Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mutia Rahmi Pratiwi Universitas Dian Nuswantoro Komunikasi Massa «Pengantar Ilmu Komunikasi»

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mutia Rahmi Pratiwi Universitas Dian Nuswantoro Komunikasi Massa «Pengantar Ilmu Komunikasi»"— Transcript presentasi:

1 Mutia Rahmi Pratiwi Universitas Dian Nuswantoro Komunikasi Massa «Pengantar Ilmu Komunikasi»

2 APAKAH KOMUNIKASI MASSA?? komunikasi melalui media massa Proses penciptaan makna bersama antara media massa dan khalayaknya. Komunikasi massa: menawarkan bentuk yg identik, umpan baliknya terlambat dan tidak langsung, adanya jarak antara partisipan dalam komunikasi massa. APA SAJA YG TERMASUK MEDIA MASSA???

3 MEDIA MASSAMEDIA MASSA

4 Kenapa harus mempelajari komunikasi massa?? Kemajuan masyarakat dan kemajuan teknologi Media adalah sumber kekuatan-alat kontrol masyarakat Peran media massa dlm kehidupan sehari-hari Penggunaan media massa sebagai alat utama sehingga mendukung dalam pelaksanaan komunikasi Komunikasi massa merupakan kajian yang terus berkembang

5

6

7 KARAKTERISTIK Komunikasi Massa Ditujukan ke khalayak luas, heterogen, anonym, besar. Bersifat Umum, bukan pribadi Penyampaian cepat & menjangkau khalayak luas Berjalan satu arah Terencana, terjadwal, terorganisasi Penyampaian pesan berkala Isi menyangkut berbagai hal dlm kehidupan

8 Elemen-elemen komunikasi massa 1.Komunikator : lembaga media massa 2.Isi 3.Audiens : besar, heterogen, anonim 4.Feedback langsung/ tidak langsung 5.Gangguan: saluran dan semantik (bahasa) 6.Gatekeeper: bertugas mempengaruhi informasi 7.Pengatur: pemerintah dan masyarakat 8.Filter: fisik, psikologis, budaya

9 “Khalayak Massa” Definisi: Heterogen dan sangat besar, Anggotanya tidak saling mengenal satu sama lain. Tidak bergerak dengan sendirinya tetapi lebih kepada “bertindak karena” (dan sehingga menjadi obyek manipulasi) Dalam kelompok kecil, semua anggota saling mengenali satu sama lain, sadar akan keanggotaan mereka, berbagi nilai yang sama, memiliki struktur hubungan tertentu yang selalu stabil dan berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.

10 “Efek Komunikasi Massa” Keith R. Stamm dan John E.Bows (1990) membagi efek menjadi dua bagian dasar, yaitu: 1. Efek primer terpaan, perhatian, dan pemahaman.

11 2. Efek sekunder Perubahan sikap kognitif (perubahan pengetahuan dan sikap), dan perubahan perilaku (menerima dan memilih).

12 Seorang anak mengatakan bahwa ia mau jadi seperti spiderman (tokoh idolanya) Seorang anak menganggap bahwa ibu tiri adalah perempuan jahat seperti yg ia lihat di sinetron Rakyat menganggap bahwa mereka tidak sejahtera karena terlalu banyak pejabat negara yang korupsi Contoh lain..

13 Masih ingat kasus ini?

14 Fungsi Komunikasi Massa bagi Masyarakat 1. Surveillance (pengawasan) Fungsi pengawasan peringatan Fungsi pengawasan instrumental

15 2. Interpretation (interpretasi) Media massa tidak hanya memasok fakta dan data, tetapi juga memberikan penafsiran terhadap kejadian-kejadian penting.

16 Contoh.. Apa Perbedaan ketiga sampul majalah ini??

17 3. Linkage (keterkaitan) Media massa dapat menyatukan anggota masyarakat yang beragam sehingga membentuk linkage (keterkaitan) berdasarkan kepentingan dan minat yang sama tentang sesuatu.

18 4. Transmission of values (penyebaran nilai) Media massa mewakili gambaran masyarakat yang ditonton, didengar dan dibaca. Televisi sangat berpotensi untuk terjadinya sosialisasi (penyebaran nilai-nilai) kepada anak muda yang banyak menghabiskan waktunya untuk menonton televisi.

19 5. Entertainment (hiburan). Televisi adalah media massa yang menjalankan fungsi hiburan. Khalayak dapat memperoleh hiburan yang dikehendakinya dari berbagai program acara yang tersedia.

20 Melek Media Televisi mendorong munculnya kekerasan dalam masyarakat kita Kita berpartisipasi dalam komunikasi massa secara alamiah Terdapat 7 elemen melek media: 1.Ketrampilan berpikir kritis : mengembangkan penilaian independen terhadap isi media. 2.Pemahaman terhadap proses komunikasi massa. 3.Kesadaran akan dampak media terhadap individu dan masyarakat

21 4. Strategi untuk menganalisis dan mendiskusikan pesan-pesan media. 5. Sebuah kesadaran akan isi media sebagai suatu teks yang menyediakan wawasan bagi budaya dan kehidupan kita. 6. Kemampuan untuk menikmati, memahami dan menghargai isi media. 7. Pengembangan ketrampilan produksi yang efektif dan bertanggungjawab.


Download ppt "Mutia Rahmi Pratiwi Universitas Dian Nuswantoro Komunikasi Massa «Pengantar Ilmu Komunikasi»"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google