Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING Untuk Ilmu Komunikasi Inco Harper S.Ikom, 25 Agustus 2010 WarnaWarna.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING Untuk Ilmu Komunikasi Inco Harper S.Ikom, 25 Agustus 2010 WarnaWarna."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING Untuk Ilmu Komunikasi Inco Harper S.Ikom, 25 Agustus 2010 WarnaWarna

2 Quiz Desktop Publishing 2

3 Quiz Desktop Publishing 2

4 Quiz Desktop Publishing 2

5 Quiz AB Desktop Publishing 2

6 Quiz AB Desktop Publishing 2

7 Quiz AB Desktop Publishing 2

8 Quiz AB Desktop Publishing 2

9 Mata & Warna Desktop Publishing 2

10 Mata & Warna Desktop Publishing 2

11 Mata & Warna Desktop Publishing 2

12 Mata & Warna Desktop Publishing 2

13 Mata & Warna Desktop Publishing 2 Warna adalah produk dari pikiran kita. Otak kita melihat warna yang berbeda ketika mata kita melihat cahaya yang berbeda frekuensi. Mata mempunyai sensor untuk 3 warna yaitu merah, hijau dan biru.

14 Warna & Pesan Desktop Publishing 2

15 Warna & Pesan Desktop Publishing 2

16 Warna & Pesan Desktop Publishing 2

17 Warna & Pesan Desktop Publishing 2

18 Warna & Pesan Desktop Publishing 2 Warna dapat mengandung pesan tertentu. Warna merefleksikan emosi/ekspresi. Warna dalam metafora bahasa membantu menjelaskan keadaan emosi/ekspresi.

19 Teori Warna Desktop Publishing 2 Ilmu tentang warna sering disebut dengan Chromatics. Teori warna sudah dikembangakan oleh Aberti (1435) Diikuti oleh Leonardo da Vinci (1490) Dikembangkan oleh Sir Isaac Newton (1704)

20 Teori Warna Desktop Publishing 2

21 Teori Warna Desktop Publishing 2

22 Color Wheel/Roda Warna Desktop Publishing 2 Diciptakan oleh Claude Boutet terdiri dari 7 warna. Kemudian dikembangkan menjadi 12 warna pada tahun 1708 oleh Sir Isaac Newton. Tahun 1900-an color wheel yang lebih kompleks & sempurna.

23 Color Wheel/Roda Warna Desktop Publishing 2

24 Color Wheel/Roda Warna Desktop Publishing 2

25 Color Wheel/Roda Warna Desktop Publishing 2

26 Dimensi Warna Desktop Publishing 2 Hue adalah perbedaan gelombang pada warna. Saturation adalah ukuran kemurnian warna. Disebut juga tingkat kepucatan warna. Luminence adalah tingkat kecerahan atau gelap terangnya warna.

27 Dimensi Warna Desktop Publishing 2 Warna mempunyai 3 dimensi yaitu hue, saturation & luminence. Philipp Otto Runge menggambarkannya dengan bola warna. Dimensi HSL juga seringkali digambarkan dengan kerucut warna.

28 Dimensi Warna Desktop Publishing 2

29 Dimensi Warna Desktop Publishing 2

30 Dimensi Warna Desktop Publishing 2

31 Dimensi Warna Desktop Publishing 2

32 Dimensi Warna Desktop Publishing 2 Tints - didapatkan dengan menambahkan putih pada warna.

33 Dimensi Warna Desktop Publishing 2 Shades - didapatkan dengan menambahkan hitam pada warna.

34 Dimensi Warna Desktop Publishing 2 Tones - didapatkan dengan menambahkan abu-abu pada warna.

35 Temperatur Warna Desktop Publishing 2 Lingkaran warna dapat dibagi menjadi warna warm dan cool. warna warm adalah menggambarkan kehidupan dan energik. Warna cool memberikan kesan tenang, dingin dan menciptakan kesan menenangkan. Putih, hitam dan abu-abu dianggap netral.

