Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING"— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING
Untuk Ilmu Komunikasi Warna Inco Harper S.Ikom, 25 Agustus 2010

2 Desktop Publishing 2 Quiz

3 Desktop Publishing 2 Quiz

4 Desktop Publishing 2 Quiz

5 Desktop Publishing 2 Quiz A B

6 Desktop Publishing 2 Quiz A B

7 Desktop Publishing 2 Quiz A B

8 Desktop Publishing 2 Quiz A B

9 Desktop Publishing 2 Mata & Warna

10 Desktop Publishing 2 Mata & Warna

11 Desktop Publishing 2 Mata & Warna

12 Desktop Publishing 2 Mata & Warna

13 Mata & Warna Warna adalah produk dari pikiran kita.
Desktop Publishing 2 Mata & Warna Warna adalah produk dari pikiran kita. Otak kita melihat warna yang berbeda ketika mata kita melihat cahaya yang berbeda frekuensi. Mata mempunyai sensor untuk 3 warna yaitu merah, hijau dan biru.

14 Desktop Publishing 2 Warna & Pesan

15 Desktop Publishing 2 Warna & Pesan

16 Desktop Publishing 2 Warna & Pesan

17 Desktop Publishing 2 Warna & Pesan

18 Warna & Pesan Warna dapat mengandung pesan tertentu.
Desktop Publishing 2 Warna & Pesan Warna dapat mengandung pesan tertentu. Warna merefleksikan emosi/ekspresi. Warna dalam metafora bahasa membantu menjelaskan keadaan emosi/ekspresi.

19 Teori Warna Ilmu tentang warna sering disebut dengan Chromatics.
Desktop Publishing 2 Teori Warna Ilmu tentang warna sering disebut dengan Chromatics. Teori warna sudah dikembangakan oleh Aberti (1435) Diikuti oleh Leonardo da Vinci (1490) Dikembangkan oleh Sir Isaac Newton (1704)

20 Desktop Publishing 2 Teori Warna

21 Desktop Publishing 2 Teori Warna

22 Color Wheel/Roda Warna
Desktop Publishing 2 Color Wheel/Roda Warna Diciptakan oleh Claude Boutet terdiri dari 7 warna. Kemudian dikembangkan menjadi 12 warna pada tahun 1708 oleh Sir Isaac Newton. Tahun 1900-an color wheel yang lebih kompleks & sempurna.

23 Color Wheel/Roda Warna
Desktop Publishing 2 Color Wheel/Roda Warna

24 Color Wheel/Roda Warna
Desktop Publishing 2 Color Wheel/Roda Warna

25 Color Wheel/Roda Warna
Desktop Publishing 2 Color Wheel/Roda Warna

26 Dimensi Warna Hue adalah perbedaan gelombang pada warna.
Desktop Publishing 2 Dimensi Warna Hue adalah perbedaan gelombang pada warna. Saturation adalah ukuran kemurnian warna. Disebut juga tingkat kepucatan warna. Luminence adalah tingkat kecerahan atau gelap terangnya warna.

27 Desktop Publishing 2 Dimensi Warna Warna mempunyai 3 dimensi yaitu hue, saturation & luminence. Philipp Otto Runge menggambarkannya dengan bola warna. Dimensi HSL juga seringkali digambarkan dengan kerucut warna.

28 Desktop Publishing 2 Dimensi Warna

29 Desktop Publishing 2 Dimensi Warna

30 Desktop Publishing 2 Dimensi Warna

31 Desktop Publishing 2 Dimensi Warna

32 Dimensi Warna Tints - didapatkan dengan menambahkan putih pada warna.
Desktop Publishing 2 Dimensi Warna Tints - didapatkan dengan menambahkan putih pada warna.

33 Dimensi Warna Shades - didapatkan dengan menambahkan hitam pada warna.
Desktop Publishing 2 Dimensi Warna Shades - didapatkan dengan menambahkan hitam pada warna.

34 Desktop Publishing 2 Dimensi Warna Tones - didapatkan dengan menambahkan abu-abu pada warna.

35 Desktop Publishing 2 Temperatur Warna Lingkaran warna dapat dibagi menjadi warna warm dan cool. warna warm adalah menggambarkan kehidupan dan energik. Warna cool memberikan kesan tenang, dingin dan menciptakan kesan menenangkan. Putih, hitam dan abu-abu dianggap netral.

