Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Prtukaran_sos_joice cs 1 TEORI PERTUKARAN SOSIAL berdasarkan penelitian John Thibaut dan Harold Kelley Asumsi Evaluasi Sebuah Hubungan Pola Pertukaran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Prtukaran_sos_joice cs 1 TEORI PERTUKARAN SOSIAL berdasarkan penelitian John Thibaut dan Harold Kelley Asumsi Evaluasi Sebuah Hubungan Pola Pertukaran."— Transcript presentasi:

1 prtukaran_sos_joice cs 1 TEORI PERTUKARAN SOSIAL berdasarkan penelitian John Thibaut dan Harold Kelley Asumsi Evaluasi Sebuah Hubungan Pola Pertukaran Struktur Pertukaran

2 prtukaran_sos_joice cs2 Sekilas Teori Dorongan utama dalam hubungan interpersonal adalah kepuasan dari kepentingan pribadi dua orang yang terlibat. Dorongan utama dalam hubungan interpersonal adalah kepuasan dari kepentingan pribadi dua orang yang terlibat. Kepentingan pribadi tidak selalu dianggap buruk dan dapat digunakan untuk meningkatkan suatu hubungan. Kepentingan pribadi tidak selalu dianggap buruk dan dapat digunakan untuk meningkatkan suatu hubungan. Pertukaran interpersonal dianggap mirip dengan pertukaran ekonomis di mana orang merasa puas ketika mereka menerima kembalian yang sesuai untuk pengeluaran mereka. Pertukaran interpersonal dianggap mirip dengan pertukaran ekonomis di mana orang merasa puas ketika mereka menerima kembalian yang sesuai untuk pengeluaran mereka.

3 prtukaran_sos_joice cs3 Sekilas Teori Social Exchange Theory (SET) didasarkan pada ide bahwa orang memandang hubungan mereka dalam konteks ekonomi dan menghitung cost dan membandingkannya dengan reward yang didapatkan dengan meneruskan hubungan itu. Social Exchange Theory (SET) didasarkan pada ide bahwa orang memandang hubungan mereka dalam konteks ekonomi dan menghitung cost dan membandingkannya dengan reward yang didapatkan dengan meneruskan hubungan itu. Cost elemen dari sebuah hubungan yang memiliki nilai negatif bagi seseorang. Cost elemen dari sebuah hubungan yang memiliki nilai negatif bagi seseorang. Rewards: elemen-elemen dalam sebuah hubungan yang memiliki nilai positif. Rewards: elemen-elemen dalam sebuah hubungan yang memiliki nilai positif.

4 prtukaran_sos_joice cs4 Sekilas Teori Sudut pandang SET berpendapat bahwa orang menghitung nilai keseluruhan dari sebuah hubungan dengan mengurangkan cost-nya dari reward yang diterima. Sudut pandang SET berpendapat bahwa orang menghitung nilai keseluruhan dari sebuah hubungan dengan mengurangkan cost-nya dari reward yang diterima. SET juga memprediksikan bahwa worth dari sebuah hubungan akan mempengaruhi outcome atau apakah orang akan meneruskan suatu hubungan atau mengakhirinya. SET juga memprediksikan bahwa worth dari sebuah hubungan akan mempengaruhi outcome atau apakah orang akan meneruskan suatu hubungan atau mengakhirinya. worth = reward - cost

5 prtukaran_sos_joice cs5 Sekilas Teori Menurut John Thibaut dan Harold Kelley, setiap individu secara sukarela memasuki dan tinggal di dalam suatu hubungan hanya selama hubungan itu cukup memuaskan dalam hal reward dan cost (1959:37). Menurut John Thibaut dan Harold Kelley, setiap individu secara sukarela memasuki dan tinggal di dalam suatu hubungan hanya selama hubungan itu cukup memuaskan dalam hal reward dan cost (1959:37). Michael Roloff (1981) mendiskusikan lima teori khusus yang mempunyai argumen sentral yaitu bahwa dorongan penuntun dari hubungan interpersonal adalah kemajuan kepentingan pribadi dari kedua belah pihak. Michael Roloff (1981) mendiskusikan lima teori khusus yang mempunyai argumen sentral yaitu bahwa dorongan penuntun dari hubungan interpersonal adalah kemajuan kepentingan pribadi dari kedua belah pihak.

