Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OTAK KIRI Versus OTAK KANAN. Otak kanan berfungsi dalam perkembangan EQ (Emotional Quotient), seperti hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OTAK KIRI Versus OTAK KANAN. Otak kanan berfungsi dalam perkembangan EQ (Emotional Quotient), seperti hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau."— Transcript presentasi:

1 OTAK KIRI Versus OTAK KANAN

2

3 Otak kanan berfungsi dalam perkembangan EQ (Emotional Quotient), seperti hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna. Daya ingat otak kanan bersifat panjang (long term memory). Bila terjadi kerusakan otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi misalnya.

4 Otak kiri berfungsi sebagai pengendali IQ (Intelligence Quotient) seperti hal perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan dan logika. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa dan matematika.

5 Berdasarkan kekuatan fungsi masing- masing, berarti, kedua fungsi otak manusia itu sangat diperlukan dalam menghadapi hidup. Begitu pula, bagi siswa, pembiasaan penggunaan kedua fungsi otak itu sangat bermanfaat dalam perjalanan dirinya menuju KEDEWASAAN

6 SI OTAK KIRI: serius, rumit,membosankan, hemat, lebih percayai fakta, konservatif rapi-terorganisir, ide = profitabilitas, lebih memilih keilmuan, hati-hati, berpengetahuan umum pendukung diam, pembuat aturan, mudah ditebak

7 SI OTAK KANAN: lebih memilih perasaan sbg solusi masalah, humoris, simple, menyenangkan, boros, lebih percaya intuisi, berantakan-kacau, ekspresi diri, suka bertualang, bermimpi besar, tukang sorak, “pelanggar aturan” / bebas, spontan.

8 OTAK KANAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN DUNIA PENDIDIKAN KONVENSIONAL ; MULAI DARI SEKOLAH DASAR HINGGA PERGURUAN TINGGI SELALU DAN SELALU MEMANJAKAN OTAK KIRI. CUMA PENDIDIKAN TAMAN KANAK KANAK YANG MASIH MENARUH PERHATIAN PADA OTAK KANAN.

9 SAAT INI ADA BEBERAPA SEKOLAH YANG SUDAH BERUSAHA MENERAPKAN OTAK KANAN PADA SISWANYA, AKAN TETAPI TIDAK SEMUA SEKOLAH YANG MENYADARI AKAN HAL INI. SEKOLAH YANG MENERAPKAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADA SISWANYA MERUPAKAN SEKOLAH YANG MULAI MENERAPKAN OTAK KANAN PADA SISWA SISWINYA

10 TAHUKAH ANDA, KUATNYA OTAK KANAN MEMBUAT ANDA LEBIH SELF-MOTIVATED, LEBIH SUPEL, LEBIH CERDAS EMOSI DAN LEBIH AWET MUDA? INI HASIL PENELITIAN. BUKAN KATA-KATA SAYA.

11 TAHUKAH ANDA, MENURUT THOMAS FRIEDMAN, SEORANG PENULIS YANG DIANUGERAHI PENGHARGAAN PULITZER, “APABILA ANDA INGIN MENGASAH OTAK KANAN, MAKA LAKUKANLAH SESUATU YANG ANDA CINTAI.”

12 TAHUKAH ANDA, GOLONGAN OTAK KANAN MELAKUKAN SESUATU KARENA PANGGILAN JIWA !, BUKAN PANGGILAN KERJA. MENJALANKAN SEMUANYA SEPENUH HATI, BUKAN SEPENUH GAJI !

13 BUKANKAN PEMIMPIN ITU MESTI LEBIH KREATIF DARI PADA PENGIKUT ? BUKANKAN PEMIMPIN ITU LEBIH IMAJINATIF

14 BUKANKAH PEMIMPIN ITU LEBUH INTUITIF PEMIMPIN LEBIH BERANI MENGHADAPI PERUBAHAN, PENGIKUT SEBAIKNYA MENGHINDFARI PERUBAHAN DAN RESIKO

15 PEMIMPIN LEBIH MEMANDANG KESELURUHAN PEMIMPIN LEBIH MEMAHAMI TERSIRAT DARI PADA PERNYATAAN

16 KESIMPULANNYA: ITU ARTINAYA KALAU ANDA INGIN MENJADI PEMIMPIN, MAKA ANDA HARUS CENDRUNG KANAN MAKIN TINGGI YA MAKIN KANAN.

17 TEST KONFLIK OTAK KIRI DENGAN OTAK KANAN “BACA YANG KERAS WARNANYA BUKAN TULISANNYA”

18

19

20 Kalau Anda melihat gambar ini diam, maka Anda kecenderungan banyak menggunakan otak kiri. Tapi kalau Anda melihatnya selalu bergerak-gerak maka Anda cenderung menggunakan otak kanan

21 Tapi kalau Anda bisa mengatur diri, dan bisa melihatnya bergerak atau diam, dalam kehendak Anda, maka insya Allah otak kiri dan otak kanan Anda relatif seimbang.

22 Tapi kalau Anda melihat ini bingung, karena yang kelihatan cuma hitam dan gelap, berarti Anda sedang tutup mata. buka dong matanya :) Wallahu alam


Download ppt "OTAK KIRI Versus OTAK KANAN. Otak kanan berfungsi dalam perkembangan EQ (Emotional Quotient), seperti hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google