Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komunikasi data adalah proses penerimaan dan pengiriman data/informasi dua atau lebih penerima yang terhubung dalam sebuah jaringan yang memungkinkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komunikasi data adalah proses penerimaan dan pengiriman data/informasi dua atau lebih penerima yang terhubung dalam sebuah jaringan yang memungkinkan."— Transcript presentasi:

1

2 Komunikasi data adalah proses penerimaan dan pengiriman data/informasi dua atau lebih penerima yang terhubung dalam sebuah jaringan yang memungkinkan komputer dapat berkomunikasi antara satu sama lain di bawah kendali manusia.

3 Dalam proses komunikasi data dari satu lokasi ke lokasi yang lain, harus ada minimal 3 unsur utama sistem yaitu sumber data, media transmisi dan penerima.Andaikan salah satu unsur tidak ada, maka komunikasi tidak dapat dilakukan.

4 SUMBER DATA. Sumber data adalah unsur yang bertugas untuk mengirimkan informasi, misalkan terminal komputer, Sumber data ini membangkitkan berita atau informasi dan menempatkannya pada media transmisi.

5 MEDIA TRANSMISI Media transmisi data merupakan jalur dimana proses pengiriman data dari satu sumber ke penerima data. Beberapa media transmisi data yang dapat digunakan jalur transmisi atau carrier dari data yang dikirimkan, dapat berupa kabel, gelombang elektromagnetik, dan lain-lain. Dalam hal ini berfungsi sebagai jalur informasi untuk sampai pada tujuannya.

6 PENERIMA DATA Pengertian penerima data adalah alat yang menerima data atau informasi, misalkan pesawat telepon, terminal komputer, dan lain-lain. Berfungsi mnerima data yang dikirimkan oleh suatu sumber informasi. Penerima merupakan suatu alat yang disebut receiver yang fungsinya untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap dan digunakan oleh penerima.

7 1. Source (Sumber). Peralatan ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan. Misalkan telepon dan PC (Personal Computer) 2.Transmiter (Pengirim). Biasanya data yang dibangkitkan dari sistem sumber tidak ditransmisikan secara langsung dalam bentuk aslinya. Sebuah transmisi cukup memindah dan menandai informasi dengan cara yang sama seperti menghasilkan sinyal-sinyal elektromagnetik yang dapat ditransmisikan melewati beberapa system transmisi berurutan. 3.Sistem Transmisi. Berupa jalur transmisi tunggal atau jaringan kompleks yangmenghubungkan antara sumber dengan tujuan. 4. Receiver (Penerima). Receiver menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap oleh tujuan. Sebagai contoh, sebuah modem akan menerima suatu sinyal analog yang datang dari jaringan atau jalur transmisi dan mengubahnya menjadi suatu digital bit stream. 5. Destination (Tujuan). Menangkap data yang dihasilkan oleh receiver.

8 Komunikasi data cepat atau lambat akhirnya akan menuju jaringan atau Network. Hubungan komunikasi data yang paling sederhana adalah titik ke titik yang hanya melibatkan sebuah sumber (source atau transmitter) dan sebuah penerima (receiver). Apabila hubungan tersebut dikembangkan dengan melibatkan penerima yang lain (juga titik ke titik) maka mulailah komunikasi data tersebut menjadi suatu hubungan jaringan.

9 1. Memungkinkan beberapa sistem komputer saling berbagi (sharing) sumber daya secara bersama. Sehingga bersifat ekonomis. 2. Menambah manfaat komputer karena jaringan memperluas kegunaan dan daya guna sistem komputer yang saling dihubungkan dengan jaringan tersebut sehingga terminal dengan terminal dapat berkomunikasi, tukar menukar data, dan dapat menggantikan fungsi surat menyurat. 3. Memungkinkan berbagai macam merk komputer saling berhubungan, dengan demikian pemakai tidak tergantung pada satu vendor/penjual. 4. Memungkinkan pengembangan sistem komputer secara relatif lebih mudah dan menyebabkan sistem komputer menjadi lebih fleksibel.

10 5. Pengolahan terdistribusi, sehingga dapat mencegah ketergantungan kepada pusat atau central processor atau tidak tergantung pada satu sistem komputer saja. 6. Memungkinkan integrasi berbagai macam aplikasi yang dijalankan pada berbagai macam sistem komputer. Data yang dihasilkan oleh satu bagian dapat segera digunakan oleh departemen lain dan sebaliknya. 7. Melalui jaringan komunikasi global (internet dan intranet) memungkinkan dibuat sarana Pemasaran dan promosi yang dikenal dengan web site atau homepage, perdagangan yang dikenal dengan e-commerce, surat menyurat elektronik (e- mail), pembelajaran jarak jauh yang dikenal dengan istilah e- learning atau distance learning, dan pelaksanaan konferenasi jarak jauh yang disebut dengan teleconference, serta untuk pelaksanaan pelayanan masyarakat oleh pemerintahan daerah kabupaten/kota dan propinsi serta departemen yang dikenal dengan istilah e-government.

11 1.Memunkingkan pengiriman data dalam jumlah besar efisien, tanpa kesalahan dan ekonomis dari suatu tempat ketempat yang lain. 2.Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan perlatan pendukung dari jarak jauh (remote computer use).sistem 3.Memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupu sentralisasi.