6 prtukaran_sos_joice cs6 Asumsi  Manusia mencari reward dan menghindari punishment.  Manusia adalah makhluk rasional.  Standar yang digunakan manusia untuk mengevaluasi cost dan reward bervariasi seiring berjalannya waktu dan dari satu orang ke orang lainnya.

7 prtukaran_sos_joice cs7 Asumsi  Manusia mencari reward dan menghindari punishment.  Perilaku orang dimotivasi oleh suatu mekanisme dorongan internal.  “Diberi reward berarti bahwa seseorang telah mengalami pengurangan dorongan atau dengan kata lain pemenuhan kebutuhan.”

8 prtukaran_sos_joice cs8 Asumsi  Manusia adalah makhluk rasional.  Di dalam batasan-batasan informasi yang tersedia untuknya, manusia akan menghitung cost and reward dari sebuah situasi tertentu dan ini akan menuntun perilakunya.  Manusia menggunakan pemikiran rasional untuk membuat pilihan.

9 prtukaran_sos_joice cs9 Asumsi  Standar yang digunakan manusia untuk mengevaluasi cost dan reward bervariasi seiring berjalannya waktu dan dari satu orang ke orang lainnya.  Teori ini harus mempertimbangkan adanya keanekaragaman.  Tidak ada satu standar yang dapat diterapkan pada semua orang untuk menentukan apa cost dan apa reward itu.

10 prtukaran_sos_joice cs10 Asumsi Asumsi-asumsi mengenai sifat dasar dari suatu hubungan adalah sebagai berikut: Asumsi-asumsi mengenai sifat dasar dari suatu hubungan adalah sebagai berikut:  Hubungan memiliki sifat saling ketergantungan.  Kehidupan berhubungan adalah sebuah proses.

11 prtukaran_sos_joice cs11 Asumsi  Hubungan memiliki sifat saling ketergantungan. Thibaut dan Kelley menyusun prinsip-prinsip yang mereka sebut sebagai game theory, diilustrasikan dalam Prisoner’s Dilemma. Thibaut dan Kelley menyusun prinsip-prinsip yang mereka sebut sebagai game theory, diilustrasikan dalam Prisoner’s Dilemma. Social Exchange merupakan fungsi saling ketergantungan. Social Exchange merupakan fungsi saling ketergantungan.

12 prtukaran_sos_joice cs12 Asumsi

13 prtukaran_sos_joice cs13 Asumsi  Kehidupan berhubungan adalah sebuah proses. Dalam kehidupan suatu hubungan waktu dan perubahan merupakan hal yang penting. Dalam kehidupan suatu hubungan waktu dan perubahan merupakan hal yang penting. Waktu mempengaruhi pertukaran karena pengalaman-pengalaman masa lalu menuntun penilaian mengenai cost dan reward. Waktu mempengaruhi pertukaran karena pengalaman-pengalaman masa lalu menuntun penilaian mengenai cost dan reward. Hubungan selalu berubah dan berevolusi. Hubungan selalu berubah dan berevolusi.

14 prtukaran_sos_joice cs14 Evaluasi Sebuah Hubungan: Mengapa Bertahan atau Pergi

15 prtukaran_sos_joice cs15 Evaluasi Sebuah Hubungan: Mengapa Bertahan atau Pergi Comparison Level (CL) adalah standar bagi yang mewakili perasaan orang mengenai apa yang mereka harus terima dalam hal reward and cost of relationship. Comparison Level (CL) adalah standar bagi yang mewakili perasaan orang mengenai apa yang mereka harus terima dalam hal reward and cost of relationship. Comparison Level for Alternatives (CL alt ) bagaimana orang mengevaluasi suatu hubungan berdasarkan alternatif-alternatif apa yang mereka miliki dari sebuah hubungan. Comparison Level for Alternatives (CL alt ) bagaimana orang mengevaluasi suatu hubungan berdasarkan alternatif-alternatif apa yang mereka miliki dari sebuah hubungan.