36 Desktop Publishing 2 Temperatur Warna

37 Desktop Publishing 2 Temperatur Warna

38 Desktop Publishing 2 Temperatur Warna

39 Desktop Publishing 2 Temperatur Warna

40 Desktop Publishing 2 Temperatur Warna

41 Desktop Publishing 2 Manajemen Warna Warna komplementer adalah 2 warna yang posisinya saling berhadapan pada color wheel. Menimbulkan efek kontras.

42 Desktop Publishing 2 Manajemen Warna Warna semi-komplementer adalah penggabungan warna yang posisinya di sebelah warna yang berhadapan pada color wheel.

43 Desktop Publishing 2 Manajemen Warna Warna analog/harmonis adalah penggabungan 3 – 5 warna yang bersebelahan pada color wheel.

44 Desktop Publishing 2 Manajemen Warna Warna triad adalah penggabungan 3 warna pada color wheel yang membentuk segitiga sama sisi.

45 Desktop Publishing 2 Manajemen Warna Warna rectangle/tetradic adalah penggabungan 4 warna pada color wheel yang membentuk persegi panjang.

46 Desktop Publishing 2 Manajemen Warna Warna square adalah penggabungan 4 warna pada color wheel yang membentuk persegi panjang sama sisi.

47 Desktop Publishing 2 Model Warna RGB adalah model warna berdasarkan cahaya yang dihasilkan oleh 3 warna dasar yaitu Red, Green & Blue. Ketika tidak ada cahaya maka terlihat hitam dan ketika semua cahaya bercampur dalam intensitas tertinggi akan menjadi putih. Model RGB disebut juga additive color karena warna dihasilkan dari penambahan warna-warna dasar.

48 Desktop Publishing 2 Model Warna

49 Desktop Publishing 2 Model Warna

50 Desktop Publishing 2 Model Warna CMYK adalah model warna berdasarkan tinta/cat yang Cyan, Magenta, Yellow dan menambahkan warna kunci/key yaitu Black/hitam. Ketika tidak ada tinta maka terlihat putih dan ketika semua tinta bercampur dalam intensitas tertinggi akan menjadi hitam pucat. Model RGB disebut juga subtractive color karena warna dihasilkan dari pengurangan warna-warna dasar.

51 Desktop Publishing 2 Model Warna

52 Desktop Publishing 2 Model Warna

53 Desktop Publishing 2 Model Warna

54 Desktop Publishing 2 Model Warna

55 Desktop Publishing 2 Model Warna

56 Desktop Publishing 2 Model Warna

57 Desktop Publishing 2 Model Warna

58 Desktop Publishing 2 Problem Warna Konversi antar model warna sering menyebabkan warna tak sesuai dengan yang diinginkan. CMYK to RGB atau sebaliknya. Preview pada monitor berbeda dengan hasil proof print. Akan terjadi perbedaan pula pada saat cetak offset.

59 Desktop Publishing 2 Solusi Problem Warna Biasakan bekerja pada model warna yang diinginkan sejak dari awal. Gunakan color chart process guide sebagai patokan warna-warna solid. Kalibrasikan monitor dan printer.

60 Desktop Publishing 2 Solusi Problem Warna

61 Desktop Publishing 2 Solusi Problem Warna

62 Nyalakan komputer dan jalankan software Adobe Photoshop!
Desktop Publishing 2 Nyalakan komputer dan jalankan software Adobe Photoshop!

63 Desktop Publishing 2 Latihan

64 Desktop Publishing 2 Latihan

65 Desktop Publishing 2 Latihan

66 Desktop Publishing 2 Tugas 1

67 Tugas 1 Warnai gambar dengan komposisi warna: Monochromatic.
Desktop Publishing 2 Tugas 1 Warnai gambar dengan komposisi warna: Monochromatic. Komplementer Analog/Harmonis Triad

68 Tugas 1 Desktop Publishing 2
Dikumpulkan pada pertemuan ke-3 berupa softcopy melalui ketua kelas jurusan masing-masing. Format JPG. Kode penamaan: Tugas DTP1–NIM-Nama Lengkap-Gambar01.jpg Tugas DTP1–NIM-Nama Lengkap-Gambar02.jpg Tugas DTP1–NIM-Nama Lengkap-Gambar03.jpg Tugas DTP1–NIM-Nama Lengkap-Gambar04.jpg

69  What do we learn today? E-mail: inco@incoharper.com
Desktop Publishing 2 What do we learn today? Facebook: Inco Harper Y!M: Mobile:


Download ppt "PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google