2.Identity theft 3.Spyware dan trojans 4.Virus dan worm 5.Adware 6.Web exploits 7.Hacker attack 8.Wireless attack 9.Phising mail 10.Spam mail

10 Kebocoran informasi akibat kegiatan sosial ini kadang disengaja untuk maksud tertentu, namun lebih sering tidak disengaja akibat orang tersebut terpancing dalam suatu pembicaraan atau kegiatan atau argumen tertentu atau blackmail.

11 Identity theft atau pencurian informasi tentang identitas kita dapat dilakukan melalui komputer off- line, jaringan LAN dan internet maupun melalui transaksi-transaksi dikehidupan sehari-hari. Saat ini hipnotis dapat juga dimasukkan sebagai salah satu cara pencurian identitas. Motif pencurian identitas biasanya adalah uang, namun tidak tertutup kemungkinan motif lain yang bersifat pribadi, politik ataupun bisnis.

12 Spyware dan trojan horse adalah program komputer yang biasanya tanpa sengaja terinstal untuk melakukan perusakan, penyalinan dan/atau pengintipan aktifitas sebuah komputer, sehingga segala aktifitas kita saat menggunakan komputer dapat dipantau, di-copy atau didalangi dari tempat lain. Spyware dan trojans biasanya terinstal karena ketidak-telitian pengguna komputer saat meng-klik suatu pop-up atau browsing internet.

13 Virus dan worm adalah sebuah program komputer aktif yang biasanya tersembunyi dan membahayakan karena bersifat merusak komputer. Virus dapat menginfeksi program komputer lain dan/atau file data serta dapat terdistribusi ke komputer lain dengan membonceng pendistribusian file/program lain.

14 Adware adalah kependekan dari advertising software, yaitu sebuah program yang dibuat untuk mengiklankan sesuatu yang dapat secara otomatis tampil dalam web browser atau pop-up. Adware bisa ter-download tanpa sengaja bila kita tidak teliti saat meng-klik iklan yang tampil dalam sebuah pop-up.

15  Terkadang kita mendapati sebuah website yang didalamnya berisi kode-kode jahat (malicious codes) yang dapat mengeksploitasi lubang- lubang keamanan dalam sistem operasi dan program yang digunakan dalam komputer kita.

16  Hacker adalah seseorang atau beberapa orang yang ahli dan mengetahui seluk beluk komputer baik software, hardware, keamanan atau jaringannya.

17  seseorang dalam jangkauan area wireless tersebut dapat “mencuri” bandwidth kita. Bahkan orang tak dikenal tersebut dapat menjelajahi komputer dalam jaringan wireless tersebut, sebab orang tak dikenal itu berada “didalam” jaringan.

18  Phising mail adalah sebuah yang seolah- olah dikirim dari bank tempat kita menyimpan uang, dari situs tempat kita membeli barang secara on-line dan lain-lain yang mirip-mirip seperti itu.  Bila kita log-in kedalam situs gadungan tersebut maka situs itu akan mencuri username dan password yang akan merugikan kita.

19  Spam mail atau junk mail atau bulk mail biasanya berupa yang dikirim secara serentak ke beberapa alamat yang berisi pesan penawaran, tipuan dan lain-lain yang biasanya kurang berguna bagi penerimanya.

20 (a)jangan gunakan program yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal; (b)bacalah peringatan keamanan yang muncul sebelum meng- klik-nya; (c)gunakan password dengan benar; (d)gunakan program firewall, antivirus, antispyware, antispam yang baik dan selalu diperbaharui; (e)back-up file-file penting dalam sebuah media eksternal dan simpan ditempat yang aman; (f)berhati-hatilah saat meng-klik sebuah situs yang dirujuk dalam sebuah ; serta (g)gunakan sistem penyandian yang baik untuk melakukan koneksi wireless ataupun menyimpan dan mendistribusikan data.

21


Download ppt "BENTUK KEAMANAN DENGAN MENGGUNAKAN PASSWORD. Password mempunyai peranan penting dalam mengamankan informasi-informasi yang sifatnya pribadi. Walaupun."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google