Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UMI MASKHIYAH, 3351405087 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LUAS PENGUNGKAPAN SUKARELA LAPORAN TAHUNAN PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UMI MASKHIYAH, 3351405087 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LUAS PENGUNGKAPAN SUKARELA LAPORAN TAHUNAN PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI."— Transcript presentasi:

1 UMI MASKHIYAH, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LUAS PENGUNGKAPAN SUKARELA LAPORAN TAHUNAN PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2007

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : UMI MASKHIYAH - NIM : PRODI : Akuntansi - JURUSAN : Akuntansi - FAKULTAS : Ekonomi - kiya_cempluk pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Subowo, M.Si - PEMBIMBING 2 : Amir Mahmud, S.Pd., M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LUAS PENGUNGKAPAN SUKARELA LAPORAN TAHUNAN PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2007

4 Abstrak Tujuan penelitian ini adalah memberi gambaran tentang seberapa luas praktek pengungkapan sukarela yang dilaksanakan oleh perusahaan non keuangan yang telah go publik di Indonesia dan mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan likuiditas terhadap luas pengungkapan sukarela perusahaan non keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan non keuangan yang tercatat (Go publik) di Bursa Efek Indonesia (BEI) seperti yang tercantum dalam Indonesia Capital Market Directory (2007). Perusahaan non keuangan yang tercatat di BEI digunakan sebagai populasi, karena perusahaan tersebut mempunyai kewajiban untuk menyampaikan laporan tahunan kepada pihak luar perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian populasi sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan laporan tahunan yang tersedia. maka jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 106 buah perusahaan. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, menggunakan program SPSS for window release 12.0 Dari hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut Y = X X X X4. Secara simultan faktor- faktor ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas dan likuiditas berpengaruh positif terhadap luas pengungkapan sukarela. Pengaruh tersebut sebesar 28,0% sedangkan sisanya sebesar 72.0% di pengaruhi lain faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial hanya ukuran perusahaan dan profitabilitas yang berpengaruh secara signifikan terhadap luas pengungkapan sukarela. Simpulan dari penelitian ini yaitu praktek luas pengungkapan sukarela yang dilaksanakan oleh perusahaan non keuangan dapat dikatakan luas karena rata-rata pengungkapan sebesar 68.37%. faktor- faktor ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, likuiditas secara simultan mempengaruhi luas pengungkapan sukarela. Secara parsial hanya ukuran perusahaan dan profitabilitas yang berpengaruh secara signifikan terhadap luas pengungkapan sukarela. Faktorfaktor (X1), X2), (X3), dan (X4) memberikan kontribusi 28.0% dalam mempengaruhi perubahan luas pengungkapan sukarela, sedangkan 72.0% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Saran yang diberikan kepada para peneliti selanjutnya adalah dapat menambahkan atau menggunakan variabel lain yang sesuai dan mempengaruhi secara singnifikan luas pengungkapan sukarela pada perusahaan di Indonesia.

5 Kata Kunci Luas Pengungkapan Sukarela, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Likuiditas.

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "UMI MASKHIYAH, 3351405087 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LUAS PENGUNGKAPAN SUKARELA LAPORAN TAHUNAN PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google