Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GEOSTRATEGI INDONESIA Setiap bangsa dan negara mempertahankan keberadaannya dan untuk mewujudkan cita-cita serta tujuan nasionalnya perlu memiliki pemahaman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GEOSTRATEGI INDONESIA Setiap bangsa dan negara mempertahankan keberadaannya dan untuk mewujudkan cita-cita serta tujuan nasionalnya perlu memiliki pemahaman."— Transcript presentasi:

1 GEOSTRATEGI INDONESIA Setiap bangsa dan negara mempertahankan keberadaannya dan untuk mewujudkan cita-cita serta tujuan nasionalnya perlu memiliki pemahaman tentang geopolitik. Penerapan geopolitik diperlukan suatu strategi yang bersi fat nasional dan inilah yang disebut geostrategi. Mapping global strategy ke depan sangat diperlukan Indone sia yaitu Wawasan Nusantara sebagai konsep nasional. Se dang ilmu geopolitik mengenai persatuan dan kesatuan dlm berbagai bidang kehidupan sebagai perekat Bangsa Indone sia dalam kehidupan b – b – b.

2 Geostrategi Geostrategi diartikan sebagai metode atau aturan untuk mewujudkan cita-cita/tujuan melalui proses pembangu nan. Geostrategi memberikan arahan ttg bagaimana membuat strategi pembangunan melalui keputusan yg terukur untuk diwujudkan kepada masa depan yg lebih Baik, lebih aman dan bermartabat. Bagi Indonesia geostrategi sebagai metode untuk mewu Judkan cita-cita proklamasi seperti dimuat dalam Pembukaan UUD 45 melalui pembangunan nasional.

3 geostrategi Tujuan menjadi pedoman atau bahkan doktrin pembang unan dan hal ini lazim disebut sebagai suatu ketahanan nasional. Pada alinea ke ketiga dimuat …. Kemudian dari pada Itu untuk membentuk suatu pemerintahan Negara Indo nesia yg melindungi segenap bangsa Indonesia dan tum pah darah dan untuk memajukan kesejahteraan umum dst Berdasarkan pengertian itu maka berkembanglah geo- strategi Indonesia yg sangat terkait dengan hakikat ter bentuknya Bangsa Indonesia yg tdd berbagai etnis,

4 geostrategi ras, golongan agama bahkan terletak dalam teritorial yg terpisahkan pulau dan lautan. Hal tersebut berproses mengingat sejarah, nasib serta tujuan untuk mencapai martabat kehidupan yg lebih baik. Dengan perkataan lain, terbentuknya Bangsa Indo- nesia merupakan proses persatuan monopluralis.

5 Geostrategi Sehubungan dengan itu ada lima prinsip nasionalisme Indonesia adalah sbb 1. Kesatuan sejarah Bangsa Indonesia tumbuh dan berkembang dalam su atu proses sejarah, sejak zaman pra sejarah, Sriwija ya, Majapahit, Sumpah Pemuda sampai Proklamasi dan kemudian membentuk Bangsa dan Nega ra Indonesia.

6 Geostrategi 2. Kesatuan nasib Segenap unsur bangsa berada dalam suatu proses sejarah yg sama dan mengalami nasib yg sama yaitu dalam penderitaan penjajah dan kebahagiaan bersa- ma. 3. Kesatuan budaya Beraneka ragam kebudayaan tumbuh dan berkem- bang dan secara bersama-sama membentuk puncak kebudayaan nasional Indonesia.

7 Geostrategi 4. Kesatuan Wilayah Segenap unsur bangsaa Indonesia berdiam di sege- nap wilayah teritorial yg dalam wujud berbabagai pu- lau dengan lautannya namun merupakan satu kesa – tuan wilayah tumpah darah Bangsa Indonesia. 5. Kesatuan azas kerohanian Adanya kesatuan ide, tujuan dan nilai-nilai kerohanian yang secara keseluruhan tersimpul dalam dasar filoso fis Pancasila.

8 geostrategi Prinsip geostrategi yg dikembangkan oleh Rudolf Kjelle, Karl Haushoffer, Ratzel yg mengembangkan geostrategi demi kepentingan militer. Indonesia mengembangkan geostrategi dikembangkan demi tujuan bangsa dan negara yg bersifat mulia yaitu kesejahteraan dalam kehidupan bersama. Geostrategi Indonesia sebagai suatu cara dlm meman- faatkan segenap konstelasi geografi dalam menentu kan kebijakan untuk mencapai tujuan nasional berdasar kan asas kemanusiaan dan keadilan sosial.

9 Geostrategi Dengan demikian geostrategi Indonesia adalah meman- faatkan segenap kondisi geografi untuk tujuan politik dan ini dirinci dalam pembangunan nasional. Geostrategi itu diperlukan dan dikembangkan untuk me wujudkan dan mempertahankan integritas bangsa, wila yah meningat kemajemukan Indonesia serta sifat khas wilayah maka geostrategi dirumuskan dalam bentuk ketahanan nasional.


Download ppt "GEOSTRATEGI INDONESIA Setiap bangsa dan negara mempertahankan keberadaannya dan untuk mewujudkan cita-cita serta tujuan nasionalnya perlu memiliki pemahaman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google