Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Keamanan Sistem. 2 Kriptografi Dasar enkripsi cukup sederhana. Pengirim menjalankan fungsi enkripsi pada pesan plaintext, ciphertext yang dihasilkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Keamanan Sistem. 2 Kriptografi Dasar enkripsi cukup sederhana. Pengirim menjalankan fungsi enkripsi pada pesan plaintext, ciphertext yang dihasilkan."— Transcript presentasi:

1 1 Keamanan Sistem

2 2 Kriptografi Dasar enkripsi cukup sederhana. Pengirim menjalankan fungsi enkripsi pada pesan plaintext, ciphertext yang dihasilkan kemudian dikirimkan lewat jaringan, dan penerima menjalankan fungsi dekripsi (decryption) untuk mendapatkan plaintext semula. Proses enkripsi/dekripsi tergantung pada kunci (key) rahasia yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima. Ketika kunci dan enkripsi ini digunakan, sulit bagi penyadap untuk mematahkan ciphertext, sehingga komunikasi data antara pengirim dan penerima aman.

3 3 Password Pemakai memilih satu kata kode, mengingatnya dan mengetikkan saat akan mengakses sistem komputer. Saat diketikkan komputer tidak menampilkannya di layar. Teknik ini mempunyai kelemahan yg sangat banyak dan mudah ditembus. Pemakai cenderung memilih password yg mudah diingat.

4 4 Upaya untuk lebih mengamankan proteksi password, antara lain : 1. Salting 2. One-time password 3. Satu daftar panjang pertanyaan dan jawaban 4. Tantangan dan tanggapan (Chalenge- response)

5 5 Identifikasi Fisik Yaitu usaha memeriksa yg dimiliki pemakai, misalnya : 1. Kartu berpita magnetik 2. Sidik fisik 3. Analisis tanda tangan

6 6 Pembatasan Pembatasan dapat dilakukan sehingga memperkecil peluang penembusan oleh pemakai yg tidak diinginkan, yaitu : 1. Pembatasan login 2. Pembatasan dgn call-back 3. Pembatasan jumlah usaha login


Download ppt "1 Keamanan Sistem. 2 Kriptografi Dasar enkripsi cukup sederhana. Pengirim menjalankan fungsi enkripsi pada pesan plaintext, ciphertext yang dihasilkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google