Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

26 Tabungan, Investasi, dan Sistem Keuangan. Sistem Keuangan Sistem keuangan terdiri dari kelompok lembaga dalam perekonomian yang membantu untuk menyalurkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "26 Tabungan, Investasi, dan Sistem Keuangan. Sistem Keuangan Sistem keuangan terdiri dari kelompok lembaga dalam perekonomian yang membantu untuk menyalurkan."— Transcript presentasi:

1 26 Tabungan, Investasi, dan Sistem Keuangan

2 Sistem Keuangan Sistem keuangan terdiri dari kelompok lembaga dalam perekonomian yang membantu untuk menyalurkan tabungan seseorang menjadi investasi orang lain. Sistem keuangan memindahkan sumber daya ekonomi yang langka dari penabung ke peminjam.

3 INSTITUSI KEUANGAN DI EKONOMI U.S. Sistem keuangan terdiri dari lembaga-lembaga keuangan yang mengkoordinasikan tindakan penabung dan peminjam. Lembaga keuangan dapat dikelompokkan menjadi dua kategori yang berbeda: pasar keuangan dan perantara keuangan

4 INSTITUSI KEUANGAN DI EKONOMI U.S. Pasar Keuangan – Pasar Saham – Pasar Obligasi Lembaga – lembaga Perantara Keuangan – Banks – Reksa Dana

5 INSTITUSI KEUANGAN DI EKONOMI U.S. Pasar keuangan adalah lembaga yang melaluinya penabung langsung dapat memberikan dana kepada peminjam. Perantara keuangan adalah lembaga keuangan yang melaluinya penabung tidak langsung dapat memberikan dana kepada peminjam.

6 Pasar Keuangan Pasar Obligasi – Obligasi adalah sertifikat hutang yang menentukan kewajiban peminjam kepada pemegang obligasi. – Karakteristik Obligasi Jangka Waktu: :amanya waktu sampai obligasi jatuh tempo. Resiko Kredit: Kemungkinan peminjam akan tidak sanggup membayar sebagian bunga atau utang pokok Perlakuan Pajak : Cara Undang – undang pajak memperlakukan bunga yang diperoleh dari obligasi. – Obligasi daerah bebas dari pajak federal. IOU

7 Pasar Keuangan Pasar Saham – Saham remencerminkan kepemilikan suatu perusahaan sehingga mewakili hak atas sebagian keuntungan – Penjualan saham untuk mengumpulkan uang disebut pembiayaan ekuitas. Dibandingkan dengan obligasi, saham menawarkan baik risiko yang lebih tinggi dan hasil yang lebih tinggi. – Bursa efek yang paling penting di Amerika Serikat adalah New York Stock Exchange, American Stock Exchange, dan NASDAQ.

8 Pasar Keuangan Pasar Saham – Tabel saham pada surat kabar memberikan informasi berikut : Harga (saham) Volume (banyaknya saham yang dijual) Dividen (keuntungan yang dibayarkan kepada pemegang saham) Price-earnings ratio

9 Lembaga – lembaga Perantara Keuangan Lembaga Perantara Keuangan adalah lembaga keuangan yang melaluinya penabung tidak langsung dapat memberikan dana kepada peminjam.

10 Lembaga – lembaga Perantara Keuangan Bank – menerima simpanan dari orang-orang yang ingin menyimpan dan menggunakan simpanan untuk memberikan pinjaman kepada orang-orang yang ingin meminjam uang. – membayar bunga simpanan kepada penabung dan membeban bunga yang sedikit lebih tinggi kepada peminjam atas pinjaman mereka

11 Lembaga – lembaga Perantara Keuangan Bank – Bank membantu menciptakan alat tukar dengan memungkinkan orang untuk menulis cek atas deposito mereka. Alat tukar adalah barang yang dapat dengan mudah digunakan untuk melakukan transaksi. – Hal ini memfasilitasi pembelian barang dan jasa.

12 Lembaga – lembaga Perantara Keuangan Reksa Dana – Reksa Dana adalah sebuah lembaga yang menjual saham kepada publik dan menggunakan hasilnya untuk membeli portofolio saham dan obligasi Keuntungan utama dari reksa dana adalah orang – orang yang jumlah uangnya sedikit dapat melakukan diversivikasi.

13 Lembaga – lembaga Perantara Keuangan Lembaga Keuangan Lainnya - Serikat kredit - dana pensiun - Perusahaan asuransi - rentenir

14 TABUNGAN DAN INVESTASI DALAM PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL Ingatlah bahwa PDB adalah total pendapatan dalam suatu perekonomian dan pengeluaran total hasil barang dan jasa ekonomi: Y = C + I + G + NX

15 Beberapa Identitas Penting Asumsikan perekomian tertutup – perekonomian yang tidak berinteraksi dalam perdagangan internasional : Y = C + I + G

16 Beberapa Identitas Penting Sekarang, kurangkan C dan G dari kedua sisi persamaan : Y – C – G =I Sisi kiri dari persamaan adalah total pendapatan dalam perekonomian setelah membayar konsumsi dan belanja pemerintah dan disebut tabungan nasional, atau hanya tabungan (S).

