Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KUKUH PRIBADI, 2503405057 Bentuk dan Fungsi Pertunjukan Al Barzanji Bithing di Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KUKUH PRIBADI, 2503405057 Bentuk dan Fungsi Pertunjukan Al Barzanji Bithing di Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga."— Transcript presentasi:

1 KUKUH PRIBADI, Bentuk dan Fungsi Pertunjukan Al Barzanji Bithing di Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : KUKUH PRIBADI - NIM : PRODI : Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Musik) - JURUSAN : Seni Drama, Tari, dan Musik - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - ku2h_caem pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Joko Wiyoso, S.Kar, M.Hum - PEMBIMBING 2 : Drs. Syahrul Syah Sinaga, M.Hum - TGL UJIAN :

3 Judul Bentuk dan Fungsi Pertunjukan Al Barzanji Bithing di Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga

4 Abstrak Kukuh Pribadi, “Bentuk dan Fungsi Pertunjukan Al Barzanji Bithing di Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga”. Skripsi. Jurusan Sendratasik, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Joko Wiyoso, S.Kar, M.Hum., Pembimbing II Drs. Syahrul Syah Sinaga, M.Hum. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang menunjukkan masih bertahannya kesenian Al Barzanji Bithing di Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet kabupaten Purbalingga di tengah keberadaan berbagai macam bentuk kesenian tradisional dan dalam semaraknya kesenian modern. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bentuk dan fungsi pertunjukan Al Barzanji serta faktor-faktor yang diduga menyebabkan kesenian Al Barzanji Bithing di Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga masih tetap bertahan sampai saat ini. Tujuan penelitian untuk memahami dan mendiskripsikan bentuk dan fungsi pertunjukan serta faktor-faktor yang diduga menyebabkan kesenian Al Barzanji Bithing di Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga masih bertahan sampai sekarang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang mempunyai sifat deskriptif dan permasalahan yang dibahas dilakukan dengan cara menggambarkan dan menguraikan hal-hal yang berhubungan dengan suatu keadaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bentuk pertunjukan Al Barzanji Bithing di Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga adalah berbentuk ansambel perkusi campuran antara ansambel rebana dan vokal. Fungsi pertunjukan Al Barzanji Bithing di Desa Pengalusan adalah sebagai sarana hiburan pribadi dan sebagai sarana ritual keagamaan. Kesenian Al Barzanji sering digunakan untuk mengisi acara-acara hajatan, pengajian dan sebagainya. Sarana yang mendukung dalam kesenian Al Barzanji adalah alat musik yang digunakan dan tempat latihan. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada para anggota kelompok Al Barzanji Bithing untuk lebih memperbanyak jenis lagu untuk dibawakan dalam setiap pertunjukan, kepada pihak pemerintah desa untuk lebih meningkatkan pembinaan dan pengembangan pada perkumpulan-perkumpulan Al Barzanji. Bagi anggota kelompok kesenian Al Barzanji Bithing agar lebih ditingkatkan lagi dalam penguasaan materi dan teknik bermusik agar kualitas musik Al Barzanji yang dibawakan menjadi lebih baik dan lebih menarik. Kepada masyarakat Desa Pengalusan hendaknya lebih meningkatkan dukungan terhadap pelestarian kesenian Al Barzanji.

5 Kata Kunci

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "KUKUH PRIBADI, 2503405057 Bentuk dan Fungsi Pertunjukan Al Barzanji Bithing di Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google