Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Worldview & Intercultural Communication Memahami worldview membuat kita lebih akurat dalam memprediksi perilaku dan motivasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Worldview & Intercultural Communication Memahami worldview membuat kita lebih akurat dalam memprediksi perilaku dan motivasi."— Transcript presentasi:

1 Worldview & Intercultural Communication Memahami worldview membuat kita lebih akurat dalam memprediksi perilaku dan motivasi.

2 DEFINISI WORLDVIEW Salah satu lensa yang digunakan untuk melihat realitas dan keseluruhan dunia (Paige & Martin, 1996). Definisi dari realitas (Cosner, Nock, Steffan, & Rhea, 1987). Totalitas keyakinan yang tersistematis mengenai dunia (Helve, 1991)

3 Orientasi budaya mengenai Tuhan, kemanusiaan, alam, pertanyaan tentang eksistensi, kehidupan, kematian, penderitaan dan permasalahan filosofis lain yang mempengaruhi penganutnya di dalam melihat dunia (Samovar, Porter, & Stevani, 1998) Worldview menjelaskan tentang bagaimana dan mengapa segala hal berlaku dan berjalan seperti apa adanya. Worldview membekali manusia penganutnya untuk melakukan penyesuaian sesuai kondisi lingkungan yang dihadapinya.

4 ELEMEN-ELEMEN WORLDVIEW (1) Apa yang terdapat dalam worldview ? Menurut Redfield (1953) : –The self (sang diri) atau aktor utama dalam penggung kehidupan manusia. –The others, yang lain di luar sang diri. –Other people (orang lain), kumpulan orang banyak yang tak dikenali. –Perbedaan antara pria dan perempuan. –Perbedaan antara “kita” dan “mereka”.

5 Perbedaan antara apa yang manusiawi dan apa yang bukan. Hal gaib (yang tak terlihat), kekuatan, dan dasar/prinsip. Binatang. Konsep sifat manusia. Orientasi ruang. Orientasi waktu. Ide tentang kelahira dan kematian.

6 ELEMEN-ELEMEN WORLDVIEW (2) Apa yang terdapat dalam worldview ? Menurut Pennington (1985) : –Keyakinan budaya dominan dan sikap atas posisi manusia dalam alam semesta dan masyarakat. –Pola umum mengenai hubungan antara manusia dan alam. –Hubungan antara manusia dan mahluk tertinggi menurut budaya.

7 Kekuasaan mahluk tertinggi atas kehidupan dan peristiwa. Sifat manusia atas kerjasama dan persaingan. Ekspresi manusia atas apa yang diyakininya. Kepercayaan manusia atas hal supranatural. Pola hidup sebagai bagian dari kelompok. Cara kelompok melakukan ritual, ibadah, dan berbagai upacara lain.

8 PEMBENTUK WORLDVIEW (1) Worldview adalah hal yang implisit (tersembunyi), dinyatakan namun tidak diekspresikan secara verbal. Worldview terbnetuk sejak masa kecil. Pembentuk worldview menurut Helve : –Perkembangan kognitif –Belajar sosial –Sosialisasi

9 PEMBENTUK WORLDVIEW (2) Rubin & Peplau (1975) : –Orang tua –Aturan agama –Aturan sekolah

10 TIPE WORLDVIEV Menurut Helve (1991) ; Scientific worldview Metaphysical worldview---Gabungan antara sebagian tradisi agama, dongeng turun temurun, dan ciptaan media massa. Religious worldview---Apa yang dipercayai manusia akan berbeda-beda, tergantung dari perspektif agamanya.

11 UNDERSTANDING DIVERSITY Memahami Perbedaan

12 Hal yang harus dilakukan untuk berinteraksi dengan orang dari budaya lain : Mengetahui budaya yang dimiliki orang tersebut. Menghormati perbedaan budaya yang mereka miliki.


Download ppt "Worldview & Intercultural Communication Memahami worldview membuat kita lebih akurat dalam memprediksi perilaku dan motivasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google