16 prtukaran_sos_joice cs16 Evaluasi Sebuah Hubungan: Mengapa Bertahan atau Pergi Relative Value of Outcome, CL, CL alt State of The Relationship CL alt Outcome > CL > CL alt Satisfying, Stable, Dependent CL alt Outcome > CL alt > CL Satisfying, Stable, Nondependent CL alt CL alt > CL > Outcome Not Satisfying, Break relationship, Happy elsewhere CL alt CL alt > Outcome > CL Satisfying, Unstable, Happier elsewhere CL alt CL > CL alt > Outcome Not satisfying, Break relationship, Continue unhappy CL alt CL > Outcome > CL alt Highly unsatisfying, Can’t breakaway, Dependent and unhappy

17 prtukaran_sos_joice cs17 Pola Pertukaran: SET dalam Praktik Thibaut dan Kelley menyatakan bahwa ketika orang berinteraksi, mereka dituntun oleh tujuan, sehingga mereka terlibat dalam behavioral sequence. Thibaut dan Kelley menyatakan bahwa ketika orang berinteraksi, mereka dituntun oleh tujuan, sehingga mereka terlibat dalam behavioral sequence. Saling ketergantungan memunculkan konsep power, yaitu ketergantungan seseorang terhadap yang lain untuk mencapai hasil akhir. Saling ketergantungan memunculkan konsep power, yaitu ketergantungan seseorang terhadap yang lain untuk mencapai hasil akhir.

18 prtukaran_sos_joice cs18 Pola Pertukaran: SET dalam Praktik Ada dua jenis kekuasaan dalam teori ini: Ada dua jenis kekuasaan dalam teori ini:  Fate Control: kemampuan untuk mempengaruhi hasil akhir pasangan.  Behavior Control: kemampuan untuk melakukan perubahan perilaku orang alin dengan mengubah perilaku sendiri.  Orang mengembangkan pola-pola pertukaran untuk mengadapi perbedaan kekuasaan dan untuk mengatasi cost yang diasosiasikan dengan penggunaan kekuasaan.

19 prtukaran_sos_joice cs19 Pola Pertukaran: SET dalam Praktik Ilustrasi matriks: Ilustrasi matriks:  Given Matrix: merepresentasikan pilihan-pilihan perilaku dan hasil akhir yang ditentukan oleh kombinasi dari faktor-faktor external dan internal.  Effective Matrix: merepresentasikan perluasan dari perilaku alternatif dan/atau hasil akhir yang akan menentukan pilihan perilaku dalam social exchange.  Dispositional Matrix: merepresentasikan bagaimana dua orang berpendapat bahwa mereka harus saling bertukar reward.

20 prtukaran_sos_joice cs20 Struktur Pertukaran  Direct Exchange: pertukaran di mana dua orang saling berbalas cost dan reward.  Generalized Exchange: pertukaran di mana timbal balik yang terjadi melibatkan jaringan sosial dan tidak terbatas pada dua individu.  Productive Exchange: pertukaran di mana kedua belah pihak mengalami cost dan mendapatkan benefit secara simultan.

21 prtukaran_sos_joice cs21 Struktur Pertukaran AB Pertukaran Langsung AB C Pertukaran Tergeneralisasi AB A Pertukaran Produktif B

22 prtukaran_sos_joice cs22 Kritik Pengujian: Teori ini tidak dapat diuji. Pengujian: Teori ini tidak dapat diuji. Kegunaan: Dianggap tidak berguna, karena melihat manusia sebagai kalkulator yang rasional. Kegunaan: Dianggap tidak berguna, karena melihat manusia sebagai kalkulator yang rasional. Ruang Lingkup: Teori ini dianggap terlalu sempit. Ruang Lingkup: Teori ini dianggap terlalu sempit. Heurisme: Bagi pendukung SET, teori ini sudah memenuhi kriteria. Heurisme: Bagi pendukung SET, teori ini sudah memenuhi kriteria.


Download ppt "Prtukaran_sos_joice cs 1 TEORI PERTUKARAN SOSIAL berdasarkan penelitian John Thibaut dan Harold Kelley Asumsi Evaluasi Sebuah Hubungan Pola Pertukaran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google