17 Beberapa Identitas Penting Substitusikan S untuk Y - C - G, persamaan tersebut dapat ditulis sebagai : S = I

18 Beberapa Identitas Penting Tabunagn Nasional, atau tabungan, adalah sama dengan : S = I S = Y – C – G S = (Y – T – C) + (T – G) T: pajak

19 Makna Tabungan dan Investasi Tabungan Nasional – Tabungan Nasional adalah total pendapatan dalam ekonomi yang tersisa setelah dibayarkan untuk konsumsi dan pembelian yang dilakukan oleh pemerintah. Tabungan Swasta – Tabungan Swasta adalah tsisa penghasilan yang dimiliki oleh rumah tangga setelah membayar pajak dan konsumsi. Tabungan Swasta= (Y – T – C)

20 Makna Tabungan dan Investasi Tabungan Publik – Tabungan Publik adalah sisa pemasukan pajak yang dimiliki pemerintah setelah membayar belanja. Tabungan Publik = (T – G)

21 Makna Tabungan dan Investasi Surplus dan Defisit – Jika T > G, pemerintah mengalami surplus anggaran karena pemerintah menerima lebih banyak uang daripada yang dikeluarkannya. – Surplus dari T - G mencerminkan tabungan publik. – Jika G > T, pemerintah mengalami defisit anggaran karena pemerintah membelanjakn lebih banyak daripada uang yang diterimanya dari pemasukan pajak.

22 Makna Tabungan dan Investasi Untuk perekonomian secara keseluruhan, tabungan harus sama dengan investasi. S = I

23 PASAR DANA PINJAMAN. Pasar keuangan mengkoordinasikan tabungan perekonomian dan investasi di pasar untuk dana pinjaman.

24 PASAR DANA PINJAMAN Pasar Dana Pinjaman adalah pasar tempat dimana orang – orang yang ingin menyimpan memasok dana, sedangkan orang – orang yang ingin meminjam uang untuk investasi meminta dana mereka

25 PASAR DANA PINJAMAN Dana Pinjaman mengacu pada pendapatan semua orang yang telah memilih untuk menyimpan dan meminjamkan, daripada menggunakan untuk konsumsi mereka sendiri.

26 Permintaan dan Penawaran untuk Dana Pinjaman Penawaran dana pinjaman berasal dari orang- orang yang memiliki penghasilan tambahan yang ingin mereka ingin simpan dan pinjamkan. Permintaan terhadap dana pinjaman berasal dari rumah tangga dan perusahaan yang ingin meminjam untuk melakukan investasi.

27 Permintaan dan Penawaran untuk Dana Pinjaman Tingkat bunga adalah harga dari pinjaman Ini merupakan jumlah yang dibayar peminjam atas pinjaman dan jumlah yang diterima pemberi pinjaman pada tabungan mereka. Tingkat suku bunga di pasar untuk dana pinjaman adalah tingkat bunga riil.

28 Permintaan dan Penawaran untuk Dana Pinjaman Pasar keuangan bekerja seperti pasar lain dalam perekonomian. – Keseimbangan penawaran dan permintaan terhadap dana pinjaman menentukan tingkat bunga riil.

29 Figure 1 Pasar Dana Pinjaman Dana Pinjaman (in billions of dollars) 0 Tingkat Suku Bunga Supply Demand 5% $1,200 Copyright©2004 South-Western

30 Permintaan dan Penawaran untuk Dana Pinjaman Kebijakan Pemerintah Yang Mempengaruhi Tabungan dan Investasi – Pajak dan Tabungan – Pajak dan Investasi – Defisit Anggaran Pemerintah

31 Kebijakan 1: Insentif Tabungan Pajak atas pendapatan bunga secara substansial mengurangi hasil masa depan dari tabungan saat ini dan, sebagai akibatnya, mengurangi insentif untuk menyimpan.

32 Kebijakan 1: Insentif Tabungan Penurunan pajak meningkatkan insentif bagi rumah tangga untuk menghemat pada setiap tingkat bunga yang diberikan. – Kurva Penawaran dana pinjaman bergeser ke kanan. – Tingkat bunga ekuilibrium menurun. – Kuantitas dana pinjaman yang diminta meningkatkan.

33 Figure 2 Kenaikan Penawaran Dana Pinjaman Loanable Funds (in billions of dollars) 0 Interest Rate Supply,S1S1 S2S which reduces the equilibrium interest rate and raises the equilibrium quantity of loanable funds. Demand 1. Tax incentives for saving increase the supply of loanable funds... 5% $1,200 4% $1,600 Copyright©2004 South-Western

34 Kebijakan 1: Insentif Tabungan Jika perubahan dalam hukum pajak mendorong penyimpanan yang lebih besar, hasilnya adalah suku bunga yang lebih rendah dan investasi yang lebih besar.

