Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JATUZ RELIEVIANA 20100510030 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JATUZ RELIEVIANA 20100510030 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"— Transcript presentasi:

1 JATUZ RELIEVIANA Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

2 POKOK PEMBAHASAN KRISIS EKONOMI YANG TERJADI DI AMERIKA SISTEM EKONOMI KAPITALIS KEGAGALAN EKONOMI KAPITALIS KEGAGALAN SISTEM KAPITALIS DAMPAK KETERPURUKAN EKONOMI DI AMERIKA UNTUK AMERIKA SENDIRI CARA MENGATASI KRISIS DI AMERIKA

3 KRISIS EKONOMI YANG TERJADI DI AMERIKA Negara Amerika adalah Negara super di dunia. Setelah perang dunia II, Amerika menjadi satu-satunya Negara di dunia yang memiliki kekuatan yang besar dalam bidang apapun. Salah satu bidang yang menjadi poros dunia adalah bidang ekonomi. Ekonomi Amerika serikat menjadi acuan ekonomi di Negara-negara lain, baik itu Negara maju maupun Negara berkembang.

4 System ekonomi kapitalis Sistem ekonomi kapitalis yang digawangi oleh Amerika Serikat menitikberatkan pada modal, artinya, di dunia ini modallah yang memiliki peran penting dalam maju tidaknya perekonomian suatu Negara. Sistem ekonomi kapitalis juga cenderung tidak memihak kaum yang lemah. System ekonomi Amerika Serikat yang menganut kapitalis menyeret satu persatu Negara-negara di dunia untuk memiliki poros yang sama.

5 Kegagalan sistem kapitalisme Krisis Amerika ternyata menunjukkan bahwa sistem kapitalisme telah gagal diterapkan. Sistem kapitalisme yang anggap mampu membawa kesejahteraan dan kemakmuran akhirnya kalah di negara sendiri.

6 Dampak keterpurukan ekonomi di Amerika untuk Amerika Sndiri 1. Sulitnya mencari pekerjaan 2. Munculnya next economic superpower 3. Pekerjaan yang tersedia buruk dengan bayaran yang rendah 4. Banyak orang AS takut memulai bisnis 5. Kredit macet di bisnis properti 6. Hutang nasional 7. Pembengkakan biaya perang di Afghanistan dan Irak 8. Kolapsnya perusahaan-perusahaan besar 9. Krisis subprime mortage

7 Beberapa Cara mengatasi krisis ekonomi di Amerika Presiden mengajak semua pihak dalam menghadapi krisis global harus terus memupuk rasa optimisme dan saling bekerjasama sehingga bisa tetap menjaga kepercayaan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi sebesar enam persen harus terus dipertahankan antara lain dengan terus mencari peluang ekspor dan investasi serta mengembangkan perekonomian domestik.

8 Optimalisasi APBN 2009 untuk terus memacu pertumbuhan dengan tetap memperhatikan `social safety net` dengan sejumlah hal yang harus diperhatikan yaitu infrastruktur, alokasi penanganan kemiskinan, ketersediaan listrik serta pangan dan BBM. Mengjak kalangan dunia usaha untuk tetap mendorong sektor riil dapat bergerak. Bila itu dapat dilakukan maka pajak dan penerimaan negara bisa terjaga dan juga tenaga kerja dapat terjaga. Semua pihak lebih kreatif menangkap peluang di masa krisis antara lain dengan mengembangkan pasar di negara-negara tetangga di kawasan Asia yang tidak secara langsung terkena pengaruh krisis keuangan AS.

9 Menggalakkan kembali penggunaan produk dalam negeri sehingga pasar domestik akan bertambah kuat. Perlunya penguatan kerjasama lintas sektor antara pemerintah, dunia perbankan serta sektor swasta. Semua kalangan diharapkan untuk menghindari sikap ego-sentris dan memandang remeh masalah yang dihadapi. Memiliki pandangan politik yang non partisan, serta mengedepankan kepentingan rakyat di atas kepentingan golongan maupun pribadi termasuk dalam kebijakan-kebijakan politik. Presiden meminta semua pihak melakukan komunikasi yang tepat dan baik pada masyarakat.


Download ppt "JATUZ RELIEVIANA 20100510030 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google