12 4.Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai mcam sistem komputer. 5.Mengurangi waktu untuk pengelolaan data. 6.Mendapatkan da langsung dari sumbernya. 7.Mempercepat penyebarluasan informasi

13 Berdasarkan luas areanya maka jaringan komputer dapat dibedakan menjadi: PAN (Personal Area Network) LAN (Local Area Network) MAN (Metropolitan Area Network) WAN (Wide Area Network)

14 Berdasarkan media penghantar yang digunakan,jaringkan computer dapat dibagi menjadi: Wire Network atau wireline network Wire Network adalah jaringan computer yang menggunkaan kabel sebgai media penghantar. Wireless Network (network nirkabel) Wireless Network Wireless Network adalah jaringan komputer yang menggunakan media penghantar berupa gelombang radio atau cahaya (infrared atau laser).

15 Berdasarkan pola pengoperasian atau fungsi masing-masing computer maka jaringan computer dapat dibagi menjadi: Peer To Peer Peer To Peer adalah jaringan computer dimana setiapa computer bisa menjadi server sekaligus client.Setiap computer dapat menerima dan memberikan access dari/ ke computer lain. Client Server Client Server adalah jaringan computer yang salah satu (boleh lebih) komputernya difungsikan sebagai server untuk melayani computer lain.Komputer yang dilayani oleh server disebut client.Layanan yang diberikan berupa akses Web,E- Mail,File, atau yang lain.Client Server banyak dipakai oleh Internet dan Intranet

16 Penggolongan jaringan dapat digolongkan atas 4 macam kriteria, yakni berdasarkan pada : Cara penyambungan Struktur (Topologi) Cara komunikasi yang digunakan

17 1. Cara penyambungan Ada dua cara, yakni : – Switched Route yang diambil oleh pengirim guna mengirimkan informasi ke penerima tidak tetap. Pengiriman pertama dapat melalui suatu route tertentu sedangkan pengiriman berikutnya dapat melalui route lain. Hubungan hanya terbentuk saat ada informasi yang hendak disalurkan (secara fisik tidak ada hubungan tetap antara kedua simpul). – Non-switched Jalur pengiriman informasi selalu tetap, dengan 2 macam bentuk dasar yaitu titik ke titik dan multidrop.

18 2. Struktur (Topologi) Adalah cara bagaimana simpul atau pusat di dalam jaringan tersebut saling terhubung. Hubungan tersebut sangat tergantung dari jenis aplikasinya. Topologi disini adalah semacam diagram gambar yang bisa mewakili cara komputer terhubung satu sama lainnya dalam jaringan komputer.

19 Topologi jaringan yang umum adalah sbb : 1.Topologi BUS3.Topologi RING 2.Topologi STAR4.Topologi TREE NNNNN S T T T T N N N NN N N N NNN N N

20 3. Cara komunikasi yang digunakan Jaringan mengenal dua macam cara komunikasi, yaitu : Broadcast Semua data yang hendak dikirimkan akan dikirimkan ke semua penerima. Hanya penerima yang dituju akan bereaksi terhadap data yang diterimanya, berarti setiap data yang dikirimkan harus disertai “alamat” yang ditujunya. Titik ke titik Hanya simpul yang dituju akan menerima atau mengirimkan data.

21 4. Teknologi Switching Sesuai dengan perkembangan teknologi switching maka jenis jaringan dapat dibagi sesuai dengan teknologi tersebut, yaitu : – Circuit switching – Store dan forward – Message switching – Packet switching

22 Dalam sistem komunikasi data dikenal beberapa macam perangkat keras : Terminal Komputer Tranmission lines Modem Multiplexer Concentrator (pengumpul)

23 Seperti perangkat keras komputer, perangkat keras datacom tidak mempunyai arti apa-apa tanpa perangkat lunak komunikasi. Karena perangkat lunak memungkinkan semua unit perangkat keras datacom bekerja sebagai satu sistem.

24 Perangkat lunak yang berada pada host, berfungsi: menempatkan pesan dalam suatu urutan tertentu berdasarkan prioritas. Mengamankan catatan (log) dari setiap terminal dan memeriksa apakah suatu terminal berwenang untuk mengerjakan tugas yang diminta. Menghubungkan jaringan datacom dengan sistem manajemen database Mengamankan gangguan sewaktu listrik pada dengan menyimpan status penyimpanan primer secara periodik.

25 Perangkat lunak dalam front end processor, berfungsi : Menanyai dan menentukan terminal secara berurutan apakah terminal tersebut ingin menggunakan saluran. Memelihara catatan dengan memberikan waktu dan tanggal pada tiap pesan dan penomorannya. Mengubah kode dari satu jenis peralatan (misalnya IBM ) kejenis lain (misal DEC). Menyunting data Menambah dan menghapus kode routing. Memelihara file historis, termasuk memulihkan dari gangguan. Memelihara statistik atas penggunaan jaringan.

26 INTERNET /TELKOM MODEM KAMPUS MIKROTIK /ROUTER HUB SERVER KAMPUS HOTSPOT LANTAI 1 HOTSPOT LANTAI 2 HOTSPOT LANTAI 3 HOTSPOT LANTAI4


Download ppt "Komunikasi data adalah proses penerimaan dan pengiriman data/informasi dua atau lebih penerima yang terhubung dalam sebuah jaringan yang memungkinkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google