Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EVALUASI KINERJA DAN PENGAWASAN MANAJEMEN LAPORAN KINERJA DAN KOMUNIKASI Dalam sebagian besar perusahaan, manajemen harus mengandalkan sebagian besar pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EVALUASI KINERJA DAN PENGAWASAN MANAJEMEN LAPORAN KINERJA DAN KOMUNIKASI Dalam sebagian besar perusahaan, manajemen harus mengandalkan sebagian besar pada."— Transcript presentasi:

1 EVALUASI KINERJA DAN PENGAWASAN MANAJEMEN LAPORAN KINERJA DAN KOMUNIKASI Dalam sebagian besar perusahaan, manajemen harus mengandalkan sebagian besar pada informasi yang terdapat dalam laporan yang dibuat didalam perusahaan sendiri. Laporan intern merupakan suatu alat komunikasi yang penting. Lapporan yang secara efektif menyampaiakan komunikasi pada semua tingkatan manajemen dapat mendorong tindakan dan mempengaruhi keputusan. CIRI-CIRI PENTING LAPORAN KINERJA 1.Dibuat sesuai dengan struktur organisasi dan letak pertanggungjawaban ( artinya menurut pusat tanggung jawab ) 2.Dirancang untuk menjalankan prinsip manajemen pengecualian.

2 . 3.Berulang dan berkaitan dengan jangka waktu yang singkat 4.Disesuaikan dengan kebutuhan pengguna utama 5.Sederhana, mudah dimengerti dan melaporkan iformasi penting saja 6.Akurat dan dirancang utnuk menunjukkan dengan tepat penyimpangan yang penting 7.Dibuat dan disampaikan dengan segera 8.Nadanya harus memberikan semangat untuk perbaikan FORMAT DASAR LAPORAN KINERJA 1.Sesuaikan laporan kinerja dengan kebutuhan pemakai a.Manajemen puncak: memerlukan laporan yang memberikan ringkasan lengkap dan mudah dimengerti seluruh segi operasi dan identifikasi peristiwa penting b.Manajemen menengah : biasanya bertanggung jawab untuk melaksanakan tanggung jawab untuk melaksanakan tanggung jawab yang diserahkan pada subsidivisi yang menjadi tanggung jawabnya dalam batas kebijakan dan tujuan umum

3 . yang ditentukan oelh manajemen puncak c.Manajemen tingkat rendah ( penyelia departemen ) biasanya berkepentingan dengan koordinasi dan pengendalian operasi sehari-hari. Cara dasar untuk mengkomunikasikan informasi keuangan secara umum dapat diklasifikasikan sbb : a.Tertulis : Ikhtisar keuangan formal Statistik yang ditabulasi Uraian dan penjelasan tertulis b.Grafik : Bagan Diagram dan gambar c.Lisan : PePertemuan kelompok mbicaraan dengan perorangan

4 . 2.Buat laporan selalu sederhana dan ringkas 3.Menekan sekecil mungkin jarak waktu antara keputusan dan laporan PROSEDUR TINDAK LANJUT OLEH MANAJEMEN Perusahaan yang dikelola dengan baik mengguakan laporan kinerja bulanan untuk semua segi operasi. Laporan ini memberikan penyimpangan yang menguntungkan dan tidak menguntungkan antara kinerja aktual dan kinerja yang direncanakan untuk bulan yang baru saja berlalu dan, secara akumulatif, untuk tahun yang sedang berjalan. Prosedur tindak lanjut harus dimulai pada tingkat manajemen puncak. Keputusan harus dibuat mengenai cara dan alat untuk membetulkan keadaan yang tidak memuaskan. Penyimpangan yang menguntungkan juga harus dianalisa : 1.Untuk menentukan apakah sasaran mmang realistis

5 . 2.Untuk menghargai orang yang mencapai prestasi yang tinggi 3.Untuk mengalihkan keterampilan pada pusat tanggung jawab lainnya. Prosedur tindak lanjut harus merupakan tindakan konstruksi untuk membetulkan kondisi yang tidak menguntungkan dan bukannya untuk melakukan hukuman karena terjadinya kegagalan, yang tidak dapat dihilangkan. ASPEK TEKNIS LAPORAN PENGENDALIAN Nilai utama laporan kinerja adalah dalam perbandingan antara hasil aktual dengan tujuan anggaran dan dalam analisa pnyimpangan yang terjadi. Penyimpangan juga harus dinyatakan dalam suatu bentuk relatif, artinya : sebagai suatu presentase dari jumlah yang dianggarkan atau direncanakan.


Download ppt "EVALUASI KINERJA DAN PENGAWASAN MANAJEMEN LAPORAN KINERJA DAN KOMUNIKASI Dalam sebagian besar perusahaan, manajemen harus mengandalkan sebagian besar pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google