36 Temperatur Warna Desktop Publishing 2

37 Temperatur Warna Desktop Publishing 2

38 Temperatur Warna Desktop Publishing 2

39 Temperatur Warna Desktop Publishing 2

40 Temperatur Warna Desktop Publishing 2

41 Manajemen Warna Desktop Publishing 2 Warna komplementer adalah 2 warna yang posisinya saling berhadapan pada color wheel. Menimbulkan efek kontras.

42 Manajemen Warna Desktop Publishing 2 Warna semi-komplementer adalah penggabungan warna yang posisinya di sebelah warna yang berhadapan pada color wheel.

43 Manajemen Warna Desktop Publishing 2 Warna analog/harmonis adalah penggabungan 3 – 5 warna yang bersebelahan pada color wheel.

44 Manajemen Warna Desktop Publishing 2 Warna triad adalah penggabungan 3 warna pada color wheel yang membentuk segitiga sama sisi.

45 Manajemen Warna Desktop Publishing 2 Warna rectangle/tetradic adalah penggabungan 4 warna pada color wheel yang membentuk persegi panjang.

46 Manajemen Warna Desktop Publishing 2 Warna square adalah penggabungan 4 warna pada color wheel yang membentuk persegi panjang sama sisi.

47 Model Warna Desktop Publishing 2 RGB adalah model warna berdasarkan cahaya yang dihasilkan oleh 3 warna dasar yaitu Red, Green & Blue. Ketika tidak ada cahaya maka terlihat hitam dan ketika semua cahaya bercampur dalam intensitas tertinggi akan menjadi putih. Model RGB disebut juga additive color karena warna dihasilkan dari penambahan warna-warna dasar.

48 Model Warna Desktop Publishing 2

49 Model Warna Desktop Publishing 2

50 Model Warna Desktop Publishing 2 CMYK adalah model warna berdasarkan tinta/cat yang Cyan, Magenta, Yellow dan menambahkan warna kunci/key yaitu Black/hitam. Ketika tidak ada tinta maka terlihat putih dan ketika semua tinta bercampur dalam intensitas tertinggi akan menjadi hitam pucat. Model RGB disebut juga subtractive color karena warna dihasilkan dari pengurangan warna-warna dasar.

51 Model Warna Desktop Publishing 2

52 Model Warna Desktop Publishing 2

53 Model Warna Desktop Publishing 2

54 Model Warna Desktop Publishing 2

55 Model Warna Desktop Publishing 2

56 Model Warna Desktop Publishing 2

57 Model Warna Desktop Publishing 2

58 Problem Warna Desktop Publishing 2 Konversi antar model warna sering menyebabkan warna tak sesuai dengan yang diinginkan. CMYK to RGB atau sebaliknya. Preview pada monitor berbeda dengan hasil proof print. Akan terjadi perbedaan pula pada saat cetak offset.

59 Solusi Problem Warna Desktop Publishing 2 Biasakan bekerja pada model warna yang diinginkan sejak dari awal. Gunakan color chart process guide sebagai patokan warna-warna solid. Kalibrasikan monitor dan printer.

60 Solusi Problem Warna Desktop Publishing 2

61 Solusi Problem Warna Desktop Publishing 2

62 Nyalakan komputer dan jalankan software Adobe Photoshop!

63 Latihan Desktop Publishing 2

64 Latihan Desktop Publishing 2

65 Latihan Desktop Publishing 2

66 Tugas 1 Desktop Publishing 2

67 Tugas 1 Desktop Publishing 2 Warnai gambar dengan komposisi warna: –Monochromatic. –Komplementer –Analog/Harmonis –Triad

68 Tugas 1 Desktop Publishing 2 Dikumpulkan pada pertemuan ke-3 berupa softcopy melalui ketua kelas jurusan masing- masing. Format JPG. Kode penamaan: Tugas DTP1–NIM-Nama Lengkap-Gambar01.jpg Tugas DTP1–NIM-Nama Lengkap-Gambar02.jpg Tugas DTP1–NIM-Nama Lengkap-Gambar03.jpg Tugas DTP1–NIM-Nama Lengkap-Gambar04.jpg

69 Desktop Publishing 2 What do we learn today? Facebook: Inco Harper Y!M: Mobile:


Download ppt "PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING Untuk Ilmu Komunikasi Inco Harper S.Ikom, 25 Agustus 2010 WarnaWarna."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google