Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Urban Renewal PEREMAJAAN KOTA DALAM PERANCANGAN KOTA SUBHAN RAMDLANI, ST., MT Jurusan Arsitektur UB, FTUB.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Urban Renewal PEREMAJAAN KOTA DALAM PERANCANGAN KOTA SUBHAN RAMDLANI, ST., MT Jurusan Arsitektur UB, FTUB."— Transcript presentasi:

1 Urban Renewal PEREMAJAAN KOTA DALAM PERANCANGAN KOTA SUBHAN RAMDLANI, ST., MT Jurusan Arsitektur UB, FTUB

2 Pengertian Penyebab Kategori

3 Pengertian  Upaya penataan kembali suatu kawasan tertentu di dalam kota dengan tujuan untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih memadai bagi kawasan tersebut sesuai dengan potensi nilai ekonomi yang dimiliki oleh lahan kawasan tersebut.

4 PENYEBAB KEMROSOTAN Tata letak lingkungan fisik secara keseluruhan tidak memungkinkan lagi dikembangkan/tidak sesuai lagi untuk menampung jenis kegiatan baru Tingkat pencapaian yang buruk serta tidak menguntungkan, ruang parkir minim yang menyebabkan kemacetan, organisasi ruang serta hubungan fungsional yang buruk dsb.

5  Kondisi bangunan/gedung sudah sangat buruk sehingga tidak layak pakai, tidak dapat melayani fungsinya dengan baik, tidak sehat serta tidak aman. PENYEBAB KEMROSOTAN Peruntukan lahan tidak sesuai lagi dengan status kawasan tersebut dalam konteks tata kota.

6 Jika dibiarkan… dampak negatif yang lebih luas Akan membawa dampak negatif yang lebih luas pada struktur kehidupan kota--- menurunnya kualitas lingkungan kota. Perlu revitalisasi… Akan memberikan vitalitas baru kepada kawasan tersebut agar kawasan tersebut dapat kembali menyumbang kontribusi yang spesifik pada kehidupan ekonomi kota.

7 KATEGORI PEREMAJAAN KOTA Tingkat perubahan kecil, PRESERVASI/KONSERVASI Tingkat perubahan sedang, REHABILITASI

8 Tingkat perubahan besar, REDEVELOPMENT Tingkat perubahan besar, REDEVELOPMENT

9 PERUBAHAN KECIL..  PRESERVASI  Upaya memelihara dan melestarikan monumen, bangunan atau lingkungan pada kondisinya yang ada dan mencegah terjadinya proses kerusakan.  Misal, pemugaran gedung kesenian jakarta Untuk melindungi bangunan dan lingkungan yang memiliki nilai sejarah dari kehancuran Biasa disertai dengan upaya restorasi, rehabilitasi/ rekonstruksi

10 KONSERVASI ▫ Upaya untuk memelihara suatu tempat sedemikian rupa sehingga makna dari tempat tersebut dapat dipertahankan. PERUBAHAN KECIL.. Tempat, kawasan bangunan dan lingkungan, komplek gedung dan lingkungan Makna, arti sejarah, budaya, tradisi, nilai keindahan, sosial, ekonomi, fungsi, iklim, dan fisik.

11 REHABILITASI ▫ Upaya untuk mengembalikan kondisi suatu unsur kawasan kota yang telah mengalami kerusakan, kemunduran, atau degradasi kepada kondisi aslinya sehingga dapat berfungsi kembali sebagaimana mestinya. ▫ Misal, Perbaikan sarana jalan, drainase, dsb PERUBAHAN SEDANG..

12  RENOVASI  Upaya untuk merubah sebagian/ beberapa bagian dari bangunan kuno (interior) agar bangunan tersebut dapat diadaptasikan untuk menampung fungsi baru (adaptive re-use) atau masih untuk fungsi sama namun persyaratan baru.  Misal, pembangunan hotel Grand Indonesia di lokasi Hotel Indonesia Jakarta sebagai hotel bersejarah. PERUBAHAN SEDANG..

13 RESTORASI ▫ Upaya mengembalikan kondisi suatu tempat (bangunan dan lingkungan) pada kondisi asalnya dengan menghilangkan tambahan-tambahan yang timbul serta mengadakan kembali unsur semula yang hilang tanpa menambah unsur baru. ▫ Misal, restorasi candi borobud ur PERUBAHAN SEDANG..

14  REKONSTRUKSI  Upaya mengembalikan kondisi atau membangun kembali suatu tempat (bangunan dan lingkungan) sedekat mungkin dengan wujud yang semula diketahui  Untuk mengadakan kembali, tempat-tempat yang telah rusak/hampir punah.  Misal,rekonstruksi kota Banten lama. PERUBAHAN SEDANG..

15 REDEVELOPMENT ▫ Pembangunan kembali kawasan kota dengan terlebih dahulu melakukan pembongkaran sapras dari sebagian/seluruh kawasan kota yang tidak dapat dipertahankan lagi kehadirannya ▫ Perubahan secara struktural dari peruntukan lahan, profil sosial, ekonomi, serta ketentuan-ketentuan pembangunan lainnya (intensitas pembangunan) ▫ Misal,  redelopment kawasan segitiga senen jakarta,  redevelopment kawasan Ngagel Surabaya PERUBAHAN BESAR..

16  SENTRIFIKASI  Upaya peningkatan vitalitas suatu kawasan kota melalui upaya peningkatan kualitas lingkungan, namun tanpa menimbulkan perubahan yang berarti dari struktur fisik kawasan.  Bertujuan memperbaiki ekonomi kawasan kota dengan mengandalkan kekuatan pasar dengan cara memanfaatkan sarana-prasarana yang ada. Misal, KIP (Kampung Improvement Project) Surabaya PERUBAHAN BESAR..

17  Renovasi, rehabilitasi, restorasi, dan sentrifikasi merupakan alat implementasi dari proses konservasi suatu tempat.  Misal, pelestarian Gedung Gubernur Jenderal—Museum Fatahillah summary..

18  Terima kasih


Download ppt "Urban Renewal PEREMAJAAN KOTA DALAM PERANCANGAN KOTA SUBHAN RAMDLANI, ST., MT Jurusan Arsitektur UB, FTUB."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google