Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Rahayu Dwisiwi S.R. MATERI DASAR IPA Pengembangan Bank Soal SD/MI Disdikpora DIY di Hotel Bintang Fajar, Yogyakarta 31 Januari 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Rahayu Dwisiwi S.R. MATERI DASAR IPA Pengembangan Bank Soal SD/MI Disdikpora DIY di Hotel Bintang Fajar, Yogyakarta 31 Januari 2012."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Rahayu Dwisiwi S.R. MATERI DASAR IPA Pengembangan Bank Soal SD/MI Disdikpora DIY di Hotel Bintang Fajar, Yogyakarta 31 Januari 2012

2 Materi apa sajakah yang dipelajari dalam IPA ? Alam semesta beserta isinya:  Benda: sifat, struktur, kegunaan, ….. dll. sifat, struktur, kegunaan, ….. dll.  Peristiwa/fenomena alam: Penyebab, Penyebab, Proses, Proses, Akibat, Akibat, Pemanfaatan / cara menghindari. Pemanfaatan / cara menghindari.

3 Karakteristik IPA:  Proses ilmiah  Sikap ilmiah  Produk ilmiah

4 Keterampilan Proses IPA 1. Merumuskan Hipotesis 2. Merancang penelitian 3. Merangkai alat 4. Memanipulasi variabel 5. Mengamati (dengan panca indera) 6. Mentabulasi data 7. Menganalisis data 8. Menyimpulkan 9. Mengkomunikasilan hasil

5 Sikap Ilmiah 1. Jujur 2. Teliti 3. Tekun 4. Kreatif 5. Berpikir kritis 6. Tidak tergesa-gesa memutuskan 7. Menyimpulkan berdasarkan data 8. Rasa ingin tahu 9. Bekerjasama 10. Bertanggung jawab 11. Berhati terbuka

6 Materi IPA – SD/MI: …….. dari SK dan KD mata pelajaran IPA kelas I s.d. VI ……………

7 Materi IPA – SD/MI:  Makhluk hidup dan proses kehidupan pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta interaksinya dengan lingkungan.  Benda, yang mencakup sifat dan kegunaan benda padat, cair, dan gas.  Energi dan perubahannya, mencakup gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya, dan penerapan sains.  Bumi dan alam semesta, yang mencakup tanah, bumi, tata surya, dan benda langit lainnya.

8 Apa komentar Bapak/Ibu pada pernyataan berikut ini:  Gerhana bulan terjadi jika bulan berada dalam bayangan bumi. Seharusnya:  Gerhana bulan terjadi jika bulan berada dalam bayang-bayang bumi.

9  Kutub positip lampu pijar terletak pada titik logam dan kutub negatip pada ulirnya. Seharusnya:  Bolam tidak memiliki kutub positip dan negatip.  Air mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Seharusnya: ……………………. ?

10  Beberapa lampu pijar berada pada satu rangkaian tertutup secara seri. Semakin jauh lampu pijar dari sumber listrik, maka nyalanya semakin redup. Seharusnya:  Beberapa lampu pijar yang berada pada satu rangkaian tertutup secara seri, menyala sama terang.

11  Tumbuhan, hewan, air, dan tanah merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Seharusnya:  Tanah merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.  Jika cahaya merambat dari udara menuju ke air, pembelokan cahaya terjadi di dalam air. Seharusnya: ….pembelokan cahaya terjadi di permukaan air

12  Bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung selalu terbalik. Seharusnya:  Jika benda berada di antara cermin cekung dan F, maka bayangan yang terbentuk bersifat maya, tegak, dan diperbesar.  Jika benda terletak di F sebuah cermin cekung, maka bayangannya maya. Seharusnya: …….…tidak terbentuk bayangan

13  Posisi benda terapung di air jika benda berada di atas permukaan air. Seharusnya:  ……. jika ada bagian benda yang menyentuh permukaan air dan tidak ada bagian benda yang menyentuh dasar air (benda dalam keadaan bebas).  Posisi benda tenggelam di air jika benda terletak di dasar air.  Seharusnya: ………………………..?

14  Suatu benda terapung di air karena gaya apung / gaya ke atas dari air lebih besar daripada berat benda. Seharusnya:  …..gaya apung / gaya ke atas dari air sama dengan berat benda.  Arah rotasi bumi berlawanan arah dengan arah perputaran jarum jam. Seharusnya: ……………. ?

15  Tumbuhan bernapas mengambil CO 2. Seharusnya:  Semua makhluk hidup termasuk tumbuhan bila bernapas mengambil O 2.  Tumbuhan bernapas pada siang hari. Seharusnya:  Tumbuhan bernapas setiap saat selama hidup.

16 Fotosintesis hanya terjadi pada siang hari. Fotosintesis hanya terjadi pada siang hari.Seharusnya: Fotosintesis terjadi bila ada cahaya yang mencukupi, tidak harus cahaya matahari. Fotosintesis terjadi bila ada cahaya yang mencukupi, tidak harus cahaya matahari.  Tumbuhan menyerap sari-sari makanan dari dalam tanah. Seharusnya:  Tumbuhan menyerap air dan mineral dari dalam tanah

17  Perokok meracuni diri sendiri. Seharusnya:  Perokok meracuni diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.  Udara ada dimana-mana. Seharusnya:  Udara ada di ruang terbuka dan di dalam benda-benda yang berongga.

18  Hewan yang hidup di air selalu bernapas menggunakan insang. Seharusnya:  Tidak semua hewan yang hidup di air bernapas menggunakan insang. Misalnya: paus bernapas menggunakan paru-paru.  Perkembangbiakan vegetatif buatan ialah menyambung dan menempel. Seharusnya: ………………. ?

19


Download ppt "Oleh: Rahayu Dwisiwi S.R. MATERI DASAR IPA Pengembangan Bank Soal SD/MI Disdikpora DIY di Hotel Bintang Fajar, Yogyakarta 31 Januari 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google