Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Tujuan merupakan suatu pertanyaan tentang apa yang ingin diketahui atau ditentukan.  Bentuk dari tujuan tsb bisa berupa; ◦ Identifikasi karakteristik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Tujuan merupakan suatu pertanyaan tentang apa yang ingin diketahui atau ditentukan.  Bentuk dari tujuan tsb bisa berupa; ◦ Identifikasi karakteristik."— Transcript presentasi:

1

2  Tujuan merupakan suatu pertanyaan tentang apa yang ingin diketahui atau ditentukan.  Bentuk dari tujuan tsb bisa berupa; ◦ Identifikasi karakteristik variabel. ◦ Mendiskripsi suatu fenomena. ◦ Explorasi suatu fenomena. ◦ Penjelasan suatu fenomena. ◦ Prediksi terhadap fenomena.

3  Tujuan berkaitan dengan masalah yang dikemukakan pada bab terdahulunya, baik itu ditingkat regional, nasional ataupun ditingkat lokal.  Masalah yang dikemukakan sebaiknya masih relevan dengan keadaan saat ini, atau dimasa yang akan datang.

4  Tujuan Umum; ◦ Merupakan rangkuman dari keseluruhan tujuan khusus. ◦ Bersifat ideal.  Tujuan khusus; ◦ Uraian dari berbagai hal yang ingin diketahui, pada penelitian yang akan dilakukan. ◦ Bersifat objektif.

5  Tujuan Khusus harus memenuhi kriteria tertentu, yaitu;  Variabel yang ingin diketahui harus jelas.  Variabel tersebut bisa terukur pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan.  Variabel tsb bisa diukur dengan menggunakan alat ukur yang representatif.  Bisa diketahuinya karakteristik responden yg memiliki variabel tsb.  Bisa diketahuinya faktor-faktor yang berhubungan dengan variabel tsb.

6  Judul penelitian.  Faktor-faktor yang berhubungan dengan Abortus di Rumahsakit Umum Tangerang tahun  Tujuan penelitian.  Tujuan umum. Meningkatkan kesehatan ibu hamil, dengan menghindari hal-hal yg berhubungan dengan timbulnya Abortus.

7  Tujuan khusus. 1.Diketahuinya Prevalensi Abortus di RSU Tangerang tahun Diketahuinya Karakteristik responden. 1.Umur. 2.Pendidikan. 3.Pekerjaan. 3.Diketahuinya faktor-faktor yang berhubungan dengan Abortus. 1.Trauma. 2.Riwayat Abortus. 3.Hypertensi.

8  Menetapkan tujuan akan jadi lebih mudah seandainya saudara sudah membuat kerangka konsep penelitian terlebih dahulu.  Contoh. ABORTUS. Karakteristik Responden 1.Umur. 2.Pendidikan 3.Pekerjaan Faktor risiko. 1.Trauma. 2.Riwayat Abortus 3.hypertensi

9  Perlu diingat bahwa Kesimpulan penelitian merupakan jawaban atas Tujuan penelitian, terutama menjawab Tujuan Khusus.  Jadi bila terdapat N item pada tujuan khusus maka akan terdapat N item pada Kesimpulan, sebaiknya dengan urutan yang sama.

10  Saudara mau meneliti ibu yg lahir dengan penyulit di RSU kota A, tahun  Buatlah judul penelitian saudara ?

11  Buatlah contoh Tujuan umum.  Buatlah contoh Tujuan khusus.

12 A. Apakah tujuan umum penelitian tsb sudah memperlihatkan suatu yg ideal sebagai dampak penelitian? B. Tujuan khusus nomor. 1. Menilai prevalensi variabel dipenden? 2. Menilai Risiko Prevalens dari 1.Kelompok Umur? 2.Kelompok Pendidikan? 3.Kelompok Pekerjaan? 4.Kelompok Karakteristik Responden lainnya?

13 3. Menilai hasil analisa bivariat dari, a. variabel indipenden no.1? b. variabel indipenden no.2? c. variabel indipenden no.3? d. dst

14  Pertanyaan tsb sudah saudara bisa jawab dengan benar.  Selamat saudara sudah bisa membuat Tujuan umum & Tujuan Khusus penelitian.


Download ppt " Tujuan merupakan suatu pertanyaan tentang apa yang ingin diketahui atau ditentukan.  Bentuk dari tujuan tsb bisa berupa; ◦ Identifikasi karakteristik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google