35 Kebijakan 2: Insentif Investasi Sebuah kredit pajak investasi meningkatkan insentif untuk meminjam. – Meningkatkan permintaan untuk dana pinjaman. – Menggeser kurva permintaan ke kanan. – Menghasilkan tingkat bunga yang lebih tinggi dan kuantitas simpanan yang lebih besar.

36 Kebijakan 2: Insentif Investasi Jika perubahan dalam undang-undang pajak mendorong investasi yang lebih besar, hasilnya adalah suku bunga yang lebih tinggi dan tabungan yang lebih besar.

37 Figure 3 Kenaikan Permintan untuk Dana Pinjaman Loanable Funds (in billions of dollars) 0 Interest Rate 1. An investment tax credit increases the demand for loanable funds which raises the equilibrium interest rate and raises the equilibrium quantity of loanable funds. Supply Demand,D1D1 D2D2 5% $1,200 6% $1,400 Copyright©2004 South-Western

38 Kebijakan 3: Defisit dan Surplus Anggaran Pemerintah Ketika pemerintah mengeluarkan lebih banyak daripada menerima pendapatan pajak, maka pemerintah mengalami defisit anggaran. Akumulasi defisit anggaran masa lalu disebut utang pemerintah.

39 Kebijakan 3: Defisit dan Surplus Anggaran Pemerintah Pinjaman pemerintah untuk membiayai defisit anggaran mengurangi penawaran dana pinjaman yang tersedia untuk membiayai investasi yang dilakukan oleh rumah tangga dan perusahaan. Jatuhnya investasi ini disebut pembatasan paksa (crowding out). – Pinjaman untuk membiayai defisit anggaran mendesak para peminjam pribadi yang berusaha untuk mendanai investasi mereka.

40 Kebijakan 3: Defisit dan Surplus Anggaran Pemerintah Defisit Anggaran menurunkan penawaran dana pinjaman. – Menggeser kurva penawaran ke kiri. – Meningkatkan suku bunga ekuilibrium. – Menurunkan kuantitas dana pinjaman ekuilibrium.

41 Figure 4: Dampak Defisit Anggaran Pemerintah Loanable Funds (in billions of dollars) 0 Interest Rate and reduces the equilibrium quantity of loanable funds. S2S which raises the equilibrium interest rate... Supply,S1S1 Demand $1,200 5% $800 6% 1. A budget deficit decreases the supply of loanable funds... Copyright©2004 South-Western

42 Kebijakan 3: Defisit dan Surplus Anggaran Pemerintah Bila pemerintah menurunkan tabungan nasional dengan menjalankan defisit anggaran, tingkat suku bunga meningkat dan investasi turun.

43 Kebijakan 3: Defisit dan Surplus Anggaran Pemerintah Surplus anggaran meningkatkan penawaran dana pinjaman, mengurangi suku bunga dan menstimulasi investasi.

44 Figure 5 Hutang Pemerintah U.S. Percent of GDP Revolutionary War 2010 Civil War World War I World War II Copyright©2004 South-Western

45 Rangkuman Sistem keuangan yang matang disusun oleh banyaknya jenis lembaga keuangan, seperti pasar obligasi, pasar saham, bank, dan reksa dana. Semua lembaga ini bertindak untuk mengarahkan sumber daya rumah tangga yang ingin menyimpan sebagian dari penghasilan mereka kepada tangan rumah tangga dan perusahaan yang ingin meminjam.

46 Rangkuman Identitas akuntansi penghasilan nasional mengungkap beberapa hubungan penting antara variabel – variabel makro ekonomi. Secara khusus, untuk perekonomian tertutup, tabungan nasional harus sama dengan investasi. Lembaga keangan adalah mekanisme yang digunakan perekonomian untuk menyesuaikan tabungan seseorang dengan investasi orang lain.

47 Rangkuman Suku bunga ditentukan oleh penawaran dan permintaan dana pinjaman. Penawaran dana pinjaman berasal dari rumah tangga yang ingin menyimpan sebagian penghasilan mereka. Permintaan dana pinjaman berasal dari rumah tangga dan perusahaan yang ingin meminjam untuk investasi.

48 Rangkuman Tabungan Nasional sama dengan tabungan swasta dan tabungan publik. Defisit Anggaran pemerintah mencerminkan tabungan publik yang negatif dan, sehingg, mengurangi tabungan nasional dan penawaran dana pinjaman. Ketika defisit anggaran pemerintah mendesak investasi, peristiwa ini mengurangi pertumbuhan produkstivitas dan PDB.


Download ppt "26 Tabungan, Investasi, dan Sistem Keuangan. Sistem Keuangan Sistem keuangan terdiri dari kelompok lembaga dalam perekonomian yang membantu untuk menyalurkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google